1. Prof. Dr. Ani Suryani
Menurut Prof. Dr. Ani Suryani, PTK atau Penelitian Tindakan Kelas merupakan suatu metode penelitian yang dilakukan oleh seorang guru di dalam kelasnya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.
2. Prof. Dr. Joko Susanto
Prof. Dr. Joko Susanto menyatakan bahwa PTK adalah suatu upaya sistematis yang dilakukan oleh seorang guru untuk memperbaiki kualitas pembelajaran dengan memanfaatkan siklus perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.
3. Dr. Dwi Astuti
Dr. Dwi Astuti menambahkan bahwa PTK juga merupakan suatu proses refleksi yang dilakukan secara berkelanjutan untuk mengidentifikasi masalah dan mencari solusi yang dapat meningkatkan kinerja guru dan hasil belajar siswa.
4. Prof. Dr. Bambang Sutedjo
Menurut Prof. Dr. Bambang Sutedjo, PTK merupakan suatu bentuk penelitian yang dilakukan secara partisipatif oleh guru dan melibatkan semua pihak terkait, seperti siswa, orang tua, dan stakeholder lainnya, untuk mencapai tujuan pembelajaran yang lebih baik.
Dari berbagai definisi di atas, dapat disimpulkan bahwa PTK merupakan suatu metode penelitian yang dilakukan oleh guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dengan melibatkan semua pihak terkait.
Pengertian dan Definisi PTK Menurut Para Ahli
Pendekatan Pengembangan untuk Peningkatan Kualitas Pengajaran (PTK) adalah metode yang digunakan dalam pendidikan untuk meningkatkan kualitas pengajaran di dalam kelas. PTK melibatkan kegiatan refleksi, perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi, yang dilakukan secara berkesinambungan oleh guru untuk meningkatkan profesionalisme mereka.
Pengertian PTK Menurut Ahli 1
Menurut Soemanto (2007), PTK adalah sebuah metode penelitian yang dilakukan oleh guru atau pendidik dengan tujuan untuk memperbaiki kualitas pengajaran mereka. Dalam PTK, guru melakukan analisis terhadap permasalahan dalam pembelajaran, merencanakan tindakan perbaikan, dan mengevaluasi hasilnya.
Pengertian PTK Menurut Ahli 2
Menurut Arikunto (2006), PTK adalah suatu proses penelitian yang dilakukan oleh guru untuk menyelesaikan masalah-masalah yang ada dalam pembelajaran. PTK dilakukan dengan melibatkan siswa dan mengacu pada prinsip-prinsip penelitian demi peningkatan mutu pengajaran.
Pengertian PTK Menurut Ahli 3
Dalam pandangan Borg dan Gall (2003), PTK adalah sebuah pendekatan yang membantu guru untuk memahami keberhasilan dan kesulitan dalam pembelajaran. Dengan menggunakan metode penelitian, guru dapat melakukan tindakan perbaikan yang berkelanjutan untuk meningkatkan keefektifan pengajaran.
Pengertian PTK Menurut Ahli 4
Menurut Kemmis dan McTaggart (2005), PTK adalah suatu siklus pengajaran yang melibatkan refleksi, perencanaan, tindakan, dan evaluasi. Guru menggunakan PTK untuk meningkatkan praktik pengajaran mereka melalui penyelidikan terhadap permasalahan dan solusi yang mungkin.
Pengertian PTK Menurut Ahli 5
Menurut Wallace (2013), PTK adalah suatu proses penelitian yang dilakukan oleh guru dalam rangka meningkatkan praktik pengajaran mereka. PTK melibatkan siklus refleksi, perencanaan, dan tindakan yang berkelanjutan untuk mencapai peningkatan kualitas pembelajaran.
Pengertian PTK Menurut Ahli 6
Dalam pandangan Kemmis (2001), PTK adalah suatu pendekatan penelitian yang dilakukan oleh guru untuk memperbaiki praktik pengajaran mereka. PTK melibatkan proses refleksi, perencanaan tindakan, dan evaluasi yang berkelanjutan dalam mencapai perbaikan pembelajaran.
Pengertian PTK Menurut Ahli 7
Menurut Cohen (2007), PTK adalah suatu bentuk penelitian tindakan yang dilakukan oleh guru untuk meningkatkan praktik pengajaran mereka. PTK melibatkan identifikasi permasalahan, penentuan tindakan perbaikan, dan evaluasi hasil pembelajaran.
Pengertian PTK Menurut Ahli 8
Menurut Osterman dan Kottkamp (2004), PTK adalah proses penelitian yang dilakukan oleh guru untuk meningkatkan pengajaran dan pembelajaran mereka. PTK melibatkan siklus refleksi, perencanaan tindakan, dan evaluasi yang berkesinambungan untuk mencapai tujuan perbaikan.
Pengertian PTK Menurut Ahli 9
Dalam pandangan Mills (2011), PTK adalah suatu pendekatan penelitian yang melibatkan praktik pengajaran oleh guru untuk meningkatkan pembelajaran di dalam kelas. PTK melibatkan analisis data, pengembangan rencana tindakan, dan evaluasi hasil pembelajaran.
Pengertian PTK Menurut Ahli 10
Menurut Hopkins (2008), PTK adalah sebuah metode penelitian yang dilakukan oleh guru untuk meningkatkan pengajaran dan pembelajaran di kelas. Dalam PTK, guru melakukan siklus refleksi, perencanaan, tindakan, dan evaluasi dalam rangka mencapai perbaikan pembelajaran.
Kelebihan Definisi PTK Menurut Para Ahli
Kelebihan Ke-1
PTK merupakan metode yang melibatkan guru secara langsung dalam proses penelitian dan perbaikan pembelajaran. Hal ini memungkinkan guru untuk lebih memahami dan merespons kebutuhan siswa secara lebih efektif.
Kelebihan Ke-2
PTK memberikan kesempatan bagi guru untuk secara kontinyu memperbaiki kualitas pengajaran mereka. Melalui siklus refleksi, perencanaan, tindakan, dan evaluasi, guru dapat mengidentifikasi masalah dan menemukan solusi yang tepat.
Kelebihan Ke-3
PTK memungkinkan guru untuk melakukan penelitian yang relevan dengan konteks mereka sendiri. Dengan melibatkan siswa dan mengacu pada prinsip-prinsip penelitian, guru dapat mengembangkan solusi yang spesifik dan efektif.
Kelebihan Ke-4
PTK memberikan kesempatan bagi guru untuk berkolaborasi dengan sesama guru dan pendidik lainnya. Guru dapat berkonsultasi, berbagi ide, dan belajar dari pengalaman dan pengetahuan koleganya dalam rangka meningkatkan kualitas pengajaran.
Kekurangan Definisi PTK Menurut Para Ahli
Kekurangan Ke-1
PTK memerlukan waktu dan upaya yang cukup banyak dari guru. Melakukan analisis, perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi tindakan perbaikan membutuhkan komitmen dan kesabaran dalam mencapai hasil yang diinginkan.
Kekurangan Ke-2
PTK dapat terbatas dalam skala dan generalisasi hasil. Karena dilakukan oleh individu atau kelompok kecil, hasil PTK mungkin tidak dapat secara langsung diterapkan pada situasi yang berbeda.
Kekurangan Ke-3
PTK dapat memunculkan kesulitan dalam pengumpulan data dan analisis. Tanpa keterampilan dan keahlian yang memadai dalam metodologi penelitian, guru mungkin menghadapi kesulitan dalam mengidentifikasi dan menginterpretasi data secara benar.
Kekurangan Ke-4
PTK dapat mempengaruhi dinamika dan waktu pembelajaran reguler. Guru perlu mengalokasikan waktu dan sumber daya untuk melaksanakan PTK, yang dapat mengganggu jadwal pembelajaran yang telah ditentukan sebelumnya.
FAQ tentang Definisi PTK Menurut Para Ahli
FAQ 1: Mengapa PTK penting bagi guru?
PTK penting bagi guru karena melalui PTK, mereka dapat melakukan analisis terhadap pengajaran mereka, mengidentifikasi masalah dalam pembelajaran, dan mencari solusi yang tepat. Dengan demikian, kualitas pengajaran dapat ditingkatkan dan kebutuhan siswa dapat lebih terpenuhi.
FAQ 2: Bagaimana PTK dapat membantu meningkatkan pembelajaran di kelas?
PTK dapat membantu meningkatkan pembelajaran di kelas dengan melibatkan guru dalam siklus refleksi, perencanaan, tindakan, dan evaluasi. Guru dapat mengidentifikasi masalah dan menemukan solusi yang tepat untuk meningkatkan keefektifan pengajaran mereka.
FAQ 3: Apakah PTK hanya dapat dilakukan oleh guru?
Tidak, PTK tidak hanya dapat dilakukan oleh guru. PTK juga dapat dilakukan oleh pendidik lain seperti kepala sekolah, pengawas sekolah, atau pihak lain yang terlibat dalam proses pembelajaran. PTK melibatkan semua pihak yang ingin meningkatkan kualitas pengajaran.
FAQ 4: Apakah hasil PTK dapat digeneralisasi pada situasi yang berbeda?
Secara umum, hasil PTK mungkin memiliki keterbatasan dalam generalisasi pada situasi yang berbeda. Hal ini disebabkan karena PTK dilakukan oleh individu atau kelompok kecil yang dapat menghasilkan konteks yang unik.
Kesimpulan
Pendekatan Pengembangan untuk Peningkatan Kualitas Pengajaran (PTK) adalah metode yang melibatkan guru dalam siklus refleksi, perencanaan, tindakan, dan evaluasi untuk meningkatkan kualitas pengajaran di dalam kelas. Para ahli telah memberikan berbagai definisi tentang PTK, namun pada intinya, PTK bertujuan untuk meningkatkan praktik pengajaran dan pembelajaran agar lebih efektif dan sesuai dengan kebutuhan siswa.
PTK memiliki kelebihan, antara lain memungkinkan guru untuk secara langsung terlibat dalam perbaikan pembelajaran, memberikan kesempatan berkolaborasi dengan rekan-rekan sejawat, dan relevan dengan konteks mereka sendiri. Namun, PTK juga memiliki kekurangan, seperti membutuhkan waktu dan upaya yang cukup banyak serta keterbatasan dalam generalisasi hasil.
Dalam menjalankan PTK, guru perlu memahami metodologi penelitian yang relevan, mengumpulkan dan menganalisis data dengan benar, serta mengalokasikan waktu dan sumber daya yang cukup. Dengan demikian, PTK dapat menjadi alat yang efektif dalam meningkatkan kualitas pengajaran di kelas dan memenuhi kebutuhan siswa dengan lebih baik.