Pernahkah Anda bertanya-tanya apa sebenarnya yang dimaksud dengan administrasi? Menurut para ahli, administrasi memiliki beragam definisi yang bisa memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang konsep ini. Berikut adalah 10 definisi administrasi menurut para ahli:

1. Menurut George Terry, administrasi adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian pekerjaan anggota organisasi serta menggunakan semua sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

2. Menurut Theo Haimann, administrasi adalah seni dan ilmu untuk mengatur dan mengarahkan tindakan manusia agar tujuan organisasi dapat tercapai.

3. Menurut Henry Fayol, administrasi adalah kegiatan merencanakan, mengorganisasi, memerintah, mengkoordinasikan, dan mengontrol pekerjaan pegawai dalam suatu organisasi.

4. Menurut Luther Gulick, administrasi adalah seni dan ilmu memerintah. Hal ini melibatkan fungsi-fungsi dasar seperti perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengawasan.

5. Menurut Mary Parker Follett, administrasi adalah seni mengatur hubungan manusia. Administrasi yang baik harus mempertimbangkan hubungan-hubungan sosial di dalam organisasi.

6. Menurut Chester I. Barnard, administrasi adalah upaya kooperatif individu dalam suatu organisasi untuk mencapai tujuan bersama.

7. Menurut Harold D. Lasswell, administrasi adalah pengelolaan kepentingan publik. Administrasi publik harus dapat memenuhi kebutuhan masyarakat dengan efisien dan efektif.

Baca juga:  Misteri Tuhan: Definisi Menurut Para Ahli

8. Menurut Kenneth C. Clow, administrasi adalah proses merencanakan, mengorganisasi, memimpin, dan mengendalikan sumber daya manusia untuk mencapai tujuan organisasi.

9. Menurut James A. F. Stoner, administrasi adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian aktivitas manusia untuk mencapai tujuan organisasi.

10. Menurut William H. Newman dan Edward E. Bright, administrasi adalah proses mencapai tujuan organisasi melalui pengorganisasian dan mengarahkan sumber daya manusia dan non-manusia.

Dari berbagai definisi tersebut, dapat kita simpulkan bahwa administrasi merupakan aktivitas yang kompleks dan penting dalam sebuah organisasi. Dengan memahami konsep administrasi menurut para ahli, diharapkan kita dapat menjalankan tugas administrasi dengan lebih efektif dan efisien.

10 Definisi Administrasi Menurut Para Ahli

Berikut adalah 10 definisi administrasi menurut para ahli beserta penjelasan terperinci dan lengkap:

1. Definisi Administrasi menurut Henry Fayol

Menurut Henry Fayol, administrasi adalah kegiatan pengelolaan yang terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, koordinasi, dan pengendalian untuk mencapai tujuan organisasi dengan efisien dan efektif.

2. Definisi Administrasi menurut Luther Gulick

Luther Gulick mendefinisikan administrasi sebagai proses pengorganisasian, pemberian wewenang, dan pelaksanaan fungsi-fungsi di dalam suatu organisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

3. Definisi Administrasi menurut Mary Parker Follett

Menurut Mary Parker Follett, administrasi adalah proses mengarahkan dan mengkoordinasikan kerja individu-individu di dalam organisasi untuk mencapai tujuan bersama dengan cara yang harmonis.

4. Definisi Administrasi menurut Peter Drucker

Peter Drucker mendefinisikan administrasi sebagai aktivitas-aktivitas terkait dengan pengaturan dan penggunaan semua sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan dengan efektif dan efisien.

5. Definisi Administrasi menurut Chester Barnard

Chester Barnard mengartikan administrasi sebagai tindakan mengatur dan mengkoordinasikan upaya kolektif di dalam suatu organisasi untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

6. Definisi Administrasi menurut James D. Mooney

James D. Mooney mendefinisikan administrasi sebagai proses mengatur dan mengarahkan penggunaan sumber daya yang ada di dalam organisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

7. Definisi Administrasi menurut Lyndall Urwick

Menurut Lyndall Urwick, administrasi adalah seni serta ilmu untuk merencanakan, mengkoordinasikan, dan mengarahkan kegiatan-kegiatan yang dilakukan di dalam formal organisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

8. Definisi Administrasi menurut E.F.L. Brech

E.F.L. Brech mendefinisikan administrasi sebagai suatu proses pengorganisasian dan penggunaan sumber daya yang efisien untuk mencapai tujuan organisasi.

Baca juga:  Berbagai Pandangan Ahli Mengenai Definisi Warga Negara

9. Definisi Administrasi menurut John M. Pfiffner

John M. Pfiffner mengartikan administrasi sebagai suatu proses merencanakan, mengorganisir, menggerakkan, serta mengendalikan berbagai kegiatan di dalam organisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

10. Definisi Administrasi menurut Harold Koontz

Menurut Harold Koontz, administrasi adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan untuk merencanakan, mengorganisir, menggerakkan, serta mengendalikan sumber daya yang ada di dalam organisasi guna mencapai tujuan yang diinginkan.

4 Kelebihan 10 Definisi Administrasi Menurut Para Ahli

Berikut adalah 4 kelebihan dari definisi administrasi menurut para ahli:

1. Mengacu pada Prinsip-prinsip Manajemen

Setiap definisi administrasi yang diberikan oleh para ahli umumnya mencakup prinsip-prinsip manajemen yang penting, seperti perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, koordinasi, dan pengendalian. Hal ini membantu dalam memahami dan menerapkan konsep dasar administrasi dalam konteks organisasi.

2. Menjelaskan Tujuan dan Fungsi Administrasi

Definisi-administrasi yang disediakan oleh para ahli juga menjelaskan tujuan dan fungsi administrasi secara rinci. Ini membantu para profesional administrasi memahami peran mereka dalam organisasi dan mengarahkan upaya mereka sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan.

3. Menekankan Efisiensi dan Efektivitas

Banyak definisi administrasi yang menekankan pentingnya mencapai efisiensi dan efektivitas dalam pengelolaan organisasi. Hal ini membantu memahami pentingnya penggunaan sumber daya yang efisien dan pencapaian tujuan organisasi secara efektif.

4. Mengaitkan Administrasi dengan Organisasi

Para ahli dalam definisi mereka sering mengaitkan administrasi dengan organisasi. Ini membantu dalam memahami peran administrasi dalam konteks organisasi dan bagaimana pengelolaan yang baik mempengaruhi kesuksesan organisasi.

4 Kekurangan 10 Definisi Administrasi Menurut Para Ahli

Berikut adalah 4 kekurangan dari definisi administrasi menurut para ahli:

1. Kurangnya Pengakuan akan Peran Manusia

Banyak definisi administrasi cenderung melihat administrasi sebagai serangkaian proses dan fungsi tanpa mempertimbangkan peran manusia di dalamnya. Ini bisa mengabaikan aspek penting seperti motivasi, keterlibatan karyawan, dan dinamika hubungan kerja yang mempengaruhi keberhasilan administrasi.

2. Tidak Memperhitungkan Konteks Organisasi yang Berbeda

Definisi administrasi sering kali disusun dalam konteks tertentu dan mungkin tidak sepenuhnya mempertimbangkan perbedaan dalam konteks organisasi yang berbeda. Ini bisa mengarah pada pemahaman yang terbatas tentang bagaimana administrasi beroperasi dalam konteks yang kompleks dan bervariasi.

Baca juga:  Definisi Bermain Menurut Para Ahli

3. Mengabaikan Aspek Kreativitas dan Inovasi

Definisi administrasi sering kali tidak mencakup aspek kreativitas dan inovasi dalam pengelolaan organisasi. Penting untuk mengakui bahwa administrasi juga memerlukan kemampuan berpikir kreatif dan inovatif dalam menghadapi tantangan dan mencapai keberhasilan jangka panjang.

4. Terlalu Umum dan Abstrak

Beberapa definisi administrasi mungkin terlalu umum dan abstrak, membuat sulit untuk mengaitkannya dengan situasi konkret. Artinya, mereka mungkin tidak memberikan panduan praktis yang cukup untuk melaksanakan administrasi dalam kehidupan nyata.

4 FAQ tentang 10 Definisi Administrasi Menurut Para Ahli

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan tentang definisi administrasi menurut para ahli:

1. Apa itu administrasi?

Administrasi adalah kegiatan pengelolaan yang mencakup perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, koordinasi, dan pengendalian dalam suatu organisasi untuk mencapai tujuan dengan cara yang efisien dan efektif.

2. Mengapa administrasi penting dalam organisasi?

Administrasi penting dalam organisasi karena membantu dalam pengaturan dan pemanfaatan sumber daya organisasi secara efektif, mengkoordinasikan upaya kolektif untuk mencapai tujuan, dan memastikan efisiensi dalam pelaksanaan kegiatan organisasi.

3. Apa peran administrasi dalam mencapai keberhasilan organisasi?

Peran administrasi dalam mencapai keberhasilan organisasi meliputi perencanaan strategis, pengorganisasian yang tepat, pengarahan dan koordinasi tugas, dan pengendalian pelaksanaan kegiatan. Administrasi juga bertanggung jawab untuk memastikan efisiensi dalam penggunaan sumber daya dan mencapai tujuan yang ditetapkan.

4. Bagaimana administrasi berbeda dengan manajemen?

Administrasi dan manajemen seringkali digunakan secara bergantian, tetapi ada perbedaan subtil antara keduanya. Administrasi lebih mencakup aspek pengaturan, pengawasan, dan pengendalian di dalam organisasi, sedangkan manajemen lebih menekankan pada perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian dalam mencapai tujuan organisasi.

Dalam kesimpulan, administrasi merupakan kegiatan pengelolaan yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, koordinasi, dan pengendalian dalam suatu organisasi untuk mencapai tujuan dengan cara yang efisien dan efektif. Definisi administrasi menurut para ahli memberikan panduan dan pemahaman yang penting tentang peran dan fungsi administrasi dalam konteks organisasi. Meskipun terdapat kekurangan, seperti kurangnya pengakuan terhadap peran manusia, definisi-administrasi tetap memberikan dasar untuk memahami pentingnya administrasi dalam mencapai keberhasilan organisasi. Dalam prakteknya, administrasi melibatkan pengaturan sumber daya, koordinasi tugas, dan pengendalian pelaksanaan kegiatan, serta memperhatikan prinsip efisiensi dan efektivitas dalam pengelolaan organisasi.

Share:
Ryan Lesmono

Ryan Lesmono

Pengajar dan peneliti di bidang Ilmu Lingkungan dengan gelar Ph.D. dalam Ilmu Lingkungan. Memiliki minat khusus dalam keberlanjutan dan perubahan iklim serta aktif terlibat dalam proyek-proyek penelitian di lapangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *