Menilik dari berbagai sudut pandang, para ahli memiliki definisi mengenai keputusan yang beragam. Bagi Professor A, keputusan merupakan hasil dari proses berpikir yang melibatkan pertimbangan antara berbagai pilihan yang ada. Sementara itu, Dr. B lebih menekankan bahwa keputusan adalah tindakan memilih yang diambil setelah evaluasi terhadap berbagai konsekuensi yang mungkin timbul. Tak ketinggalan, pakar C menyatakan bahwa keputusan merupakan langkah strategis yang diambil untuk mencapai tujuan tertentu. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa keputusan merupakan upaya rasional manusia dalam memilih tindakan terbaik di antara beragam opsi yang ada.

Pengertian Definisi Keputusan Menurut Para Ahli

Keputusan adalah proses pemilihan atau penentuan dari berbagai alternatif yang tersedia. Dalam dunia bisnis, keputusan sangat penting untuk menentukan arah dan strategi perusahaan. Para ahli telah memberikan berbagai pengertian mengenai keputusan dan berikut adalah 10 pengertian menurut para ahli dengan penjelasan terperinci.

1. Menurut Peter F. Drucker

Menurut Peter F. Drucker, keputusan merupakan tindakan yang diambil oleh seorang manajer untuk mencapai tujuan organisasi. Keputusan harus didasarkan pada analisis dan evaluasi terhadap situasi yang ada, serta harus mempertimbangkan konsekuensi jangka panjang yang mungkin terjadi.

Baca juga:  Definisi Bahasa Inggris Menurut Para Ahli

2. Menurut Herbert A. Simon

Herbert A. Simon menyebutkan bahwa keputusan adalah proses pengambilan keputusan yang didasarkan pada pemikiran atau penalaran yang rasional. Proses ini melibatkan pengumpulan informasi, analisis alternatif, dan pemilihan tindakan yang dianggap paling optimal.

3. Menurut James G. March

James G. March menyatakan bahwa keputusan adalah proses sosial yang melibatkan interaksi dan negosiasi antara para pemimpin organisasi. Keputusan diambil berdasarkan pada pengaruh dan kepentingan dari berbagai pihak yang terlibat.

4. Menurut Chris Argyris

Menurut Chris Argyris, keputusan adalah proses pengambilan tindakan yang dilakukan oleh individu atau kelompok. Keputusan ini dipengaruhi oleh nilai-nilai, keyakinan, dan pengalaman yang dimiliki oleh individu atau kelompok tersebut.

5. Menurut Rensis Likert

Rensis Likert menyebutkan bahwa keputusan adalah proses pilihan yang didasarkan pada pemikiran yang sistematis dan analisis yang logis. Keputusan yang diambil harus berdasarkan data dan informasi yang akurat serta harus mempertimbangkan dampaknya pada berbagai aspek yang terkait.

6. Menurut Chester I. Barnard

Chester I. Barnard mendefinisikan keputusan sebagai tindakan yang diambil untuk mencapai tujuan organisasi dengan mempertimbangkan keterbatasan sumber daya yang ada. Keputusan harus dapat mengoptimalkan penggunaan sumber daya yang terbatas agar tujuan organisasi dapat tercapai.

7. Menurut Mary Parker Follett

Mary Parker Follett menyebutkan bahwa keputusan adalah hasil dari proses kolaboratif antara berbagai pihak yang terlibat. Keputusan yang diambil harus mempertimbangkan kepentingan bersama dan menciptakan solusi yang dapat diterima oleh semua pihak.

8. Menurut Henry Mintzberg

Menurut Henry Mintzberg, keputusan adalah proses mental yang melibatkan pemikiran kritis dan analisis yang mendalam. Keputusan yang baik harus didasarkan pada pemahaman yang kuat terhadap masalah yang dihadapi dan mampu memecahkan masalah tersebut dengan cara yang efektif dan efisien.

9. Menurut Daniel Kahneman

Daniel Kahneman mengatakan bahwa keputusan adalah produk dari pikiran yang intuitif dan pemikiran yang rasional. Keputusan yang diambil dapat dipengaruhi oleh emosi, persepsi, dan pengalaman seseorang dalam menghadapi situasi tertentu.

Baca juga:  Definisi Rokok Menurut WHO

10. Menurut Kurt Lewin

Kurt Lewin menjelaskan bahwa keputusan adalah hasil dari proses dinamis yang melibatkan perubahan sikap dan perilaku seseorang. Keputusan yang diambil harus didasarkan pada pemahaman yang mendalam terhadap situasi yang ada dan harus mampu menghadapi perubahan yang terjadi.

Kelebihan Definisi Keputusan Menurut Para Ahli

Berikut adalah 4 kelebihan definisi keputusan menurut para ahli:

1. Mengarahkan Tindakan

Definisi keputusan menurut para ahli membantu mengarahkan tindakan yang perlu diambil dalam menghadapi suatu situasi. Dengan adanya definisi yang jelas, manajer dapat dengan mudah menentukan tindakan yang tepat untuk mencapai tujuan organisasi.

2. Menyediakan Kerangka Kerja

Definisi keputusan juga menyediakan kerangka kerja yang dapat digunakan dalam proses pengambilan keputusan. Dengan menggunakan kerangka kerja yang telah ditetapkan oleh para ahli, manajer dapat melakukan analisis yang sistematis dan mempertimbangkan berbagai aspek yang terkait sebelum mengambil keputusan.

3. Meningkatkan Efektivitas

Definisi keputusan yang baik dapat meningkatkan efektivitas pengambilan keputusan. Dengan memiliki pemahaman yang jelas tentang apa itu keputusan dan bagaimana cara mengambilnya, manajer dapat menghindari kesalahan dalam mengambil keputusan yang dapat berdampak negatif pada organisasi.

4. Mengurangi Konflik

Definisi keputusan juga dapat mengurangi konflik yang mungkin terjadi dalam organisasi. Dengan semua orang memiliki pemahaman yang sama tentang apa itu keputusan, bagaimana cara mengambilnya, dan apa yang harus dipertimbangkan, dapat mengurangi perbedaan pendapat dan potensi konflik yang tidak perlu.

Kekurangan Definisi Keputusan Menurut Para Ahli

Berikut adalah 4 kekurangan definisi keputusan menurut para ahli:

1. Tidak Mempertimbangkan Konteks

Kekurangan dari beberapa definisi keputusan adalah tidak mempertimbangkan konteks atau situasi spesifik dalam mengambil keputusan. Keputusan yang diambil dapat sangat tergantung pada situasi yang berbeda-beda, sehingga definisi yang umum mungkin tidak selalu berlaku dalam setiap kasus.

2. Tidak Memperhitungkan Faktor Manusia

Beberapa definisi keputusan cenderung hanya memperhatikan aspek rasional atau logis dalam pengambilan keputusan. Sementara itu, faktor manusia seperti emosi, motivasi, dan nilai-nilai individu juga dapat mempengaruhi pengambilan keputusan.

Baca juga:  Pengertian Desain Pembelajaran dan Mengapa Penting untuk Masa Depan Pendidikan

3. Terlalu Abstrak

Beberapa definisi keputusan terlalu abstrak dan sulit dipahami bagi orang yang tidak memiliki latar belakang atau pemahaman khusus dalam bidang tersebut. Hal ini dapat menyebabkan kebingungan atau salah tafsir dalam penerapan definisi keputusan dalam kehidupan nyata.

4. Tidak Menyertakan Aspek Etika

Beberapa definisi keputusan tidak secara eksplisit menyertakan aspek etika dalam pengambilan keputusan. Padahal, dalam setiap keputusan yang diambil, penting untuk mempertimbangkan dampaknya terhadap nilai-nilai dan norma-norma yang berlaku dalam masyarakat.

FAQ tentang Definisi Keputusan

1. Apa yang dimaksud dengan keputusan?

Keputusan adalah proses pemilihan atau penentuan dari berbagai alternatif yang tersedia.

2. Mengapa keputusan penting dalam dunia bisnis?

Keputusan penting dalam dunia bisnis karena dapat mempengaruhi arah dan strategi perusahaan serta mencapai tujuan organisasi.

3. Faktor apa saja yang mempengaruhi pengambilan keputusan?

Pengambilan keputusan dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti informasi yang tersedia, waktu yang terbatas, nilai-nilai individu, dan tekanan lingkungan.

4. Bagaimana cara mengambil keputusan yang baik?

Untuk mengambil keputusan yang baik, penting untuk melakukan analisis dan evaluasi terhadap situasi yang ada, mempertimbangkan berbagai alternatif yang mungkin, dan memahami konsekuensi jangka panjang dari keputusan yang akan diambil.

Kesimpulannya, keputusan merupakan proses penting dalam dunia bisnis yang melibatkan pemilihan atau penentuan dari berbagai alternatif yang tersedia. Para ahli telah memberikan berbagai pengertian mengenai keputusan, yang meliputi aspek pemikiran rasional, proses sosial, pengaruh nilai-nilai dan konteks situasi, serta kolaborasi antarpihak yang terlibat. Meskipun definisi memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, pemahaman yang jelas tentang pengertian keputusan dapat membantu manajer mengambil keputusan yang lebih efektif dan menghindari konflik yang tidak perlu. Oleh karena itu, penting bagi setiap individu yang terlibat dalam pengambilan keputusan untuk memahami definisi dan konsep ini agar dapat mempengaruhi keputusan dengan cara yang lebih baik.

Share:
Ryan Lesmono

Ryan Lesmono

Pengajar dan peneliti di bidang Ilmu Lingkungan dengan gelar Ph.D. dalam Ilmu Lingkungan. Memiliki minat khusus dalam keberlanjutan dan perubahan iklim serta aktif terlibat dalam proyek-proyek penelitian di lapangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *