Komunikasi merupakan hal yang tak terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Menurut beberapa ahli, konsep komunikasi dapat dijelaskan dengan beragam pandangan. Menurut Joseph DeVito, komunikasi adalah proses pertukaran informasi antara dua individu atau lebih. Sementara itu, menurut Littlejohn dan Foss, komunikasi merupakan proses dimana individu saling terlibat dalam penciptaan makna.

Dalam pandangan ahli lain, seperti Michael Burgoon, komunikasi merupakan interaksi antara individu yang dilakukan untuk mencapai tujuan tertentu. Sedangkan menurut Julia Wood, komunikasi adalah proses dimana individu menggunakan simbol-simbol untuk menciptakan makna dan berbagi makna dengan individu lain.

Dari beragam definisi tersebut, dapat disimpulkan bahwa komunikasi merupakan suatu proses yang melibatkan pertukaran informasi, interaksi, serta penciptaan dan berbagi makna. Dalam era digital seperti sekarang, kemampuan untuk berkomunikasi dengan baik dan efektif merupakan hal yang sangat penting dalam berbagai aspek kehidupan.

Pengertian Definisi Komunikasi Menurut Beberapa Ahli

Komunikasi merupakan suatu proses yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Melalui komunikasi, manusia dapat bertukar informasi, ide, dan emosi dengan orang lain. Setiap individu memiliki pemahaman yang berbeda tentang definisi komunikasi. Berikut adalah beberapa pengertian menurut ahli terkemuka:

Baca juga:  Definisi Kepuasan Pelanggan Menurut Para Ahli

1. Harold Lasswell

Menurut Harold Lasswell, komunikasi adalah suatu proses dimana pesan dikirim oleh sumber kepada penerima dengan menggunakan media tertentu. Tujuan dari komunikasi adalah untuk mempengaruhi, mengubah, atau memperbaiki perilaku individu atau kelompok.

2. Shannon dan Weaver

Shannon dan Weaver mendefinisikan komunikasi sebagai suatu proses dimana informasi dikodekan oleh sumber, dikirim melalui saluran komunikasi, dan diterima oleh penerima. Mereka juga menekankan pentingnya peran noise atau gangguan dalam proses komunikasi.

3. Wilbur Schramm

Schramm menyatakan bahwa komunikasi adalah suatu proses sosial dimana individu berinteraksi satu sama lain melalui simbol-simbol yang bermakna. Komunikasi terjadi baik melalui komunikasi verbal maupun nonverbal.

4. Marshall McLuhan

Menurut McLuhan, komunikasi adalah suatu ekstensi dari manusia. Ia berpendapat bahwa media komunikasi memiliki pengaruh yang besar terhadap manusia dan budaya. Komunikasi melalui media dapat merubah cara kita berpikir dan berinteraksi.

5. Michael Argyle

Argyle menggambarkan komunikasi sebagai proses sosial yang meliputi peristiwa-peristiwa seperti mengirim dan menerima pesan, pemilihan kanal komunikasi, pemahaman makna dari pesan yang dikirim, serta mengekspresikan emosi dan sikap.

6. David Berlo

Berlo berpendapat bahwa komunikasi adalah suatu pembagian makna antara individu melalui pengiriman dan penerimaan pesan. Pemahaman makna dari pesan yang dikirim sangat penting dalam proses komunikasi.

7. Jurgen Habermas

Habermas memandang komunikasi sebagai suatu proses yang digunakan oleh individu dalam mencapai pemahaman bersama dan mencapai konsensus. Komunikasi dianggap sebagai jembatan untuk menyatukan perbedaan pandangan dan membangun pemahaman kolektif.

8. George Gerbner

Gerbner menganggap komunikasi sebagai suatu proses yang mempengaruhi persepsi individu terhadap realitas. Ia menekankan pentingnya analisis media dalam memahami bagaimana pesan-pesan komunikasi mempengaruhi pemikiran dan tindakan manusia.

9. Everett Rogers

Rogers memandang komunikasi sebagai proses yang berhubungan dengan difusi inovasi. Ia berfokus pada cara bagaimana ide-ide baru dan inovasi disebarkan melalui komunikasi dalam masyarakat.

Baca juga:  Menelusuri Definisi Kerjasama Menurut Para Ahli

10. Paul Grice

Grice menekankan pentingnya maksim kerja sama dalam komunikasi. Ia berpendapat bahwa komunikasi efektif terjadi ketika setiap individu mematuhi prinsip kerja sama, seperti prinsip kebenaran, relevansi, dan kuantitas informasi yang disampaikan.

Kelebihan Definisi Komunikasi Menurut Beberapa Ahli

1. Memahami Pentingnya Proses dalam Komunikasi

Definisi komunikasi oleh ahli-ahli tersebut mengakui bahwa komunikasi adalah suatu proses. Hal ini membantu kita memahami bahwa komunikasi bukanlah hanya tentang pengiriman pesan, tetapi juga melibatkan langkah-langkah seperti encoding, decoding, dan penerimaan pesan.

2. Menggambarkan Interaksi Antar Individu

Ahli-ahli komunikasi menyadari bahwa komunikasi melibatkan interaksi antara individu. Ini berarti bahwa komunikasi adalah suatu kegiatan yang melibatkan setidaknya dua orang yang saling berinteraksi melalui media komunikasi.

3. Menekankan Pentingnya Media Komunikasi

Ahli-ahli komunikasi juga mengakui peran media komunikasi dalam proses komunikasi. Media komunikasi, seperti tulisan, suara, atau gambar, menjadi saluran yang digunakan untuk menyampaikan pesan dari sumber ke penerima.

4. Membahas Peran Konteks dalam Komunikasi

Definisi definisi komunikasi juga tidak melupakan peran konteks dalam komunikasi. Ahli-ahli tersebut menyadari bahwa pesan dan makna dari pesan dapat berbeda tergantung pada konteks komunikasi, seperti budaya, situasi, dan latar belakang individu yang terlibat dalam komunikasi.

Kekurangan Definisi Komunikasi Menurut Beberapa Ahli

1. Tidak Menyertakan Aspek Emosi dalam Komunikasi

Beberapa definisi komunikasi tidak menyoroti peran emosi dalam komunikasi. Padahal, emosi merupakan faktor yang sangat penting dalam komunikasi, karena dapat mempengaruhi cara individu menyampaikan pesan dan bagaimana pesan tersebut diterima oleh penerima.

2. Tidak Melibatkan Faktor Nonverbal dalam Komunikasi

Beberapa definisi komunikasi tidak secara khusus membahas faktor nonverbal dalam komunikasi. Padahal, bahasa tubuh, ekspresi wajah, dan intonasi suara juga merupakan bagian penting dalam proses komunikasi dan dapat mempengaruhi makna pesan yang disampaikan.

3. Mengabaikan Peran Noise dalam Komunikasi

Tidak semua definisi komunikasi menyoroti peran noise atau gangguan dalam komunikasi. Padahal, noise dapat mempengaruhi pemahaman pesan oleh penerima dan dapat mengganggu efektivitas komunikasi.

Baca juga:  Definisi Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) Menurut Para Ahli

4. Tidak Menjelaskan Komunikasi dalam Era Digital

Beberapa definisi komunikasi tidak mencakup komunikasi dalam era digital. Padahal, dengan adanya teknologi digital, komunikasi telah berubah dan melibatkan media sosial, email, dan platform komunikasi online lainnya.

FAQ tentang Definisi Komunikasi Menurut Beberapa Ahli

1. Apa itu proses komunikasi?

Proses komunikasi merujuk pada langkah-langkah yang dilakukan dalam komunikasi, seperti pengkodean pesan, pengiriman pesan, dan penerimaan pesan. Proses ini melibatkan interaksi antara sumber dan penerima melalui media komunikasi.

2. Mengapa komunikasi penting dalam kehidupan sehari-hari?

Komunikasi penting dalam kehidupan sehari-hari karena melalui komunikasi, individu dapat berinteraksi, berbagi informasi, mengekspresikan emosi, serta membangun hubungan dengan orang lain. Komunikasi juga menjadi kunci dalam mencapai pemahaman dan kerjasama dalam berbagai situasi.

3. Bagaimana komunikasi dapat mempengaruhi perubahan perilaku?

Komunikasi dapat mempengaruhi perubahan perilaku karena melalui komunikasi, individu dapat memperoleh informasi, ide, dan nilai-nilai yang mempengaruhi cara berpikir dan bertindak. Komunikasi juga dapat mempengaruhi pembentukan keyakinan dan sikap individu.

4. Bagaimana media komunikasi mempengaruhi cara kita berpikir dan berinteraksi?

Media komunikasi memiliki pengaruh yang besar terhadap cara kita berpikir dan berinteraksi. Media komunikasi mempengaruhi apa yang kita lihat, dengar, dan baca, serta dapat membentuk pandangan kita terhadap dunia. Media juga dapat mempengaruhi cara kita berinteraksi dengan orang lain, seperti melalui media sosial atau aplikasi pesan.

Kesimpulan

Dari beberapa pengertian komunikasi menurut ahli terkemuka, dapat disimpulkan bahwa komunikasi adalah proses interaksi sosial yang melibatkan pengiriman dan penerimaan pesan melalui media komunikasi. Komunikasi memainkan peran penting dalam kehidupan sehari-hari, karena melalui komunikasi, individu dapat bertukar informasi, berbagi emosi, dan membangun hubungan dengan orang lain. Meskipun definisi komunikasi memiliki beberapa kekurangan, namun pengertian komunikasi oleh para ahli tersebut memberikan pemahaman yang lebih luas tentang kompleksitas komunikasi dalam kehidupan manusia.

Share:
Ryan Lesmono

Ryan Lesmono

Pengajar dan peneliti di bidang Ilmu Lingkungan dengan gelar Ph.D. dalam Ilmu Lingkungan. Memiliki minat khusus dalam keberlanjutan dan perubahan iklim serta aktif terlibat dalam proyek-proyek penelitian di lapangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *