Pendidikan, kata yang sering kita dengar sejak duduk di bangku sekolah dulu. Tapi apa sih sebenernya definisi pendidikan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)? Menurut KBBI, pendidikan adalah proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pembelajaran.
Jadi, bisa kita simpulkan bahwa pendidikan bukan hanya sekadar sekolah dan belajar mengajar di kelas. Pendidikan juga melibatkan proses pembentukan sikap, karakter, dan tata laku agar seseorang menjadi manusia yang cerdas, beradab, dan beretika.
Dengan demikian, pendidikan seharusnya tidak hanya dijalani oleh siswa di sekolah, tetapi juga oleh semua individu dalam kehidupan sehari-hari. Sebab, pendidikan bukanlah tujuan akhir, melainkan proses panjang untuk mencapai kesempurnaan diri. Jadi, mari kita terus menyebarkan cahaya ilmu melalui pendidikan, agar dunia ini menjadi lebih baik.
Pengertian Definisi Penddikan Menurut KBBI
Pendidikan merupakan proses pembentukan kecerdasan, pengetahuan, keterampilan, dan kepribadian seseorang melalui upaya pengajaran, pelatihan, atau pengasuhan yang dilakukan dalam kurun waktu tertentu.
Pengertian Menurut Ahli Terkemuka
1. B.F. Skinner
Menurut B.F. Skinner, pendidikan adalah suatu proses pengaturan serta pengendalian lingkungan agar dapat mencapai tujuan tertentu dalam perubahan tingkah laku individu.
2. Jean Piaget
Jean Piaget menyatakan bahwa pendidikan adalah suatu proses yang meliputi interaksi antara individu dengan lingkungannya, dengan tujuan untuk membangun pengetahuan dan mengembangkan kemampuan berfikir manusia.
3. Lev Vygotsky
Menurut Lev Vygotsky, pendidikan adalah upaya yang dilakukan oleh individu atau kelompok dalam memperoleh pengetahuan dan keterampilan dengan cara memanfaatkan pengalaman sosial, budaya, dan sejarah.
4. John Dewey
John Dewey menyatakan bahwa pendidikan adalah suatu proses pembentukan karakter individu melalui pengalaman yang diberikan secara terstruktur di lingkungan belajar.
5. Jerome S. Bruner
Jerome S. Bruner berpendapat bahwa pendidikan adalah suatu proses peningkatan kemampuan individu dalam memahami dunia disekitarnya dan menggunakan pengetahuan tersebut untuk menghadapi berbagai masalah kehidupan.
6. Howard Gardner
Menurut Howard Gardner, pendidikan adalah proses pengembangan berbagai jenis kecerdasan yang dimiliki oleh individu seperti kecerdasan logis-matematika, kecerdasan linguistik, kecerdasan visual-spatial, dan lain-lain.
7. Maria Montessori
Maria Montessori menyatakan bahwa pendidikan adalah suatu proses yang melibatkan pengembangan unsur-unsur kepribadian individu, termasuk kecerdasan, keterampilan, dan etika.
8. Benjamin S. Bloom
Benjamin S. Bloom berpendapat bahwa pendidikan adalah proses pemahaman, mengenal, dan menerapkan pengetahuan serta keterampilan yang diperoleh melalui proses belajar di dalam dan di luar lingkungan sekolah.
9. Carl Rogers
Menurut Carl Rogers, pendidikan adalah suatu proses untuk membantu individu mencapai perkembangan potensi diri secara optimal, dengan memberikan kebebasan dan pembelajaran yang adaptif.
10. Abraham Maslow
Abraham Maslow berpendapat bahwa pendidikan adalah usaha untuk memenuhi kebutuhan dan mengembangkan potensi individu agar mencapai pengaktualisasian diri.
Kelebihan Definisi Pendidikan Menurut KBBI
1. Kredibilitas
Definisi pendidikan menurut KBBI memiliki kredibilitas yang tinggi karena merujuk pada kamus resmi bahasa Indonesia. Sehingga, penggunaannya dapat diakui secara luas dan dianggap sah oleh masyarakat.
2. Merangkum Makna Secara Umum
Pengertian pendidikan menurut KBBI dapat merangkum makna secara umum mengenai pendidikan. Hal ini membuat definisi tersebut dapat dipahami oleh berbagai kalangan masyarakat.
3. Sederhana dan Jelas
Definisi pendidikan menurut KBBI dirumuskan dengan bahasa yang sederhana dan jelas. Hal ini memudahkan pembaca untuk memahami makna dan konsep pendidikan yang ingin disampaikan.
4. Memiliki Landasan Filosofis
Definisi pendidikan menurut KBBI memiliki landasan filosofis yang mendasari konsep pendidikan sebagai proses pembentukan kecerdasan dan kepribadian seseorang. Hal ini membantu dalam pengembangan pendidikan secara holistik.
Kekurangan Definisi Pendidikan Menurut KBBI
1. Terbatas pada Pengertian Konvensional
Definisi pendidikan menurut KBBI cenderung terbatas pada pengertian konvensional yang hanya mencakup aspek pembentukan kecerdasan dan kepribadian. Pengertian ini bisa terbatas untuk menggambarkan keberagaman pendekatan dan tujuan pendidikan yang ada saat ini.
2. Tidak Menyertakan Konteks Sosial
Definisi pendidikan menurut KBBI tidak menyertakan konteks sosial yang secara luas mempengaruhi proses pendidikan. Hal ini membuat definisi tersebut kurang mencakupi aspek-aspek penting dalam pendidikan yang berkaitan dengan sosialisasi dan budaya.
3. Tidak Menggambarkan Perubahan Persepsi
Definisi pendidikan menurut KBBI tidak menggambarkan perubahan persepsi terhadap pendidikan yang terjadi seiring berjalannya waktu. Pengertian yang terlalu kaku tidak mencerminkan perkembangan baru dalam pendidikan yang lebih dinamis dan beragam.
4. Tidak Menggambarkan Aspek Teknologi dan Digital
Definisi pendidikan menurut KBBI tidak menggambarkan aspek teknologi dan digital yang semakin penting dalam pendidikan modern. Pengertian ini perlu diperluas agar mencakup perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang berpengaruh pada proses belajar mengajar.
FAQ Mengenai Definisi Pendidikan Menurut KBBI
1. Apakah definisi pendidikan dalam KBBI dapat berlaku di semua negara?
Tidak. Definisi pendidikan dalam KBBI lebih mengacu pada konteks Indonesia dan bahasa Indonesia. Setiap negara biasanya memiliki definisi pendidikan sendiri.
2. Mengapa konteks sosial penting dalam definisi pendidikan?
Konteks sosial penting dalam definisi pendidikan karena pendidikan tidak hanya terjadi dalam ruang kelas, tetapi juga melibatkan pengaruh sosial dan budaya di lingkungan sekitar individu.
3. Apakah definisi pendidikan dalam KBBI sudah diperbarui secara berkala?
Definisi pendidikan dalam KBBI telah mengalami pembaruan seiring perkembangan bahasa dan pemikiran tentang pendidikan. Namun, pembaruan tersebut tidak selalu mencakup semua konsep pendidikan yang terkini.
4. Mengapa aspect teknologi tidak mencakup dalam definisi pendidikan dalam KBBI?
Definisi pendidikan dalam KBBI mungkin belum mencakup aspek teknologi karena pengertian pendidikan masih berfokus pada prinsip-prinsip dasar pendidikan tanpa memperhatikan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang terkini.
Secara kesimpulan, pendidikan adalah proses pembentukan kecerdasan, pengetahuan, keterampilan, dan kepribadian seseorang melalui pengajaran, pelatihan, atau pengasuhan yang dilakukan dalam kurun waktu tertentu. Perlu diingat bahwa definisi pendidikan dapat bervariasi tergantung pada perspektif dan konteks yang digunakan.