English for Specific Purposes: Pengertian Menurut Para Ahli

English for Specific Purposes (ESP) merupakan sebuah pendekatan pembelajaran bahasa Inggris yang difokuskan pada tujuan tertentu atau kebutuhan spesifik dari para pembelajar. Menurut para ahli, ESP adalah sebuah metode pengajaran yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan komunikasi dalam lingkungan profesional atau akademik.

Profesor John Swales, seorang ahli linguistik dari University of Michigan, menyatakan bahwa ESP bertujuan untuk membantu para pembelajar mengembangkan kemampuan berbahasa Inggris yang relevan dengan bidang spesifik mereka. Hal ini berbeda dengan pembelajaran bahasa umum yang lebih bersifat umum dan tidak terkait dengan kebutuhan individu.

Sementara itu, Diane Belcher, seorang profesor bahasa Inggris dari Georgia State University, menekankan pentingnya konteks dalam pembelajaran ESP. Belcher berpendapat bahwa pembelajaran bahasa Inggris harus disesuaikan dengan situasi nyata dan kebutuhan praktis dari para pembelajar, sehingga mereka dapat dengan mudah mengaplikasikan apa yang dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.

Secara keseluruhan, English for Specific Purposes menurut para ahli adalah pendekatan pembelajaran bahasa Inggris yang memberikan penekanan pada kebutuhan dan tujuan spesifik dari para pembelajar. Dengan metode yang sesuai dan konteks yang relevan, diharapkan para pembelajar dapat meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris mereka sesuai dengan bidang atau profesinya masing-masing.

Pengertian Definisi English for Specific Purposes (ESP)

English for Specific Purposes (ESP) atau Bahasa Inggris untuk Tujuan Tertentu adalah pendekatan pembelajaran bahasa Inggris yang difokuskan pada kebutuhan dan tujuan spesifik para pembelajar. ESP berbeda dengan pengajaran bahasa Inggris umum yang cenderung lebih umum dan tidak menekankan kebutuhan individu. Dalam pembelajaran ESP, materi dan keterampilan yang diajarkan didasarkan pada situasi komunikatif yang relevan dengan kegiatan atau profesi tertentu.

1. Definisi ESP menurut John Swales

Menurut John Swales, ESP adalah pendekatan pengajaran bahasa Inggris yang berfokus pada pengembangan kompetensi komunikatif dalam bidang profesional tertentu. ESP memungkinkan para pembelajar untuk menguasai keterampilan berbahasa Inggris yang relevan dengan kegiatan dan konteks kerja mereka.

2. Definisi ESP menurut Tony Dudley-Evans dan Maggie Jo St John

Tony Dudley-Evans dan Maggie Jo St John mengartikan ESP sebagai pendekatan pembelajaran bahasa Inggris yang menekankan pengembangan keterampilan komunikatif dalam konteks profesional tertentu. Mereka berpendapat bahwa ESP harus menggabungkan pengajaran berbasis konten dengan pengajaran keterampilan bahasa.

Baca juga:  Definisi Sosialisasi Menurut Para Ahli

3. Definisi ESP menurut Keith Johnson

Menurut Keith Johnson, ESP adalah bentuk pengajaran bahasa Inggris yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kegiatan komunikatif dari para pembelajar. ESP harus memberikan kesempatan bagi para pembelajar untuk mempraktikkan bahasa dalam situasi yang relevan dengan kegiatan profesional mereka.

4. Definisi ESP menurut Michael McCarthy

Michael McCarthy mengartikan ESP sebagai pendekatan pembelajaran yang berfokus pada pengembangan kompetensi berbahasa Inggris yang relevan dengan konteks dan tujuan komunikasi tertentu. Menurutnya, ESP harus memberikan pelatihan yang praktis dan efektif dalam penggunaan bahasa Inggris dalam situasi komunikatif yang spesifik.

5. Definisi ESP menurut Jennifer Jenkins

Jennifer Jenkins menyatakan bahwa ESP adalah pendekatan pembelajaran yang mengajarkan bahasa sesuai dengan kebutuhan dan tujuan komunikasi individu. Menurutnya, ESP harus memberikan penekanan pada pengembangan keterampilan komunikatif dalam situasi komunikasi yang relevan dengan profesi atau bidang spesifik.

6. Definisi ESP menurut Brian Paltridge

Brian Paltridge mendefinisikan ESP sebagai pendekatan pembelajaran bahasa Inggris yang difokuskan pada kebutuhan komunikatif yang khusus dari para pembelajar. ESP harus mengajarkan keterampilan bahasa yang relevan dengan kegiatan profesional atau akademik mereka, sehingga mereka dapat langsung mengaplikasikan pengetahuan yang mereka peroleh.

7. Definisi ESP menurut Diane Belcher dan Alan Hirvela

Diane Belcher dan Alan Hirvela mengartikan ESP sebagai bentuk pengajaran bahasa Inggris yang mengemas materi dan keterampilan berbahasa dalam konteks dan situasi yang relevan dengan kebutuhan komunikasi para pembelajar. ESP harus membantu para pembelajar mengembangkan kemampuan berbahasa Inggris yang dapat mereka gunakan dalam kegiatan sehari-hari mereka.

8. Definisi ESP menurut John Flowerdew

Menurut John Flowerdew, ESP adalah pendekatan pembelajaran bahasa Inggris yang secara khusus mengajarkan keterampilan berbahasa yang dibutuhkan dalam situasi komunikatif tertentu. ESP harus melibatkan pembelajaran berbasis tugas yang menekankan pengembangan keterampilan komunikatif praktis dan relevan.

9. Definisi ESP menurut David Nunan

David Nunan menjelaskan bahwa ESP adalah pendekatan pembelajaran bahasa Inggris yang berfokus pada pengembangan keterampilan komunikatif dalam situasi yang relevan dengan konteks pekerjaan, profesional, atau akademik para pembelajar. ESP harus mengajarkan bahasa dengan mempertimbangkan konteks dan tujuan komunikasi individu.

Baca juga:  Definisi Pendidikan Menurut Para Ahli

10. Definisi ESP menurut Anthony Townend

Anthony Townend mengartikan ESP sebagai bentuk pengajaran bahasa Inggris yang menyediakan pelatihan komunikatif kepada para pembelajar dan membantu mereka mengembangkan keterampilan berbahasa Inggris yang relevan dengan kegiatan atau pekerjaan spesifik mereka. Menurutnya, ESP harus berfokus pada penggunaan bahasa dalam situasi komunikatif sehari-hari yang sesuai dengan kebutuhan pembelajar.

Kelebihan Definisi English for Specific Purposes (ESP)

1. Menjadi Lebih Relevan

Kelebihan dari pendekatan ESP adalah materi yang diajarkan lebih relevan dengan kebutuhan dan tujuan pembelajar. Dalam pembelajaran ESP, para pembelajar dapat fokus pada pengembangan keterampilan bahasa yang diperlukan dalam kegiatan atau profesi mereka.

2. Peningkatan Kompetensi Komunikatif

ESP membantu para pembelajar meningkatkan kompetensi komunikatif mereka dalam konteks yang spesifik. Pembelajaran bahasa Inggris tidak hanya difokuskan pada grammar dan vocabulary, tetapi juga pada kemampuan berkomunikasi secara efektif dalam situasi yang sesuai dengan kegiatan spesifik mereka.

3. Meningkatkan Motivasi Belajar

Pendekatan ESP dapat meningkatkan motivasi belajar para pembelajar karena mereka dapat melihat relevansi langsung antara pembelajaran bahasa Inggris dengan kegiatan atau pekerjaan mereka. Hal ini membuat pembelajaran menjadi lebih menarik dan memotivasi mereka untuk belajar dengan lebih giat.

4. Penekanan pada Keterampilan Praktis

Dalam pembelajaran ESP, penekanan diberikan pada pengembangan keterampilan berbahasa Inggris yang praktis dan dapat langsung diterapkan dalam konteks profesi atau kegiatan spesifik para pembelajar. Hal ini memungkinkan mereka untuk langsung menggunakan pengetahuan yang mereka peroleh dalam kehidupan sehari-hari mereka.

Kekurangan Definisi English for Specific Purposes (ESP)

1. Terbatas pada Konteks Tertentu

Kekurangan dari pendekatan ESP adalah fokusnya yang terbatas pada kegiatan atau profesi tertentu. Hal ini dapat membuat pembelajar sulit untuk mengaplikasikan keterampilan bahasa yang mereka pelajari dalam konteks yang lebih umum.

2. Dibutuhkan Pengembangan Materi yang Lebih Spesifik

ESP membutuhkan pengembangan materi yang lebih spesifik dan kontekstual untuk setiap jenis kegiatan atau profesi yang ditargetkan. Hal ini dapat memakan waktu dan sumber daya tambahan dalam proses pembelajaran.

Baca juga:  Pengertian Nasionalisme Menurut Para Tokoh: Makna di Balik Semangat Cinta Tanah Air

3. Tidak Menekankan Aspek Budaya

ESP cenderung lebih berfokus pada pengembangan keterampilan bahasa dan kurang mempertimbangkan aspek budaya yang terkait dengan konteks kegiatan atau profesi tertentu. Hal ini dapat mengurangi pemahaman dan keterampilan komunikasi lintas budaya para pembelajar.

4. Membutuhkan Pengajar dengan Keahlian Spesifik

Pendekatan ESP membutuhkan pengajar yang memiliki pemahaman dan keahlian spesifik dalam bahasa Inggris dan dalam konteks kegiatan atau profesi para pembelajar. Hal ini dapat menjadi tantangan dalam mencari pengajar yang sesuai dan berkualifikasi.

Pertanyaan Umum tentang Definisi English for Specific Purposes (ESP)

1. Apa perbedaan antara ESP dan pengajaran bahasa Inggris umum?

ESP berfokus pada kebutuhan dan tujuan spesifik para pembelajar, sedangkan pengajaran bahasa Inggris umum lebih umum dan tidak menekankan kebutuhan individu. ESP juga menekankan pengembangan kompetensi berbahasa yang relevan dengan kegiatan atau profesi tertentu.

2. Apa saja kelebihan dari pendekatan ESP?

Kelebihan pendekatan ESP adalah materi yang diajarkan lebih relevan, peningkatan kompetensi komunikatif, peningkatan motivasi belajar, dan penekanan pada keterampilan praktis yang dapat langsung diterapkan dalam kegiatan sehari-hari pembelajar.

3. Apakah ESP cocok untuk semua jenis pembelajar?

ESP lebih cocok untuk pembelajar yang memiliki kebutuhan dan tujuan spesifik yang terkait dengan kegiatan atau profesi tertentu. Bagi pembelajar yang memiliki kebutuhan umum atau tidak memiliki kegiatan spesifik, pembelajaran bahasa Inggris umum mungkin lebih sesuai.

4. Bagaimana cara mengembangkan materi pembelajaran ESP?

Pengembangan materi pembelajaran ESP membutuhkan pemahaman mendalam tentang konteks kegiatan atau profesi yang menjadi target. Pengajar harus mengidentifikasi kebutuhan komunikatif yang spesifik dan mengembangkan materi yang relevan dengan konteks dan tujuan komunikasi pembelajar.

Kesimpulan

Dalam pendekatan ESP, pembelajaran bahasa Inggris difokuskan pada kebutuhan dan tujuan spesifik para pembelajar. Pendekatan ini memiliki beberapa kelebihan seperti keberlanjutan materi, peningkatan kompetensi komunikatif, motivasi belajar yang meningkat, dan penekanan pada keterampilan praktis. Namun, pendekatan ini juga memiliki kekurangan termasuk keterbatasan konteks, pengembangan materi yang lebih sengaja, kekurangan perhatian pada aspek budaya, dan kebutuhan akan pengajar dengan keahlian spesifik. Dalam mengimplementasikan pendekatan ESP, penting untuk mempertimbangkan kebutuhan dan karakteristik pembelajar.

Leave a Comment