Alquran, sebagai kitab suci umat Islam, memiliki makna yang sangat dalam bagi para pengikutnya. Menurut Dr Subhi As Shalih, seorang pakar agama Islam yang terkenal, Alquran adalah sumber inspirasi yang tak terkalahkan.

Dalam pandangan Dr Subhi As Shalih, Alquran bukan hanya sekadar kumpulan ayat suci, melainkan pedoman hidup yang harus dijadikan pegangan dalam setiap langkah. Alquran memberikan petunjuk yang jelas dan tuntunan yang pasti bagi umat Islam.

Selain itu, Dr Subhi As Shalih juga menekankan bahwa Alquran bukanlah kitab yang kuno dan ketinggalan zaman. Sebaliknya, Alquran tetap relevan dan berdampak besar dalam kehidupan modern saat ini. Alquran mengajarkan nilai-nilai universal yang dapat diaplikasikan dalam berbagai aspek kehidupan.

Dengan penuh keyakinan, Dr Subhi As Shalih menyatakan bahwa Alquran adalah mukjizat terbesar dalam sejarah yang akan terus menginspirasi umat Islam selamanya. Melalui pemahaman yang mendalam terhadap Alquran, umat Islam dapat meraih keselamatan dan kebahagiaan di dunia maupun di akhirat.

Baca juga:  Definisi Haji Menurut Bahasa dan Istilah

Pengertian Definisi Alquran Menurut Dr. Subhi as Shalih

Alquran memiliki pengertian yang sangat penting dan istimewa dalam agama Islam. Menurut Dr. Subhi as Shalih, seorang ahli agama dan pakar dalam bidang tafsir Alquran, Alquran adalah kitab suci yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad SAW sebagai petunjuk dan pedoman hidup bagi umat muslim.

Alquran mengandung firman-firman Allah SWT yang disampaikan melalui Malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad SAW selama periode wahyu selama sekitar 23 tahun. Kata Alquran sendiri berasal dari bahasa Arab yang berarti “bacaan” atau “yang dibaca”.

Mengapa Alquran begitu penting? Alquran bukan hanya sekadar kumpulan kata-kata, tetapi Alquran dianggap sebagai petunjuk hidup yang sempurna. setiap ayat di dalam Alquran memiliki hukum, ajaran, dan petunjuk yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, para ahli agama, seperti Dr. Subhi as Shalih, sangat perhatian dalam memahami dan menafsirkan Alquran secara terperinci dan akurat.

10 Pengertian Menurut Ahli Terkemuka Definisi Alquran Menurut Dr. Subhi as Shalih

1. Alquran adalah bacaan suci yang diturunkan oleh Allah SWT.

Alquran bukanlah hasil pemikiran manusia, tetapi merupakan firman Allah yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad SAW. Alquran berfungsi sebagai panduan hidup bagi umat muslim agar bisa hidup sesuai dengan kehendak Allah.

2. Alquran merupakan kitab suci umat Islam.

Alquran adalah kitab suci yang dipercaya oleh umat Islam sebagai wahyu Allah SWT. Didalamnya terdapat petunjuk untuk hidup dan menjalankan kehidupan sesuai dengan ajaran Islam.

3. Alquran adalah pedoman hidup seorang muslim.

Allah SWT dalam Alquran memberikan petunjuk hidup yang lengkap dan sempurna bagi umat muslim. Alquran berisi hukum-hukum, ajaran moral, dan panduan perilaku yang harus diikuti oleh setiap muslim dalam menjalani kehidupannya.

Baca juga:  Definisi Jujur Menurut Para Ahli

4. Alquran adalah sumber hukum dan aturan dalam Islam.

Dalam Islam, Alquran dianggap sebagai sumber utama hukum dan aturan. Setiap hukum atau peraturan di dalam agama Islam haruslah selaras dengan ajaran yang terdapat dalam Alquran.

5. Alquran mengandung ajaran yang relevan bagi semua kehidupan manusia.

Alquran bukan hanya mengajarkan ajaran agama, tetapi juga memberikan petunjuk yang relevan dalam semua aspek kehidupan manusia, mulai dari ekonomi, politik, sosial, hingga masalah-masalah kehidupan sehari-hari.

6. Alquran adalah sumber ilmu pengetahuan.

Alquran mengandung banyak pengetahuan dan informasi yang sangat bermanfaat. Alquran telah mengungkapkan fakta-fakta ilmiah yang baru ditemukan oleh manusia modern, seperti dalam bidang astronomi, embriologi, dan sebagainya.

7. Alquran memuat kisah-kisah para nabi dan rasul.

Alquran mengandung kisah-kisah inspiratif tentang kehidupan para nabi dan rasul, seperti Nabi Adam, Nuh, Ibrahim, Musa, dan Isa. Kisah-kisah ini memberikan pelajaran dan teladan bagi umat manusia.

8. Alquran mengajarkan nilai-nilai moral dan etika yang baik.

Alquran secara konsisten mengajarkan dan mempromosikan nilai-nilai moral yang tinggi dan etika yang baik, seperti kejujuran, keadilan, kasih sayang, dan kesabaran. Alquran mengimbau umat muslim untuk berperilaku dengan sikap dan tindakan yang benar dan baik.

9. Alquran adalah mukjizat terbesar Nabi Muhammad SAW.

Alquran dianggap sebagai mukjizat terbesar Nabi Muhammad SAW. Kecantikan dan keindahan bahasa Alquran, struktur ayat yang unik, dan pengetahuan yang terkandung di dalamnya menjadi bukti keberadaan Allah SWT dan kerasulan Nabi Muhammad SAW.

10. Alquran adalah wahyu yang abadi dan tidak berubah.

Alquran tidak akan berubah atau mengalami perubahan seiring waktu. Alquran tetap menjadi wahyu yang abadi yang dapat digunakan dan diikuti oleh semua umat Islam, baik di masa lalu, sekarang, maupun masa depan.

Baca juga:  Definisi Politik Menurut Para Ahli Indonesia
Share:
Ryan Lesmono

Ryan Lesmono

Pengajar dan peneliti di bidang Ilmu Lingkungan dengan gelar Ph.D. dalam Ilmu Lingkungan. Memiliki minat khusus dalam keberlanjutan dan perubahan iklim serta aktif terlibat dalam proyek-proyek penelitian di lapangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *