Pernahkah Anda merasa terdiam saat berhadapan dengan seseorang yang tidak mampu mengutarakan pikirannya dengan jelas? Menurut Gode, komunikasi bukan hanya sekedar pertukaran kata-kata biasa, melainkan seni untuk mengungkapkan makna yang lebih dalam di balik setiap kalimat yang terucap.

Dalam komunikasi, Gode menekankan pentingnya pemahaman yang mendalam terhadap pesan yang disampaikan. Kata-kata bukan hanya simbol yang dipadukan menjadi kalimat, melainkan jendela menuju pemikiran dan perasaan seseorang.

Komunikasi menurut Gode juga melibatkan kemampuan untuk mendengarkan dengan baik. Tidak hanya sekedar menanggapi dengan kata-kata kosong, melainkan merespon dengan empati dan pemahaman yang mendalam terhadap perspektif lawan bicara.

Jadi, ketika Anda berkomunikasi dengan orang lain, jangan hanya terpaku pada kata-kata yang terucap. Coba untuk merenungkan makna di balik setiap kalimat, dan jadikan komunikasi sebagai sarana untuk saling memahami dan menghargai satu sama lain. Seperti yang dikatakan Gode, “Komunikasi bukan hanya soal berbicara, melainkan juga tentang bisa mendengarkan dan merangkul pemikiran orang lain.”

Baca juga:  Uang Menurut AC Pigou: Pengertian dalam Konsep Ekonomi

Pengertian Definisi Komunikasi Menurut Gode

Menurut G.R. Gode, komunikasi dapat didefinisikan sebagai proses dimana informasi, ide, pemikiran, dan perasaan dikirimkan dari satu individu kepada individu lain melalui serangkaian lambang verbal dan non-verbal yang saling dipahami.

Pengertian Menurut Ahli Terkemuka

1. Harold D. Lasswell

Menurut Harold D. Lasswell, komunikasi adalah proses pengiriman pesan dari sumber kepada penerima melalui media tertentu dengan tujuan untuk menghasilkan pengaruh yang diinginkan.

2. Wilbur Schramm

Wilbur Schramm menyatakan bahwa komunikasi adalah suatu proses dimana seseorang atau beberapa orang berusaha untuk mempengaruhi penerima dalam arti tertentu dengan menggunakan lambang-lambang tertentu melalui media tertentu pula, dalam rangka mencapai tujuan komunikasi.

3. Shannon dan Weaver

Menurut Shannon dan Weaver, komunikasi merupakan proses dengan empat unsur pokok yaitu pengirim (sumber), pesan, saluran, dan penerima. Proses ini melibatkan transfer informasi dari pengirim kepada penerima melalui saluran komunikasi yang digunakan.

4. Wilbur Schramm dan Charles Osgoog

Wilbur Schramm dan Charles Osgoog mengartikan komunikasi sebagai suatu proses dimana ide, pikiran, dan informasi dikirimkan dari satu orang ke orang lainnya dengan tujuan untuk mempengaruhi sikap, pemikiran, atau tindakan penerima.

5. David K. Berlo

Dalam pandangan David K. Berlo, komunikasi adalah suatu proses sosial dimana individu atau kelompok menggunakan lambang ujaran, tulisan, gerak tubuh, atau medium lainnya untuk berbagi informasi dan mencapai pemahaman bersama.

6. Denis McQuail

Denis McQuail mendefinisikan komunikasi sebagai interaksi sosial yang melibatkan pertukaran pesan-pesan simbolis antara individu atau kelompok dalam situasi dan konteks yang mempengaruhi pengertian dan perilaku mereka.

7. Michael Burgoon

Menurut Michael Burgoon, komunikasi adalah berbagi makna melalui menggunakan sistem lambang yang terstruktur.

8. Joseph A. DeVito

Joseph A. Devito menyatakan bahwa komunikasi adalah proses dimana pesan dihasilkan dan diinterpretasikan melalui penggunaan simbol-simbol tertentu yang dipilih dan diklasifikasikan oleh individu untuk dapat saling memahami.

9. Stuart Hall

Stuart Hall berpendapat bahwa komunikasi adalah proses yang melibatkan produksi, reproduksi, dan konsumsi pesan dalam konteks sosial tertentu. Pesan tersebut bisa berupa lambang verbal, gambar, suara, bahasa tubuh, atau simbol lainnya.

Baca juga:  Pengelolaan Pendidikan Menurut Para Ahli: Memahami Konsep dengan Lebih Mendalam

10. Littlejohn dan Foss

Littlejohn dan Foss menyatakan bahwa komunikasi adalah proses interaksi simbolik di antara individu-individu yang memiliki makna yang berarti bagi mereka dan saling mempengaruhi secara timbal balik.

Kelebihan Definisi Komunikasi Menurut Gode

1. Komprehensif

Definisi komunikasi menurut Gode sangatlah komprehensif karena mencakup berbagai aspek komunikasi, baik verbal maupun non-verbal, serta proses pengiriman pesan dari satu individu ke individu lain.

2. Menggambarkan Aktivitas Sosial

Gode menekankan bahwa komunikasi melibatkan interaksi antara individu dan merupakan aktivitas sosial. Hal ini memahami bahwa komunikasi dilakukan dalam konteks sosial, di mana pesan-pesan tersebut memiliki makna bagi penerima.

3. Menekankan Pentingnya Pemahaman

Definisi Gode menggarisbawahi bahwa komunikasi tidak hanya tentang pengiriman pesan, tetapi juga tentang memahami pesan tersebut. Penerima pesan harus benar-benar memahami informasi, ide, pemikiran, dan perasaan yang ingin disampaikan oleh pengirim.

4. Mengacu pada Lambang Verbal dan Non-Verbal

Penggunaan lambang verbal dan non-verbal dalam proses komunikasi sangat penting. Definisi Gode memperhatikan bahwa komunikasi tidak hanya terbatas pada penggunaan kata-kata, tetapi juga termasuk dalam lambang-lambang non-verbal seperti gerakan tubuh, ekspresi wajah, dan bahasa tubuh lainnya.

Kekurangan Definisi Komunikasi Menurut Gode

1. Kurangnya Penekanan pada Pengaruh Media

Definisi Gode tidak memberikan penekanan yang cukup pada pengaruh media dalam proses komunikasi. Seiring berkembangnya teknologi, media menjadi bagian penting dalam komunikasi, namun hal ini tidak tercakup dalam definisi Gode.

2. Tidak Mempertimbangkan Persepsi Penerima

Definisi Gode cenderung menekankan pada pemahaman pesan oleh penerima, tetapi tidak mempertimbangkan bahwa persepsi penerima dapat mempengaruhi interpretasi pesan tersebut. Hal ini menjadikan definisi Gode kurang lengkap dalam memahami kompleksitas komunikasi.

3. Tidak Menyebutkan tentang Konteks Komunikasi

Konteks komunikasi, seperti situasi, budaya, dan latar belakang, memiliki pengaruh besar terhadap proses komunikasi. Namun, definisi Gode tidak mencakup aspek ini sehingga tidak memberikan pemahaman yang lengkap mengenai komunikasi.

Baca juga:  Definisi Tindakan Menurut Para Ahli: Mengungkap Makna Tindakan dalam Berbagai Perspektif

4. Tidak Merujuk pada Proses Feedback

Feedback adalah bagian penting dalam komunikasi yang memungkinkan terjadinya interaksi antara pengirim dan penerima. Sayangnya, definisi Gode tidak menyebutkan tentang pentingnya feedback dalam proses komunikasi.

FAQ tentang Definisi Komunikasi Menurut Gode

1. Apa perbedaan antara komunikasi verbal dan komunikasi non-verbal?

Komunikasi verbal melibatkan penggunaan kata-kata, baik lisan maupun tulisan, sedangkan komunikasi non-verbal melibatkan lambang-lambang seperti gerakan tubuh, ekspresi wajah, dan bahasa tubuh lainnya untuk mengkomunikasikan pesan.

2. Apa yang dimaksud dengan media komunikasi?

Media komunikasi merujuk pada alat atau saluran yang digunakan untuk mentransfer pesan dari pengirim kepada penerima. Contoh media komunikasi meliputi telepon, surat, email, dan media sosial.

3. Apa yang membedakan komunikasi antar pribadi dan komunikasi kelompok?

Komunikasi antar pribadi terjadi antara dua individu secara langsung, sedangkan komunikasi kelompok melibatkan lebih dari dua orang yang saling berinteraksi dalam sebuah kelompok untuk mencapai tujuan komunikasi tertentu.

4. Mengapa pemahaman pesan sangat penting dalam komunikasi?

Pemahaman pesan adalah kunci keberhasilan komunikasi. Tanpa pemahaman yang benar, pesan yang disampaikan bisa salah ditafsirkan atau kehilangan makna aslinya. Pemahaman yang baik memastikan bahwa pesan yang ingin disampaikan dapat diterima dengan benar oleh penerima.

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa komunikasi menurut Gode adalah proses dimana informasi, ide, pemikiran, dan perasaan dikirimkan dari satu individu kepada individu lain melalui serangkaian lambang verbal dan non-verbal yang saling dipahami. Komunikasi merupakan aktivitas sosial yang melibatkan pengiriman pesan dari sumber kepada penerima melalui media tertentu dengan tujuan untuk menghasilkan pengaruh yang diinginkan. Meskipun memiliki beberapa kekurangan, penting bagi setiap individu untuk memahami pentingnya komunikasi dalam kehidupan sehari-hari untuk mencapai kesepahaman dan efektivitas dalam berinteraksi dengan orang lain.

Share:
Ahmad Fikri

Ahmad Fikri

Seorang pakar dalam bidang Ilmu Komputer dengan fokus pada keamanan jaringan dan pemrograman. Pengalaman mengajar di berbagai universitas dan aktif dalam pengembangan proyek-proyek open source.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *