Komunikasi, sebuah kata yang sering kita dengar tapi mungkin jarang kita pahami secara mendalam. Menurut Harold Lasswell, seorang ahli komunikasi terkemuka, komunikasi bisa dijelaskan melalui empat elemen utama: pesan, orang, saluran, dan dampak.

Pertama-tama, pesan merupakan inti dari komunikasi. Pesan inilah yang ingin disampaikan oleh pengirim kepada penerima. Isinya bisa berupa informasi, ide, emosi, atau apapun yang ingin disampaikan.

Kedua, orang atau aktor komunikasi juga memegang peran penting dalam proses ini. Mereka bisa berperan sebagai pengirim, penerima, atau pun kedua-duanya. Peran dan identitas seseorang bisa memengaruhi bagaimana pesan disampaikan dan diterima.

Selanjutnya, saluran atau media komunikasi menjadi jembatan yang menghubungkan pengirim dengan penerima. Saluran komunikasi bisa beragam, mulai dari tatap muka, telepon, surat, hingga media sosial yang semakin populer saat ini.

Terakhir, dampak adalah hasil dari proses komunikasi. Pesan yang disampaikan akan mempengaruhi pemikiran, perasaan, atau perilaku penerima. Dampak bisa bersifat positif maupun negatif tergantung dari bagaimana pesan disampaikan dan diterima.

Dengan memahami definisi komunikasi menurut Lasswell ini, kita dapat lebih aware dan bijak dalam berkomunikasi. Jika ingin pesan kita sampai dengan jelas dan tepat, perhatikanlah empat elemen ini dengan baik. Semoga komunikasi kita semakin efektif dan bermakna!

Baca juga:  Definisi Handphone Menurut Para Ahli

Pengertian Definisi Komunikasi Menurut Lasswell

Definisi komunikasi menurut Lasswell adalah suatu proses dimana pesan (message) dikirimkan oleh seorang komunikator melalui media komunikasi kepada penerima (audience) dengan tujuan untuk mencapai pengaruh atau efek tertentu. Proses komunikasi melibatkan lima elemen penting, yaitu:

1. Komunikator (Who)

Elemen pertama dalam proses komunikasi adalah komunikator. Komunikator adalah orang atau pihak yang mengirimkan pesan kepada penerima. Seorang komunikator dapat berupa individu, kelompok, organisasi, atau bahkan negara.

2. Pesan (What)

Elemen kedua adalah pesan. Pesan adalah informasi atau gagasan yang ingin disampaikan oleh komunikator kepada penerima. Pesan dapat berupa kata-kata, gambar, video, atau kombinasi dari beberapa media komunikasi.

3. Media Komunikasi (Through What Channel)

Media komunikasi merupakan alat atau medium yang digunakan oleh komunikator untuk menyampaikan pesan kepada penerima. Media komunikasi dapat berupa surat, telepon, internet, televisi, radio, atau media sosial.

4. Penerima (To Whom)

Penerima adalah orang atau pihak yang menerima pesan yang disampaikan oleh komunikator. Penerima dapat berupa individu, kelompok, atau khalayak umum.

5. Efek (With What Effect)

Elemen terakhir dalam proses komunikasi adalah efek. Efek adalah hasil atau dampak yang terjadi setelah penerima menerima dan memahami pesan yang disampaikan oleh komunikator. Efek komunikasi dapat berupa perubahan sikap, pengetahuan, atau tindakan dari penerima.

10 Pengertian Menurut Ahli Terkemuka Definisi Komunikasi Menurut Lasswell

1. Harold Lasswell

Menurut Harold Lasswell, komunikasi adalah suatu proses sosial yang melibatkan transfer pesan dari komunikator kepada penerima dengan tujuan mempengaruhi perilaku penerima secara maksimal.

2. Charles Berger

Charles Berger menyatakan bahwa komunikasi adalah interaksi simbolik antara individu yang menggunakan kode komunikasi yang sama.

3. Dean Barnlund

Dean Barnlund mendefinisikan komunikasi sebagai proses penyampaian ide, informasi, dan perasaan dari satu pihak ke pihak lain dengan menggunakan simbol-simbol yang dipahami oleh keduanya.

4. Wilbur Schramm

Wilbur Schramm mengartikan komunikasi sebagai proses dimana pesan dikodekan oleh komunikator, disampaikan melalui saluran komunikasi, dan diterima dan diuraikan oleh penerima.

5. Everett Rogers

Everett Rogers menjelaskan bahwa komunikasi adalah proses sosial yang melibatkan transfer pesan dari satu pihak ke pihak lain dengan tujuan mempengaruhi sikap, pengetahuan, atau tindakan penerima.

Baca juga:  Definisi Budaya Politik Menurut Para Ahli

6. David K. Berlo

Menurut David K. Berlo, komunikasi merupakan proses pengiriman dan penerimaan pesan yang melibatkan penggunaan kode-kode tertentu serta media komunikasi.

7. Irwin Altman dan Dalmas Taylor

Irwin Altman dan Dalmas Taylor berpendapat bahwa komunikasi adalah proses di mana seseorang menyampaikan pesan melalui simbol-simbol secara sadar atau tidak sadar untuk mempengaruhi perilaku orang lain.

8. George Gerbner

Mengikutip George Gerbner, komunikasi adalah sistem simbolik yang diterima, diproses, dan diproduksi oleh individu-individu yang saling berinteraksi satu sama lain.

9. Michael Burgoon

Michael Burgoon mendefinisikan komunikasi sebagai proses sosial yang melibatkan pertukaran pesan verbal dan nonverbal antara individu-individu dalam situasi komunikatif tertentu.

10. Mark L. Knapp

Mark L. Knapp menyatakan bahwa komunikasi adalah proses penciptaan dan pertukaran makna antara individu-individu melalui penggunaan simbol-simbol.

4 Kelebihan Definisi Komunikasi Menurut Lasswell

1. Menekankan Pentingnya Tujuan

Definisi komunikasi menurut Lasswell menekankan pentingnya tujuan dalam proses komunikasi. Dengan mengetahui tujuan yang ingin dicapai, komunikator dapat menyampaikan pesan dengan cara yang lebih efektif dan dapat mempengaruhi penerima sesuai dengan yang diinginkan.

2. Melibatkan Berbagai Media Komunikasi

Definisi komunikasi menurut Lasswell mengakui keberagaman media komunikasi yang digunakan dalam proses komunikasi. Hal ini memungkinkan komunikator untuk memilih media yang paling sesuai dan efektif untuk menyampaikan pesan kepada penerima.

3. Memperhitungkan Konteks Komunikasi

Definisi komunikasi menurut Lasswell memperhitungkan konteks atau situasi di mana komunikasi terjadi. Dengan memahami konteks komunikasi, komunikator dapat mengatur pesan dan gaya komunikasi yang sesuai dengan situasi tertentu.

4. Mengarahkan pada Pengaruh dan Efek

Definisi komunikasi menurut Lasswell menekankan pentingnya pengaruh dan efek yang diinginkan dalam proses komunikasi. Dengan fokus pada efek yang diharapkan, komunikator dapat lebih efektif dalam menyampaikan pesan dan mencapai tujuan yang diinginkan.

4 Kekurangan Definisi Komunikasi Menurut Lasswell

1. Tidak Mencakup Aspek Emosi dan Nonverbal

Definisi komunikasi menurut Lasswell cenderung melewatkan aspek emosi dan nonverbal dalam proses komunikasi. Aspek emosi dan nonverbal dapat mempengaruhi pemahaman dan interpretasi pesan, sehingga tidak memasukkan aspek ini dapat menurunkan keefektifan komunikasi.

Baca juga:  Definisi Burnout Menurut Para Ahli: Ketika Semangat Terbakar Habis

2. Kurang Fleksibel dalam Menangani Perubahan

Definisi komunikasi menurut Lasswell cenderung kurang fleksibel dalam menangani perubahan. Dalam era digital dan perkembangan teknologi komunikasi, definisi ini mungkin kurang relevan untuk menggambarkan komunikasi yang lebih dinamis saat ini.

3. Kurang Menekankan Aspek Hubungan Antarindividu

Definisi komunikasi menurut Lasswell cenderung kurang menekankan aspek hubungan antarindividu dalam proses komunikasi. Aspek hubungan sangat penting dalam komunikasi interpersonal, sehingga kekurangan ini dapat mempengaruhi tingkat keberhasilan komunikasi.

4. Tidak Mempertimbangkan Konteks Budaya

Definisi komunikasi menurut Lasswell tidak mempertimbangkan konteks budaya dalam proses komunikasi. Konteks budaya dapat mempengaruhi cara orang berkomunikasi dan memahami pesan, sehingga penting untuk mempertimbangkan aspek budaya dalam definisi komunikasi.

4 FAQ tentang Definisi Komunikasi Menurut Lasswell

1. Mengapa definisi komunikasi menurut Lasswell penting?

Definisi komunikasi menurut Lasswell penting karena memberikan kerangka kerja yang komprehensif untuk memahami, menganalisis, dan mengelola proses komunikasi.

2. Apa perbedaan antara pesan dan media komunikasi?

Pesan adalah informasi atau gagasan yang ingin disampaikan oleh komunikator kepada penerima, sedangkan media komunikasi adalah alat atau medium yang digunakan oleh komunikator untuk menyampaikan pesan kepada penerima.

3. Bagaimana komunikasi dapat mempengaruhi perilaku penerima?

Komunikasi dapat mempengaruhi perilaku penerima melalui pengaruh pesan yang disampaikan oleh komunikator. Pesan yang efektif dapat mempengaruhi sikap, pengetahuan, atau tindakan penerima.

4. Apa yang dimaksud dengan efek dalam konteks komunikasi?

Efek dalam konteks komunikasi adalah hasil atau dampak yang terjadi setelah penerima menerima dan memahami pesan yang disampaikan oleh komunikator. Efek komunikasi dapat berupa perubahan sikap, pengetahuan, atau tindakan dari penerima.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, komunikasi menurut Lasswell adalah suatu proses dimana pesan dikirimkan oleh seorang komunikator melalui media komunikasi kepada penerima dengan tujuan untuk mencapai pengaruh atau efek tertentu. Definisi ini menekankan pentingnya tujuan, media komunikasi yang beragam, konteks komunikasi, pengaruh dan efek, namun memiliki kekurangan dalam aspek emosi dan nonverbal, fleksibilitas terhadap perubahan, penekanan aspek hubungan antarindividu, dan pertimbangan konteks budaya. Dengan pemahaman yang baik tentang definisi komunikasi menurut Lasswell, seseorang dapat menjadi komunikator yang efektif dan terampil dalam berbagai konteks komunikasi.

Share:
Ryan Lesmono

Ryan Lesmono

Pengajar dan peneliti di bidang Ilmu Lingkungan dengan gelar Ph.D. dalam Ilmu Lingkungan. Memiliki minat khusus dalam keberlanjutan dan perubahan iklim serta aktif terlibat dalam proyek-proyek penelitian di lapangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *