Siapa bilang keterampilan bertanya hanya sebatas mengajukan pertanyaan? Menurut para ahli, keterampilan bertanya merupakan kemampuan untuk menggali informasi, memahami suatu konsep, serta merangsang pikiran kritis. John Dewey, seorang filsuf asal Amerika Serikat, menyebutkan bahwa bertanya merupakan awal dari rasa ingin tahu yang mendalam. Sedangkan Robert Sternberg, seorang psikolog kognitif, menekankan pentingnya keterampilan bertanya dalam memperluas pemahaman kita terhadap dunia sekitar. Jadi, jangan ragu untuk terus mengasah keterampilan bertanya, karena dengan bertanyalah kita belajar dan berkembang.

Pengertian Keterampilan Bertanya Menurut Para Ahli

Keterampilan bertanya adalah kemampuan untuk mengajukan pertanyaan yang efektif, kritis, dan relevan dalam berbagai situasi. Pertanyaan yang baik dapat membantu memperluas pengetahuan, memperjelas pemahaman, mempromosikan pemikiran kritis, serta merangsang diskusi dan interaksi yang lebih baik.

Berikut adalah pengertian keterampilan bertanya menurut 10 ahli terkemuka:

1. Robert J. Marzano

Menurut Marzano (2015), keterampilan bertanya adalah kemampuan untuk menghasilkan pertanyaan yang relevan, cermat, dan terperinci, sehingga dapat memunculkan diskusi yang mendalam dan berfokus pada esensi materi pembelajaran.

Baca juga:  Definisi Ekonomi Internasional Menurut Para Ahli

2. Benjamin Bloom

Bloom (1956) mendefinisikan keterampilan bertanya sebagai kemampuan untuk mengajukan pertanyaan dengan tujuan memperoleh informasi baru, mengklarifikasi pemahaman, serta merangsang pemikiran kritis dan refleksi dalam proses belajar.

3. Edward de Bono

De Bono (1985) mengemukakan bahwa keterampilan bertanya adalah kemampuan untuk mengajukan pertanyaan yang kreatif, inovatif, dan memicu pemikiran lateral. Pertanyaan yang “out of the box” dapat membantu memperluas sudut pandang dan merangsang pemecahan masalah baru.

4. Paul Tompkins

Tompkins (2005) berpendapat bahwa keterampilan bertanya melibatkan kemampuan untuk merumuskan pertanyaan yang jelas, terfokus, dan relevan dengan konteks pembelajaran. Pertanyaan yang baik dapat membantu memperdalam pemahaman dan mendorong refleksi diri.

5. Jamie McKenzie

Menurut McKenzie (1999), keterampilan bertanya melibatkan kemampuan untuk menghasilkan pertanyaan yang dapat membantu menghubungkan informasi baru dengan pengetahuan yang sudah dimiliki. Pertanyaan yang baik dapat memperkaya pemahaman dan meningkatkan kemampuan berpikir kritis.

6. Carol Kuhlthau

Kuhlthau (2004) menyatakan bahwa keterampilan bertanya melibatkan kemampuan untuk merumuskan pertanyaan yang memperjelas tujuan pembelajaran, mencari informasi yang relevan, serta menggali pemahaman yang lebih dalam melalui refleksi dan evaluasi.

7. Richard Paul

Paul (2006) mengemukakan bahwa keterampilan bertanya adalah kemampuan untuk mengajukan pertanyaan yang logis, kritis, dan sistematis. Pertanyaan yang baik dapat membantu memperdalam pemikiran kritis dan mengidentifikasi asumsi yang mendasari suatu argumen.

8. Neil Mercer

Menurut Mercer (2010), keterampilan bertanya melibatkan kemampuan untuk mengajukan pertanyaan yang memperjelas informasi, merangsang pemikiran kritis, serta mempromosikan diskusi yang terfokus dan konstruktif.

9. Tony Ryan

Ryan (2007) mendefinisikan keterampilan bertanya sebagai kemampuan untuk mengajukan pertanyaan yang mendorong pengeksplorasian gagasan baru, merangsang pemikiran inovatif, serta menggali pemahaman yang lebih dalam dalam proses belajar.

10. Pauline Gibbons

Gibbons (2009) berpendapat bahwa keterampilan bertanya adalah kemampuan untuk menghasilkan pertanyaan yang memperdalam pemahaman, mendorong refleksi diri, serta membantu mengklarifikasi tujuan pembelajaran.

Kelebihan Definisi Keterampilan Bertanya Menurut Para Ahli

Berikut adalah 4 kelebihan dari definisi keterampilan bertanya menurut para ahli:

Baca juga:  Pidato, Menurut Para Ahli: Definisi dan Maknanya yang Mendalam

1. Mendorong Pemikiran Kritis

Keterampilan bertanya yang baik dapat merangsang pemikiran kritis dan refleksi pada diri individu. Pertanyaan yang diajukan dengan baik akan memicu pemikiran mendalam dan membantu individu melihat suatu masalah atau situasi dari berbagai sudut pandang.

2. Memperdalam Pemahaman

Dengan mengajukan pertanyaan yang relevan dan terperinci, seseorang dapat memperdalam pemahaman terhadap suatu topik atau materi. Pertanyaan yang baik membantu mengklarifikasi pemahaman dan mempercepat proses belajar individu.

3. Meningkatkan Keterlibatan dan Interaksi

Keterampilan bertanya yang baik akan membuka ruang bagi individu untuk berinteraksi dengan orang lain. Melalui pertanyaan yang efektif, individu dapat membangun keterlibatan dan berpartisipasi aktif dalam diskusi atau kelompok kerja.

4. Memicu Pemikiran Kreatif dan Inovatif

Pertanyaan yang dihasilkan dari keterampilan bertanya dapat memicu pemikiran kreatif dan inovatif. Dengan mengajukan pertanyaan yang “out of the box”, individu dapat mengembangkan solusi baru, melihat masalah dari perspektif yang berbeda, dan menghasilkan ide-ide inovatif.

Kekurangan Definisi Keterampilan Bertanya Menurut Para Ahli

Berikut adalah 4 kekurangan dari definisi keterampilan bertanya menurut para ahli:

1. Tidak Dapat Menjamin Keterampilan Bertanya yang Efektif

Meskipun pengertian dan penjelasan tentang keterampilan bertanya telah diberikan oleh para ahli, tidak ada jaminan bahwa seseorang akan menjadi ahli dalam mengajukan pertanyaan yang efektif. Kemampuan bertanya perlu latihan dan pengalaman yang terus-menerus untuk berkembang.

2. Tidak Bisa Menjamin Respon yang Memadai

Meskipun pertanyaan yang diajukan dengan baik dapat memicu diskusi yang mendalam, respons dari pihak lain tidak selalu dapat diprediksi atau menjamin respon yang memadai. Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi respons seseorang terhadap pertanyaan yang diajukan.

3. Tidak Semua Pertanyaan Memiliki Jawaban Tepat

Tidak semua pertanyaan memiliki jawaban yang jelas dan pasti. Beberapa pertanyaan mungkin mengarah pada pemikiran yang lebih kompleks dan subjektif. Oleh karena itu, perlu diakui bahwa dalam belajar, tidak semua pertanyaan memiliki jawaban yang dapat dipastikan.

4. Tidak Dapat Menjamin Penerapan dalam Kehidupan Sehari-hari

Meskipun keterampilan bertanya memiliki manfaat yang signifikan dalam konteks pembelajaran, tidak semua individu akan menerapkan keterampilan ini dalam kehidupan sehari-hari mereka. Beberapa individu mungkin memiliki tantangan atau kebiasaan yang sulit diubah dalam mengajukan pertanyaan yang efektif dalam situasi nyata.

Baca juga:  Menelusuri Definisi Kerjasama Menurut Para Ahli

FAQ Tentang Definisi Keterampilan Bertanya Menurut Para Ahli

Berikut adalah 4 pertanyaan yang sering diajukan tentang definisi keterampilan bertanya menurut para ahli:

1. Mengapa keterampilan bertanya penting dalam pembelajaran?

Keterampilan bertanya penting dalam pembelajaran karena dapat memperdalam pemahaman, merangsang pemikiran kritis, mempromosikan diskusi yang terfokus, dan memicu pemikiran kreatif serta inovatif.

2. Bagaimana cara mengembangkan keterampilan bertanya yang efektif?

Untuk mengembangkan keterampilan bertanya yang efektif, seseorang perlu berlatih secara teratur, memperhatikan konteks pembelajaran, dan mengajukan pertanyaan yang relevan, terperinci, dan terfokus pada inti materi pembelajaran.

3. Apakah semua pertanyaan harus memiliki jawaban yang pasti?

Tidak semua pertanyaan harus memiliki jawaban yang pasti. Beberapa pertanyaan mungkin mengarahkan pada pemikiran yang lebih kompleks, subjektif, atau memerlukan proses pemikiran yang lebih mendalam untuk menemukan jawabannya.

4. Bagaimana menerapkan keterampilan bertanya dalam kehidupan sehari-hari?

Untuk menerapkan keterampilan bertanya dalam kehidupan sehari-hari, penting untuk memperhatikan situasi dan konteksnya. Mengajukan pertanyaan yang relevan, terbuka, dan memfasilitasi komunikasi yang efektif dengan orang lain dapat membantu dalam pemahaman, refleksi, serta pemecahan masalah dalam kehidupan sehari-hari.

Kesimpulan

Dalam mempelajari keterampilan bertanya, penting untuk memahami pengertian dan penjelasan dari para ahli. Keterampilan bertanya melibatkan kemampuan untuk mengajukan pertanyaan yang efektif, relevan, dan terperinci. Pertanyaan yang baik dapat memperdalam pemahaman, merangsang pemikiran kritis, serta mempromosikan interaksi dan diskusi yang lebih baik.

Namun, perlu diingat bahwa keterampilan bertanya tidak dapat dijamin sepenuhnya efektif, respons terhadap pertanyaan tidak selalu dapat diprediksi, dan tidak semua pertanyaan memiliki jawaban yang pasti. Meskipun begitu, dengan latihan dan pengalaman yang terus-menerus, serta penerapan keterampilan bertanya dalam kehidupan sehari-hari, seseorang dapat mengembangkan pemahaman yang lebih mendalam dan kemampuan berpikir kritis yang lebih baik.

Share:
Ahmad Fikri

Ahmad Fikri

Seorang pakar dalam bidang Ilmu Komputer dengan fokus pada keamanan jaringan dan pemrograman. Pengalaman mengajar di berbagai universitas dan aktif dalam pengembangan proyek-proyek open source.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *