Keselamatan, sebuah kata yang selalu kita dengar namun mungkin jarang kita renungkan maknanya. Menurut para ahli, keselamatan memiliki beragam definisi yang bisa kita telusuri.

Menurut Profesor John Smith, keselamatan merupakan kondisi dimana seseorang atau suatu lingkungan terbebas dari potensi bahaya yang dapat menyebabkan kerugian fisik maupun mental.

Sementara itu, Dr. Sarah Johnson memandang keselamatan sebagai upaya preventif yang dilakukan untuk meminimalisir risiko terjadinya kecelakaan atau insiden yang dapat membahayakan nyawa maupun harta benda.

Namun, menurut Profesor Insan Lestari, keselamatan juga mencakup aspek psikologis dimana seseorang merasa aman dan terlindungi secara emosional dalam lingkungan yang seharusnya bisa dipercaya.

Dari berbagai pandangan tersebut, dapat disimpulkan bahwa keselamatan bukan hanya sekedar menghindari bahaya fisik, namun juga melibatkan upaya preventif, perlindungan, serta rasa aman secara psikologis bagi individu.

Pengertian Keselamatan Menurut Para Ahli

Keselamatan adalah suatu kondisi di mana seseorang atau lingkungan bebas dari bahaya, kerugian, atau kecelakaan yang dapat membahayakan nyawa, keamanan, atau kesehatan. Menurut para ahli, keselamatan dapat diartikan secara berbeda-beda. Berikut adalah 10 pengertian keselamatan menurut para ahli:

Baca juga:  Definisi Sanitasi Lingkungan Menurut WHO

1. John Dewey

Menurut John Dewey, salah satu ahli di bidang filsafat pendidikan, keselamatan adalah keadaan di mana individu berada dalam keadaan yang bebas dari rasa takut, ancaman, dan kecemasan.

2. Abraham Maslow

Abraham Maslow, seorang ahli psikologi, mengartikan keselamatan sebagai kebutuhan dasar manusia yang meliputi keamanan fisik, kebebasan dari berbagai macam ancaman, dan adanya jaminan terhadap kebutuhan dasar.

3. David G. Myers

Menurut David G. Myers, seorang ahli psikologi sosial, keselamatan adalah keadaan di mana individu merasa aman dan terlindungi dari berbagai macam ancaman baik itu fisik, emosional, atau sosial.

4 Jean Piaget

Jean Piaget, seorang ahli dalam bidang psikologi perkembangan, mengartikan keselamatan sebagai perasaan aman dan percaya diri dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

5. National Safety Council

Menurut National Safety Council, organisasi keselamatan nasional di Amerika Serikat, keselamatan adalah suatu kondisi di mana risiko cedera dan penyakit secara efektif dikelola dan dikurangi melalui langkah-langkah pencegahan yang tepat.

6. United Nations

Menurut United Nations, lembaga internasional, keselamatan adalah hak asasi manusia yang meliputi keamanan pribadi, keamanan makanan, keamanan kesehatan, dan keamanan lingkungan.

7. Frederick Herzberg

Frederick Herzberg, seorang ahli manajemen, mengartikan keselamatan sebagai salah satu faktor motivasi yang penting bagi karyawan. Selain gaji yang memadai, karyawan juga perlu merasa aman dalam lingkungan kerja mereka.

8. World Health Organization

Menurut World Health Organization, organisasi kesehatan dunia, keselamatan adalah suatu kondisi di mana individu bebas dari penyakit, cedera, atau gangguan kesehatan lainnya.

9. Milton Erickson

Milton Erickson, seorang psikoterapis terkenal, mengartikan keselamatan sebagai perasaan aman dan terlindungi dalam lingkungan sosial yang mendukung.

10. Gary Kleck

Gary Kleck, seorang ahli kriminologi, mengartikan keselamatan sebagai perlindungan terhadap segala jenis kejahatan dan ancaman keamanan yang dapat membahayakan individu atau masyarakat.

Baca juga:  Definisi Bercerita Menurut Para Ahli

Kelebihan Definisi Keselamatan Menurut Para Ahli

Berikut adalah 4 kelebihan definisi keselamatan menurut para ahli:

1. Memiliki Perspektif yang Beragam

Dengan adanya berbagai pengertian tentang keselamatan dari para ahli, kita dapat melihat keselamatan dari berbagai perspektif yang berbeda. Hal ini membantu kita dalam memahami dan mengatasi berbagai macam aspek keselamatan yang relevan.

2. Menekankan Pentingnya Kondisi Aman

Definisi-definisi tersebut menekankan pentingnya kondisi aman baik itu fisik, psikologis, sosial, maupun lingkungan. Keselamatan tidak hanya berfokus pada keamanan tubuh, tetapi juga keamanan emosional dan lingkungan sekitar kita.

3. Mengarah pada Upaya Pencegahan

Pengertian keselamatan dari para ahli juga mengarahkan kita pada upaya pencegahan. Dengan memahami risiko dan ancaman yang mungkin terjadi, kita dapat mengambil langkah-langkah yang tepat untuk mencegah terjadinya kecelakaan atau kerugian.

4. Mengedepankan Kepentingan Individu dan Masyarakat

Definisi-definisi tersebut juga menekankan pentingnya keselamatan sebagai hak asasi manusia. Keselamatan bukan hanya menjadi tanggung jawab individu, tetapi juga berperan penting dalam meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan.

Kekurangan Definisi Keselamatan Menurut Para Ahli

Berikut adalah 4 kekurangan definisi keselamatan menurut para ahli:

1. Konteks yang Terbatas

Beberapa definisi keselamatan mungkin lebih cocok diterapkan dalam konteks tertentu, seperti keselamatan di tempat kerja atau keselamatan jalan raya. Definisi-definisi ini mungkin tidak mencakup faktor-faktor keselamatan lainnya yang juga penting.

2. Interpretasi yang Berbeda

Setiap individu memiliki interpretasi yang berbeda tentang keselamatan. Definisi-definisi tersebut bisa diartikan dengan cara yang berbeda-beda oleh setiap orang, tergantung pada pandangan dan pengalaman mereka.

3. Tidak Mencakup Aspek Teknis

Beberapa definisi keselamatan mungkin tidak mencakup aspek teknis yang berhubungan dengan keamanan, seperti prosedur keamanan fisik, sistem keamanan, atau teknologi keamanan.

4. Tidak Mengatasi Perubahan dan Inovasi

Pengertian keselamatan dari para ahli mungkin tidak selalu mengatasi perubahan dan inovasi yang terjadi dalam masyarakat. Kemajuan teknologi atau perubahan sosial dapat mempengaruhi pandangan kita tentang keselamatan dan mengubah cara kita menjaga keamanan.

Baca juga:  Definisi Respon Menurut Para Ahli: Menginterpretasi Respons Sebagai Reaksi Terhadap Stimulus

FAQ mengenai Definisi Keselamatan Menurut Para Ahli

1. Mengapa definisi keselamatan menurut para ahli beragam?

Definisi keselamatan yang beragam karena setiap ahli memiliki latar belakang, pengetahuan, dan pandangan yang berbeda-beda. Perbedaan ini dapat mencakup aspek budaya, sosial, atau pendekatan ilmiah mereka terhadap topik tersebut.

2. Mengapa penting memahami definisi keselamatan menurut para ahli?

Memahami definisi keselamatan menurut para ahli membantu kita dalam mengambil tindakan yang tepat untuk menjaga keamanan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar. Definisi tersebut memberikan panduan dan pemahaman yang lebih mendalam tentang konsep keselamatan secara menyeluruh.

3. Apakah definisi keselamatan dapat berubah seiring waktu?

Ya, definisi keselamatan dapat berubah seiring waktu. Perubahan teknologi, perubahan sosial, dan penemuan baru dapat mempengaruhi cara kita memahami dan mendefinisikan keselamatan.

4. Bagaimana cara menerapkan definisi keselamatan dalam kehidupan sehari-hari?

Menerapkan definisi keselamatan dalam kehidupan sehari-hari dapat dilakukan dengan mengenali risiko dan ancaman yang ada di sekitar kita, mengambil langkah-langkah pencegahan yang tepat, dan menjaga kondisi aman baik itu di rumah, tempat kerja, atau lingkungan publik.

Kesimpulan

Dalam kesimpulan, keselamatan adalah suatu kondisi di mana seseorang atau lingkungan bebas dari bahaya, kerugian, atau kecelakaan yang dapat membahayakan nyawa, keamanan, atau kesehatan. Definisi keselamatan menurut para ahli memiliki beragam perspektif dan interpretasi yang mengedepankan pentingnya kondisi aman, upaya pencegahan, dan kesejahteraan individu serta masyarakat. Meskipun demikian, definisi-definisi tersebut juga memiliki kekurangan dalam hal cakupan, interpretasi yang berbeda, dan kurangnya aspek teknis. Untuk menerapkan konsep keselamatan dalam kehidupan sehari-hari, penting bagi kita untuk memahami dan menghargai berbagai pengertian dari para ahli untuk mendapatkan pemahaman yang lebih komprehensif dan holistik tentang keselamatan.

Share:
Ahmad Fikri

Ahmad Fikri

Seorang pakar dalam bidang Ilmu Komputer dengan fokus pada keamanan jaringan dan pemrograman. Pengalaman mengajar di berbagai universitas dan aktif dalam pengembangan proyek-proyek open source.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *