Cerpen, atau cerita pendek, seringkali menjadi pilihan para penulis untuk menuangkan ide dan imajinasi dalam bentuk yang ringkas namun penuh makna. Menurut para ahli sastra, cerpen adalah karya mini yang mampu memukau pembaca dalam waktu singkat.

Pengertian Cerpen Menurut Para Ahli

Cerpen, singkatan dari cerita pendek, adalah suatu bentuk prosa naratif yang memiliki ciri khas berupa keterbatasan jumlah halaman atau kata dalam penceritaannya. Cerpen biasanya berfokus pada satu peristiwa atau batasan waktu tertentu, dengan menceritakan kisah yang singkat namun memiliki alur cerita yang utuh.

Para ahli telah memberikan berbagai pengertian mengenai cerpen. Berikut adalah 10 pengertian menurut para ahli definisi cerpen dengan penjelasan terperinci:

  1. Pengertian Cerpen menurut M. Balfas

    M. Balfas, seorang pengamat sastra Indonesia, mendefinisikan cerpen sebagai karya sastra pendek yang mengandung ide cerita dengan latar waktu dan tempat yang singkat. Cerpen memiliki alur yang padat dan fokus pada karakter tertentu atau peristiwa penting.

  2. Pengertian Cerpen menurut E.M. Forster

    E.M. Forster, seorang novelis Inggris terkenal, berpendapat bahwa cerpen adalah suatu bentuk narasi singkat yang menciptakan “peristiwa penting dalam kehidupan seseorang.”

  3. Pengertian Cerpen menurut Kartini Kartono

    Kartini Kartono, seorang kritikus sastra Indonesia, menjelaskan bahwa cerpen merupakan bentuk sastra yang berusaha menggambarkan kehidupan sehari-hari dengan jalan cerita yang sederhana namun memiliki makna mendalam.

  4. Pengertian Cerpen menurut Herbert Mumford

    Herbert Mumford, seorang pengamat sastra Amerika, mengatakan bahwa cerpen adalah bentuk narasi pendek yang sering kali menggambarkan situasi yang tak terduga namun mempengaruhi hidup tokoh.

  5. Pengertian Cerpen menurut Benedetto Croce

    Benedetto Croce, seorang filsuf dan sejarawan sastra Italia, mendefinisikan cerpen sebagai suatu bentuk keindahan artistik yang menciptakan pengalaman estetika yang unik melalui penceritaan yang kompak. Cerpen dapat mengungkapkan perasaan, pikiran, dan pengalaman manusia.

  6. Pengertian Cerpen menurut Edgar Allan Poe

    Edgar Allan Poe, seorang penulis Amerika yang terkenal dengan cerita horor dan detektifannya, menggambarkan cerpen sebagai suatu bentuk sastra yang dirancang untuk dibaca dalam satu kali duduk. Cerpen harus memiliki kesatuan tema, suasana, dan efek yang kuat.

  7. Pengertian Cerpen menurut Horace E. Scudder

    Horace E. Scudder, seorang kritikus sastra Amerika abad ke-19, mengartikan cerpen sebagai “sesuatu yang harus (bertahan) dalam diri pembaca setelah bagian bacaannya selesai.”

  8. Pengertian Cerpen menurut Y.B. Mangunwijaya

    Y.B. Mangunwijaya, seorang sastrawan Indonesia yang dikenal dengan novel “Durga/Umayi”, memaknai cerpen sebagai karya sastra yang memusatkan perhatian pada kehidupan sehari-hari serta memperlihatkan masalah-masalah kehidupan dalam bentuk sesederhana mungkin.

  9. Pengertian Cerpen menurut Charles E. May

    Charles E. May, seorang profesor sastra Amerika, melihat cerpen sebagai _”sebuah titik yang lembut dalam kehidupan, sebuah karakteristik momen ketika seseorang menemukan keterikatan bersama dalam kesendiriannya.”_

  10. Pengertian Cerpen menurut Hans J. Morgan

    Hans J. Morgan, seorang pengamat sastra Jerman, mengartikan cerpen sebagai bentuk naratif pendek yang menekankan penyusunan dan penggunaan kata yang indah serta berusaha membanjiri pembaca dengan emosi yang intens.

Baca juga:  Ini Dia Definisi Diare Menurut WHO Terbaru

Kelebihan Definisi Cerpen Menurut Para Ahli

Ada beberapa kelebihan yang dimiliki oleh definisi cerpen menurut para ahli, di antaranya:

  1. Kelebihan Cerpen menurut M. Balfas

    Menurut M. Balfas, kelebihan cerpen adalah mampu menyajikan kisah yang padat dan singkat sehingga dapat dengan mudah dicerna oleh pembaca dalam waktu singkat.

  2. Kelebihan Cerpen menurut E.M. Forster

    E.M. Forster berpendapat bahwa kelebihan cerpen adalah mampu menciptakan peristiwa penting yang dapat membawa dampak emosional pada pembaca dalam waktu yang relatif singkat.

  3. Kelebihan Cerpen menurut Kartini Kartono

    Kartini Kartono menyatakan bahwa kelebihan cerpen adalah kemampuannya dalam menggambarkan kehidupan sehari-hari dengan cara yang sederhana namun memiliki makna yang mendalam, sehingga mampu menginspirasi pembaca.

  4. Kelebihan Cerpen menurut Herbert Mumford

    Menurut Herbert Mumford, kelebihan cerpen adalah kemampuannya dalam menciptakan situasi yang tak terduga namun memiliki dampak penting pada kehidupan tokoh, sehingga mampu memikat perhatian pembaca.

Kekurangan Definisi Cerpen Menurut Para Ahli

Namun, tidak ada definisi yang sempurna, termasuk definisi cerpen. Beberapa kekurangan definisi cerpen menurut para ahli adalah sebagai berikut:

  1. Kekurangan Cerpen menurut M. Balfas

    Menurut M. Balfas, kekurangan cerpen adalah keterbatasan jumlah kata atau halaman yang dapat menyebabkan kurangnya pengembangan karakter dan alur cerita yang lebih dalam.

  2. Kekurangan Cerpen menurut E.M. Forster

    E.M. Forster menyatakan bahwa kekurangan cerpen adalah keterbatasan ruang untuk mengembangkan latar belakang dan kompleksitas karakter, sehingga cerita menjadi lebih dangkal.

  3. Kekurangan Cerpen menurut Kartini Kartono

    Kartini Kartono berpendapat bahwa kekurangan cerpen adalah terbatasnya waktu dan ruang yang membuat cerita sering kali terasa terburu-buru dan tidak dapat menggali secara mendalam masalah yang diangkat.

  4. Kekurangan Cerpen menurut Herbert Mumford

    Herbert Mumford mengungkapkan bahwa kekurangan cerpen adalah kurangnya waktu yang dimiliki tokoh untuk mengalami perkembangan karakter yang signifikan, sehingga cerita menjadi lebih dangkal.

Baca juga:  Definisi Data Primer Menurut Tokoh

FAQ Tentang Definisi Cerpen Menurut Para Ahli

  1. Apa Yang Menjadi Fokus Cerpen?

    Fokus cerpen adalah satu peristiwa atau batasan waktu tertentu yang ditampilkan secara utuh dalam kisah yang singkat.

  2. Apakah Cerpen Harus Memiliki Jumlah Halaman atau Kata yang Terbatas?

    Ya, cerpen biasanya memiliki jumlah halaman atau kata yang terbatas untuk menjaga keterpaduan dan kesatuan alur ceritanya.

  3. Apa Kelebihan Cerpen Menurut Para Ahli?

    Kelebihan cerpen menurut para ahli adalah kemampuannya dalam menyajikan kisah yang padat, menciptakan peristiwa penting, menggambarkan kehidupan sehari-hari, dan menciptakan situasi yang menarik.

  4. Apa Kekurangan Cerpen Menurut Para Ahli?

    Kekurangan cerpen menurut para ahli adalah keterbatasan pengembangan karakter dan alur cerita, kurangnya ruang untuk kompleksitas karakter, terbatasnya waktu dan ruang dalam cerita, dan kurangnya waktu yang dimiliki tokoh untuk pengembangan karakter.

Dalam kesimpulan, cerpen merupakan bentuk prosa naratif yang memiliki keterbatasan jumlah halaman atau kata dalam penceritaannya. Para ahli memberikan definisi-definisi yang berbeda mengenai cerpen, namun intinya adalah cerpen adalah kisah pendek yang fokus pada satu peristiwa atau batasan waktu tertentu. Cerpen memiliki kelebihan dalam menyampaikan kisah yang padat dan singkat, menciptakan peristiwa penting, menggambarkan kehidupan sehari-hari dengan makna mendalam, dan menciptakan situasi yang menarik. Namun, cerpen juga memiliki kekurangan dalam pengembangan karakter dan alur cerita yang terbatas, kurangnya ruang untuk kompleksitas karakter, ketertarikan dalam waktu dan ruang, serta kurangnya waktu untuk pengembangan karakter. Dengan pemahaman ini, kita dapat lebih menghargai keindahan dan kerumitan cerpen sebagai bentuk sastra yang unik dan berharga.

Share:
Ryan Lesmono

Ryan Lesmono

Pengajar dan peneliti di bidang Ilmu Lingkungan dengan gelar Ph.D. dalam Ilmu Lingkungan. Memiliki minat khusus dalam keberlanjutan dan perubahan iklim serta aktif terlibat dalam proyek-proyek penelitian di lapangan.

Leave a Reply