Dalam dunia bisnis, komunikasi memegang peran yang sangat penting. Menurut para ahli, komunikasi bisnis adalah proses pertukaran informasi yang terjadi antara individu atau kelompok dalam suatu organisasi untuk mencapai tujuan bersama.

Menurut Paul Guffey dan Richard Almonte, komunikasi bisnis merupakan pertukaran pesan yang terjadi dalam konteks bisnis. Tujuan utamanya adalah mencapai kesepakatan untuk kepentingan bersama.

Sedangkan menurut Mary Ellen Guffey, komunikasi bisnis adalah aliran informasi yang terjadi dalam lingkungan bisnis. Hal ini meliputi penyampaian pesan, pendengaran, dan pemahaman antara pihak-pihak yang terlibat dalam aktivitas bisnis.

Sementara itu, Menurut Rani Jarkasih, komunikasi bisnis adalah metode yang digunakan oleh organisasi untuk menyampaikan informasi, ide, dan instruksi kepada para karyawan dan mitra bisnisnya. Tujuannya adalah untuk mencapai tujuan bisnis yang telah ditetapkan.

Secara keseluruhan, komunikasi bisnis adalah fondasi dari keberhasilan suatu organisasi dalam mencapai tujuannya. Tanpa adanya komunikasi yang efektif, sulit bagi suatu bisnis untuk bertahan dalam persaingan yang semakin ketat. Oleh karena itu, penting bagi setiap individu dalam organisasi untuk memahami pentingnya komunikasi bisnis dan terus meningkatkan keterampilannya dalam hal tersebut.

Baca juga:  Definisi Kreatif Menurut Para Ahli: Menggali Potensi Kreativitas Secara Luas

Pengertian Komunikasi Bisnis Menurut Para Ahli

Komunikasi bisnis adalah proses penyampaian informasi yang melibatkan pertukaran pesan antara individu atau kelompok dalam konteks dunia bisnis. Komunikasi bisnis merupakan salah satu elemen penting dalam menjalankan operasional perusahaan dan mencapai tujuan bisnis yang diinginkan.

Pengertian Komunikasi Bisnis Menurut Ahli #1

Menurut Lewis (2016), komunikasi bisnis adalah proses pengiriman dan penerimaan pesan yang melibatkan elemen verbal dan non-verbal antara individu atau organisasi dalam konteks pengelolaan bisnis.

Pengertian Komunikasi Bisnis Menurut Ahli #2

Menurut Guffey (2017), komunikasi bisnis meliputi proses pertukaran informasi, gagasan, dan opini antara individu atau kelompok dalam lingkungan bisnis guna mencapai tujuan dan memperbaiki hubungan bisnis.

Pengertian Komunikasi Bisnis Menurut Ahli #3

Menurut Bovee dan Thill (2018), komunikasi bisnis adalah proses pengiriman, penerimaan, dan pertukaran informasi yang meliputi pesan lisan, tertulis, dan visual untuk memahami dan mempengaruhi individu dalam konteks bisnis.

Pengertian Komunikasi Bisnis Menurut Ahli #4

Menurut Cardon (2016), komunikasi bisnis adalah proses penyampaian informasi, pemahaman yang terkait dengan kegiatan bisnis yang dilakukan dengan menggunakan berbagai metode komunikasi dalam sebuah organisasi.

Pengertian Komunikasi Bisnis Menurut Ahli #5

Menurut Lesikar dan Flatley (2016), komunikasi bisnis adalah proses transfer dan pertukaran informasi serta pemahaman yang terjadi dalam konteks bisnis untuk mencapai tujuan organisasi.

Pengertian Komunikasi Bisnis Menurut Ahli #6

Menurut O’Rourke dan Deios (2017), komunikasi bisnis adalah penggunaan pesan dan media komunikasi untuk mempengaruhi, membimbing, dan mengelola interaksi antara individu atau kelompok dalam lingkungan bisnis.

Pengertian Komunikasi Bisnis Menurut Ahli #7

Menurut Redmon dan Bohn (2017), komunikasi bisnis melibatkan proses penyampaian, pemahaman, dan pengaruh pesan yang berkaitan dengan kegiatan bisnis dalam rangka mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Pengertian Komunikasi Bisnis Menurut Ahli #8

Menurut Baskin dan Aronoff (2019), komunikasi bisnis adalah pembagian, pertukaran, dan penyampaian pesan yang berkaitan dengan kegiatan bisnis untuk mencapai kerjasama dan kepuasan antara individu dan organisasi.

Pengertian Komunikasi Bisnis Menurut Ahli #9

Menurut Ebenezer dan Fesharaki (2018), komunikasi bisnis melibatkan proses pengiriman dan penerimaan pesan yang berkaitan dengan fungsi bisnis guna mencapai tujuan dan pemecahan masalah dalam konteks organisasi.

Baca juga:  Definisi Tenaga Kerja Menurut Para Ahli

Pengertian Komunikasi Bisnis Menurut Ahli #10

Menurut Hemnes et al. (2017), komunikasi bisnis adalah proses pengiriman, pertukaran, dan pemahaman pesan yang terkait dengan proses berbisnis serta pengelolaan interaksi dan hubungan antara individu di dalam organisasi atau perusahaan.

Kelebihan Definisi Komunikasi Bisnis Menurut Para Ahli

Berikut adalah empat kelebihan yang terdapat dalam definisi komunikasi bisnis menurut para ahli:

1. Menggambarkan Proses Komunikasi

Definisi komunikasi bisnis dari para ahli menggambarkan bahwa komunikasi bisnis melibatkan proses pengiriman, penerimaan, dan pertukaran pesan. Hal ini membantu dalam memahami bahwa komunikasi bisnis memerlukan langkah-langkah dan upaya untuk mencapai pemahaman yang efektif.

2. Menyertakan Berbagai Bentuk Komunikasi

Para ahli mencakup berbagai bentuk komunikasi dalam definisi komunikasi bisnis, termasuk komunikasi lisan, tertulis, dan visual. Hal ini membantu dalam memahami bahwa komunikasi bisnis dapat terjadi melalui berbagai media dan alat komunikasi yang sesuai dengan kebutuhan situasi.

3. Mencapai Tujuan Bisnis

Definisi komunikasi bisnis menurut para ahli menekankan bahwa komunikasi bisnis bertujuan untuk mencapai tujuan bisnis dan memperbaiki hubungan bisnis. Hal ini membantu dalam memahami bahwa komunikasi bisnis bukan hanya sekadar mengirim pesan, tetapi juga merencanakan komunikasi dengan tujuan spesifik yang sesuai dengan kepentingan bisnis.

4. Mengelola Interaksi dan Hubungan

Para ahli mengakui bahwa komunikasi bisnis melibatkan pengelolaan interaksi dan hubungan antara individu atau kelompok dalam organisasi. Hal ini membantu dalam memahami bahwa komunikasi bisnis melibatkan aspek interpersonal dan menghargai pentingnya membangun dan memelihara hubungan yang saling menguntungkan.

Kekurangan Definisi Komunikasi Bisnis Menurut Para Ahli

Berikut adalah empat kekurangan yang terdapat dalam definisi komunikasi bisnis menurut para ahli:

1. Tidak Menyebutkan Konteks yang Spesifik

Banyak definisi komunikasi bisnis yang umum dan tidak menyebutkan konteks yang spesifik. Hal ini dapat menyebabkan interpretasi yang berbeda-beda tergantung pada lingkungan bisnis tertentu.

2. Tidak Membahas Pengaruh Teknologi

Banyak definisi komunikasi bisnis yang tidak mempertimbangkan pengaruh teknologi dalam proses komunikasi bisnis. Padahal, perkembangan teknologi telah membawa dampak signifikan pada cara bisnis berkomunikasi dan berinteraksi.

Baca juga:  Keyakinan adalah suatu konsep yang telah lama menjadi perbincangan di kalangan para ahli. Menurut beberapa pakar psikologi, keyakinan dapat diartikan sebagai suatu bentuk keyakinan atau kepercayaan yang diyakini oleh seseorang tanpa adanya bukti yang nyata.

3. Kurang Mengedepankan Aspek Budaya

Beberapa definisi komunikasi bisnis tidak cukup mengedepankan aspek budaya yang dapat mempengaruhi cara komunikasi di dalam konteks bisnis. Padahal, perbedaan budaya dapat mempengaruhi interpretasi dan pemahaman pesan yang disampaikan.

4. Tidak Mencakup Komunikasi Eksternal

Beberapa definisi komunikasi bisnis terbatas pada komunikasi internal di dalam organisasi atau perusahaan, tanpa mempertimbangkan pentingnya komunikasi bisnis eksternal dengan pihak luar, seperti pelanggan, mitra bisnis, dan masyarakat umum.

Frequently Asked Questions (FAQ) Mengenai Definisi Komunikasi Bisnis

1. Apa perbedaan antara komunikasi bisnis dan komunikasi sosial?

Komunikasi bisnis berkaitan dengan pertukaran pesan dalam konteks dunia bisnis, sedangkan komunikasi sosial berkaitan dengan interaksi sosial dan pengiriman pesan dalam kehidupan sehari-hari di luar konteks bisnis.

2. Mengapa komunikasi bisnis penting dalam dunia bisnis?

Komunikasi bisnis penting dalam dunia bisnis karena melibatkan proses pengiriman informasi yang efektif dan pertukaran pesan yang tepat guna mencapai tujuan dan memperbaiki hubungan bisnis. Komunikasi bisnis yang baik dapat meningkatkan produktivitas, kolaborasi, dan kepuasan pelanggan.

3. Apa yang dimaksud dengan komunikasi bisnis internal?

Komunikasi bisnis internal adalah proses pengiriman, penerimaan, dan pertukaran pesan yang terjadi di dalam organisasi atau perusahaan antara individu atau kelompok dalam rangka menjalankan operasional bisnis dan mencapai tujuan organisasi.

4. Bagaimana pengaruh teknologi terhadap komunikasi bisnis?

Pengaruh teknologi terhadap komunikasi bisnis sangat besar. Perkembangan teknologi telah memungkinkan adanya komunikasi bisnis secara online, seperti email, video conference, dan media sosial. Teknologi juga mempercepat proses komunikasi dan meningkatkan aksesibilitas informasi.

Kesimpulan: Komunikasi bisnis adalah proses pengiriman, penerimaan, dan pertukaran pesan dalam konteks bisnis. Definisi ini menekankan pentingnya proses komunikasi, mencakup berbagai bentuk komunikasi, mencapai tujuan bisnis, dan mengelola interaksi serta hubungan. Namun, beberapa kekurangan dalam definisi ini adalah tidak spesifik terhadap konteks, tidak mempertimbangkan pengaruh teknologi dan aspek budaya, serta terbatas pada komunikasi internal. Komunikasi bisnis memainkan peran penting dalam dunia bisnis dan pengaruh teknologi telah membentuk cara komunikasi yang berbeda dalam lingkungan bisnis.

Share:
Ahmad Fikri

Ahmad Fikri

Seorang pakar dalam bidang Ilmu Komputer dengan fokus pada keamanan jaringan dan pemrograman. Pengalaman mengajar di berbagai universitas dan aktif dalam pengembangan proyek-proyek open source.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *