Karir, sebuah kata yang sering kali terdengar di telinga kita. Tapi, apa sebenarnya definisi dari karir itu sendiri? Menurut para ahli, karir merupakan suatu perjalanan hidup yang melibatkan pencapaian tujuan-tujuan tertentu dalam sebuah pekerjaan atau profesi. Para ahli juga menyebutkan bahwa karir bukan hanya sebatas pekerjaan, tapi juga melibatkan perkembangan diri dan pengalaman yang diperoleh selama menjalani sebuah profesi.

Menurut John L. Holland, seorang ahli psikologi, karir adalah serangkaian aktivitas yang dilakukan seseorang sepanjang hidupnya, yang mencakup pekerjaan yang dijalani, pendidikan yang ditempuh, serta aspirasi-aspirasi yang ingin dicapai. Sementara itu, Super, seorang ahli karir terkemuka, mengatakan bahwa karir adalah pola peran yang diasumsikan individu sehubungan dengan pekerjaan tertentu dan perkembangan profesional mereka.

Jadi, bisa disimpulkan bahwa karir bukan sekadar pekerjaan yang kita lakukan setiap hari, tapi lebih dari itu. Karir melibatkan proses pembelajaran, peningkatan keterampilan, dan pencapaian tujuan-tujuan yang telah ditetapkan. Jadi, mulailah membangun karirmu dengan baik dan tunjukkan potensimu di dunia kerja!

Pengertian Definisi Karir Menurut Para Ahli

Karir merupakan suatu rangkaian kegiatan yang dilakukan oleh individu mulai dari pendidikan, pekerjaan, pengembangan diri, hingga pencapaian tujuan yang berkaitan dengan jalur dan bidang pekerjaan tertentu. Menurut para ahli, definisi karir dapat diartikan dengan berbagai pandangan yang berbeda. Berikut adalah pengertian karir menurut 10 ahli terkemuka:

Baca juga:  Menelusuri Definisi Suku Cadang Menurut Para Ahli

1. Edwin B. Flippo

Menurut Edwin B. Flippo, karir adalah suatu rangkaian pekerjaan yang berkaitan dengan satu bidang tertentu dan melakukan perjalanan kearah apa yang diinginkan individu terkait dengan pengembangan kualifikasi seseorang dalam suatu pekerjaan.

2. Donald E. Super

Dalam pandangan Donald E. Super, karir merupakan suatu rangkaian peranan yang dikembangkan oleh individu yang terjadi sepanjang masa hidup seseorang. Karir mencakup pendidikan, pekerjaan, dan aktivitas lainnya yang mempengaruhi perkembangan dan identitas seseorang.

3. E. Ginzberg

E. Ginzberg menyatakan bahwa karir adalah pilihan dan perjalanan yang terdiri dari berbagai tahap yang melibatkan pencarian dan eksplorasi dalam memilih bidang pekerjaan, pembentukan tujuan karir, dan pengambilan keputusan terkait karir.

4. John Dewey

Menurut John Dewey, karir berbeda dengan pekerjaan. Karir melibatkan perkembangan, pertumbuhan, dan pengembangan pribadi yang berkesinambungan, sementara pekerjaan hanya berkaitan dengan tugas dan tanggung jawab yang harus dilakukan.

5. Anne Roe

Anne Roe menyatakan bahwa karir terbentuk melalui interaksi antara kepribadian individu dan lingkungan sosial. Karir dipengaruhi oleh minat, kemampuan, nilai-nilai, dan faktor lingkungan seperti keluarga dan pendidikan.

6. Samuel H. Osipow

Samuel H. Osipow berpendapat bahwa karir adalah suatu proses perjalanan individu yang melibatkan pemilihan pekerjaan, penyesuaian terhadap tuntutan pekerjaan, dan perkembangan kualifikasi dan keahlian.

7. Richard A. Young

Dalam pandangannya, Richard A. Young mengatakan bahwa karir adalah suatu rangkaian pekerjaan yang mendapatkan dukungan dari organisasi yang berfokus pada pengembangan individu dan pemenuhan kebutuhan karir mereka.

8. Linda K. Gibson

Menurut Linda K. Gibson, karir adalah perjalanan individu yang melibatkan pilihan, perkembangan, dan pencapaian di berbagai bidang yang saling berkaitan yang dapat memberikan kepuasan dan kemajuan dalam hidup.

9. John Krumboltz

John Krumboltz menyatakan bahwa karir merupakan suatu rangkaian peristiwa yang dipengaruhi oleh faktor-faktor tertentu seperti faktor genetik, lingkungan personal, dan kebetulan yang mempengaruhi perkembangan karir seseorang.

10. Linda W. Bills

Dalam pandangannya, Linda W. Bills menyebutkan bahwa karir adalah suatu kegiatan individu yang didasarkan pada kombinasi antara minat, keahlian, nilai-nilai, dan pilihan yang dilakukan untuk mencapai kepuasan dan kesuksesan dalam kehidupan kerja.

Kelebihan Definisi Karir Menurut Para Ahli

Definisi karir menurut para ahli memiliki beberapa kelebihan yang dapat membantu individu dalam memahami arti dan perjalanan karir mereka. Berikut adalah 4 kelebihan definisi karir menurut para ahli:

Baca juga:  Mencari Definisi Benar Menurut Para Ahli: Apa Sebenarnya Arti dari Kata "Benar"?

1. Menyediakan Pandangan yang Komprehensif

Pengertian karir menurut para ahli dapat memberikan pandangan yang komprehensif tentang perjalanan karir. Setiap ahli memiliki sudut pandang dan penekanan yang berbeda, sehingga individu dapat memperoleh pemahaman yang lebih luas mengenai arti dan pentingnya karir dalam kehidupan mereka.

2. Membantu Dalam Pemilihan Karir

Definisi karir yang diberikan oleh para ahli dapat menjadi panduan bagi individu dalam memilih karir yang sesuai dengan minat, kompetensi, dan nilai-nilai mereka. Pandangan dan penjelasan yang terperinci dapat membantu individu dalam memahami persyaratan dan tuntutan dari berbagai bidang pekerjaan.

3. Mengarahkan Pada Pengembangan Diri

Pandangan para ahli tentang karir menekankan pentingnya pengembangan diri dalam mencapai tujuan karir. Individu dapat mengenali pentingnya pengembangan keterampilan dan kompetensi yang relevan untuk mendukung perkembangan dan kemajuan dalam bidang pekerjaan yang mereka pilih.

4. Memberikan Perhatian kepada Faktor-faktor Lingkungan

Para ahli dalam definisi karir juga mengakui peran faktor-faktor lingkungan dalam pengembangan karir seseorang. Artinya keputusan karir tidak hanya ditentukan oleh individu itu sendiri, tetapi juga dipengaruhi oleh faktor keluarga, pendidikan, dan lingkungan sosial sekitarnya.

Kekurangan Definisi Karir Menurut Para Ahli

Di samping kelebihannya, terdapat juga beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan dalam definisi karir menurut para ahli. Berikut adalah 4 kekurangan definisi karir menurut para ahli:

1. Tidak Membahas Aspek Emosional

Beberapa definisi karir tidak secara khusus membahas aspek emosional yang terkait dengan perjalanan karir. Aspek ini mencakup kepuasan kerja, kebahagiaan, dan stabilitas emosional yang berperan penting dalam keberhasilan dan keberlanjutan karir seseorang.

2. Tidak Memperhitungkan Perubahan Sosial

Beberapa definisi karir tidak memperhitungkan perubahan sosial yang terjadi dalam masyarakat. Perubahan ini dapat mempengaruhi tujuan karir, kebutuhan tenaga kerja, dan pilihan pekerjaan yang tersedia. Oleh karena itu, definisi karir perlu dilengkapi dengan pemahaman tentang perkembangan sosial yang relevan.

3. Tidak Mengakomodasi Perbedaan Individu

Beberapa definisi karir sering kali bersifat umum dan tidak mempertimbangkan perbedaan individu serta kebutuhan dan keinginan yang unik. Karir seseorang dapat dipengaruhi oleh faktor pribadi seperti minat, kepribadian, dan nilai-nilai yang membuat setiap individu memiliki definisi karir yang berbeda.

Baca juga:  Definisi Bahaya Menurut OHSAS 18001: Memahami Ancaman di Tempat Kerja

4. Tidak Fokus pada Perubahan Konteks Karir

Beberapa definisi karir kurang mempertimbangkan perubahan dalam konteks karir. Pekerjaan dan karir saat ini cenderung berubah dan berkembang dengan cepat. Oleh karena itu, definisi karir perlu memperhitungkan aspek fleksibilitas dan adaptasi terhadap perubahan dalam dunia kerja.

Pertanyaan yang Sering Diajukan tentang Definisi Karir Menurut Para Ahli

Berikut adalah 4 pertanyaan yang sering diajukan tentang definisi karir menurut para ahli:

1. Apa pengertian karir menurut Edwin B. Flippo?

Menurut Edwin B. Flippo, karir adalah suatu rangkaian pekerjaan yang berkaitan dengan satu bidang tertentu dan melakukan perjalanan kearah apa yang diinginkan individu terkait dengan pengembangan kualifikasi seseorang dalam suatu pekerjaan.

2. Apa yang dimaksud dengan peran dalam definisi karir menurut Donald E. Super?

Dalam pandangan Donald E. Super, peran dalam karir melibatkan perkembangan dan identitas seseorang yang terjadi sepanjang masa hidup individu. Peran ini mencakup pendidikan, pekerjaan, dan aktivitas lain yang berkontribusi pada perkembangan karir seseorang.

3. Bagaimana faktor-faktor lingkungan mempengaruhi karir menurut Anne Roe?

Anne Roe menyatakan bahwa faktor-faktor lingkungan seperti keluarga dan pendidikan dapat mempengaruhi perkembangan karir seseorang. Lingkungan ini memberikan pengaruh dan dukungan yang membentuk minat, kemampuan, dan nilai-nilai individu terkait dengan karir.

4. Mengapa perubahan sosial perlu diperhatikan dalam definisi karir menurut John Krumboltz?

Menurut John Krumboltz, perubahan sosial mempengaruhi tujuan karir, kebutuhan tenaga kerja, dan pilihan pekerjaan yang tersedia. Definisi karir perlu mempertimbangkan perubahan ini agar sesuai dengan perkembangan dan perubahan dalam masyarakat.

Kesimpulan

Definisi karir menurut para ahli menggambarkan rangkaian kegiatan yang terkait dengan pengembangan diri, pekerjaan, dan pencapaian tujuan dalam bidang pekerjaan tertentu. Pandangan yang berbeda dari para ahli memberikan pemahaman yang lebih luas mengenai arti dan pentingnya karir dalam kehidupan. Selain itu, definisi karir juga memberikan panduan dalam pemilihan karir, pengembangan diri, serta memperhatikan faktor-faktor lingkungan dan perubahan sosial yang berdampak pada karir seseorang. Namun, perlu diingat bahwa definisi karir juga memiliki kekurangan, seperti tidak memperhatikan aspek emosional, perubahan sosial, perbedaan individu, dan perubahan konteks karir. Oleh karena itu, memahami definisi karir menurut para ahli dapat membantu individu dalam merencanakan dan mengelola karir mereka.

Share:
Ahmad Fikri

Ahmad Fikri

Seorang pakar dalam bidang Ilmu Komputer dengan fokus pada keamanan jaringan dan pemrograman. Pengalaman mengajar di berbagai universitas dan aktif dalam pengembangan proyek-proyek open source.

Leave a Reply