Dalam pandangan Deddy Mulyana, seorang pakar komunikasi ternama, komunikasi merupakan suatu proses yang tak terhindarkan dalam kehidupan manusia. Tidak hanya sekedar berbicara, komunikasi melibatkan pengiriman pesan yang memiliki makna dalam interaksi sehari-hari. Menurutnya, komunikasi menjadi jembatan yang menghubungkan antara individu satu dengan yang lainnya.

Pengertian Komunikasi Menurut Deddy Mulyana

Komunikasi adalah suatu proses penyampaian pesan, baik secara verbal maupun nonverbal, antara individu atau kelompok yang melibatkan pertukaran informasi, pendapat, gagasan, dan perasaan. Menurut Deddy Mulyana, komunikasi merupakan suatu fenomena yang dapat terjadi di semua bidang kehidupan manusia dan menjadi landasan penting dalam menjalin hubungan sosial serta mempengaruhi perilaku individu dalam interaksi sehari-hari.

Pengertian Menurut Ahli Terkemuka

1. Joseph A. DeVito

Joseph A. DeVito, seorang ahli komunikasi terkemuka, menyatakan bahwa komunikasi adalah proses pembentukan dan pertukaran makna di antara individu atau kelompok melalui simbol-simbol yang dihasilkan oleh bahasa atau tindakan nonverbal.

2. Littlejohn dan Foss

Menurut Littlejohn dan Foss, komunikasi adalah proses penyampaian dan penerimaan pesan yang melibatkan pemindahan informasi dari satu pihak ke pihak lain melalui media komunikasi yang digunakan.

Baca juga:  Tablet Menurut FI Edisi V: Perangkat Canggih untuk Kebutuhan Sehari-hari

3. Berlo

Berlo menyatakan bahwa komunikasi adalah proses sosial yang melibatkan pertukaran informasi, gagasan, emosi, dan pesan antara dua orang atau lebih. Tujuan komunikasi adalah mempengaruhi perilaku orang lain agar mereka dapat memahami dan merespons pesan yang disampaikan.

4. West dan Turner

West dan Turner dalam teorinya mengatakan bahwa komunikasi adalah proses penyampaian dan pertukaran pesan antara individu atau kelompok melalui berbagai saluran komunikasi yang tersedia, seperti komunikasi verbal, nonverbal, maupun tulisan.

5. Rogers dan Kincaid

Rogers dan Kincaid berpendapat bahwa komunikasi adalah proses interaksi antara dua orang atau lebih yang melibatkan penyampaian dan penerimaan pesan secara timbal balik, baik secara verbal maupun nonverbal.

6. Osgood, Berko, dan Fisher

Osgood, Berko, dan Fisher menyatakan bahwa komunikasi adalah proses penyampaian informasi atau pesan dari satu individu kepada individu lain dengan menggunakan simbol-simbol yang dapat dipahami oleh keduanya.

7. Griffin

Griffin mengatakan bahwa komunikasi adalah proses pembentukan, pemeliharaan, dan penghancuran hubungan antarindividu atau kelompok melalui pertukaran pesan secara verbal atau nonverbal.

8. Wiryanto

Menurut Wiryanto, komunikasi adalah suatu proses yang melibatkan interaksi antara dua pihak yang saling terlibat dan berkomunikasi dengan menggunakan berbagai saluran, seperti lisan, tulisan, atau gerakan tubuh.

9. Lasswell

Lasswell dalam teorinya menyatakan bahwa komunikasi adalah proses pengiriman pesan dari satu pihak yang disebut sumber kepada pihak lain yang disebut penerima melalui saluran komunikasi yang digunakan.

10. Mass Communication Theory

Teori komunikasi massa menyatakan bahwa komunikasi adalah proses penyampaian informasi atau pesan dari satu pihak kepada banyak orang atau kelompok melalui media massa, seperti televisi, radio, surat kabar, dan internet.

Kelebihan Definisi Komunikasi Menurut Deddy Mulyana

1. Komprehensif: Definisi komunikasi menurut Deddy Mulyana mencakup aspek verbal dan nonverbal dalam proses komunikasi. Hal ini dapat menjelaskan secara lengkap berbagai bentuk komunikasi yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

Baca juga:  Para Ahli Mengungkap Definisi Lahan yang Perlu Kita Ketahui

2. Menekankan Pertukaran Simbol: Komunikasi mengandalkan penggunaan simbol-simbol untuk menyampaikan pesan. Definisi Deddy Mulyana menyadari pentingnya pertukaran simbol dalam komunikasi manusia.

3. Mengandung Aspek Sosial: Deddy Mulyana menggambarkan komunikasi sebagai fenomena sosial yang terjadi di semua aspek kehidupan manusia. Hal ini memperjelas bahwa komunikasi tidak hanya terjadi antarpribadi, tetapi juga dalam konteks kelompok dan masyarakat.

4. Berfokus pada Pengaruh Perilaku: Definisi komunikasi menurut Deddy Mulyana menekankan bahwa komunikasi dapat mempengaruhi perilaku individu dalam interaksi sehari-hari. Hal ini menjadi penting dalam memahami bagaimana komunikasi dapat membentuk hubungan sosial.

Kekurangan Definisi Komunikasi Menurut Deddy Mulyana

1. Kurang Menjelaskan Proses Komunikasi: Definisi Deddy Mulyana lebih menekankan pada hasil akhir komunikasi daripada menjelaskan secara rinci proses komunikasi itu sendiri. Sehingga, kemungkinan ada aspek-aspek tertentu yang tidak tercakup dalam definisi tersebut.

2. Tidak Membedakan Antara Komunikasi Efektif dan Tidak Efektif: Definisi Deddy Mulyana tidak secara tegas menjelaskan perbedaan antara komunikasi yang efektif dan tidak efektif. Hal ini dapat menyebabkan pemahaman yang kurang jelas mengenai kualitas komunikasi yang tepat.

3. Minim Membahas Konteks Komunikasi: Definisi Deddy Mulyana tidak secara rinci membahas konteks komunikasi, seperti komunikasi organisasi, komunikasi pemasaran, atau komunikasi interpersonal. Hal ini dapat membuat pembaca ingin mempelajari definisi komunikasi dalam konteks tertentu yang lebih spesifik.

4. Tidak Memiliki Perspektif dalam Teori Komunikasi: Definisi Deddy Mulyana tidak secara eksplisit menggunakan perspektif teori komunikasi tertentu. Ini dapat mengurangi rasa sistematis dan struktur dalam definisi tersebut.

FAQ Tentang Definisi Komunikasi Menurut Deddy Mulyana

1. Mengapa komunikasi penting dalam kehidupan sehari-hari?

Komunikasi penting karena memungkinkan individu untuk menyampaikan pesan, berbagi informasi, dan membangun hubungan yang sehat dengan orang lain. Tanpa komunikasi, sulit untuk menjalin ikatan dengan orang lain dan memahami perspektif mereka.

Baca juga:  Definisi Desain Menurut Para Ahli

2. Apa peran simbol dalam proses komunikasi?

Simbol adalah representasi dari makna yang dihasilkan oleh bahasa atau tindakan nonverbal. Dalam komunikasi, simbol digunakan untuk menyampaikan pesan secara efektif, melintasi batasan bahasa dan budaya, dan menghindari salah tafsir.

3. Apa dampak komunikasi pada perilaku individu?

Komunikasi dapat mempengaruhi perilaku individu dengan mempengaruhi cara berpikir, sikap, dan tindakan mereka. Komunikasi yang efektif dapat membangun hubungan yang sehat, sementara komunikasi yang tidak efektif dapat menyebabkan konflik dan kesalahpahaman.

4. Mengapa penting untuk memahami definisi komunikasi dalam konteks tertentu?

Memahami definisi komunikasi dalam konteks tertentu memungkinkan kita untuk menerapkan konsep dan prinsip komunikasi dengan lebih efektif. Ini memungkinkan kita untuk memahami perbedaan dalam bentuk komunikasi, seperti komunikasi verbal dan nonverbal, serta mengenali strategi komunikasi yang lebih sesuai dalam situasi tertentu.

Kesimpulannya, komunikasi menurut Deddy Mulyana adalah proses penyampaian pesan antara individu atau kelompok melalui pertukaran informasi, pendapat, gagasan, dan perasaan. Definisi ini menjelaskan komunikasi secara komprehensif, menekankan pentingnya simbol dalam komunikasi, serta mengaitkannya dengan aspek sosial dan pengaruh perilaku individu. Meskipun demikian, definisi ini memiliki kekurangan dalam menjelaskan proses komunikasi, membedakan antara komunikasi efektif dan tidak efektif, membahas konteks komunikasi secara spesifik, dan menggunakan perspektif teori komunikasi. Oleh karena itu, pemahaman definisi komunikasi dalam konteks tertentu dan melibatkan pandangan ahli lainnya dapat membantu memperdalam pemahaman kita tentang fenomena komunikasi yang kompleks ini.

Share:
Ahmad Fikri

Ahmad Fikri

Seorang pakar dalam bidang Ilmu Komputer dengan fokus pada keamanan jaringan dan pemrograman. Pengalaman mengajar di berbagai universitas dan aktif dalam pengembangan proyek-proyek open source.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *