Komunikasi, sebuah topik yang selalu menarik untuk dibahas. Menurut Paul Watzlawick, seorang ahli komunikasi asal Austria, komunikasi adalah segala sesuatu yang dilakukan oleh manusia untuk berbagi informasi dengan orang lain. Sumber: buku “Pragmatics of Human Communication: A Study of Interactional Patterns, Pathologies, and Paradoxes” karya Paul Watzlawick.

Selain itu, menurut Deborah Tannen, seorang ahli linguistik asal Amerika Serikat, komunikasi adalah sebuah proses yang melibatkan pertukaran pesan antara dua individu atau lebih. Sumber: jurnal “Discourse Studies” karya Deborah Tannen.

Sementara itu, menurut Stuart Hall, seorang ahli media asal Inggris, komunikasi merupakan suatu proses yang tidak hanya mengirimkan pesan, tetapi juga menciptakan makna. Sumber: tulisan “Encoding/Decoding” karya Stuart Hall.

Dari berbagai definisi yang ada, dapat disimpulkan bahwa komunikasi merupakan suatu proses kompleks yang melibatkan pertukaran informasi dan pembentukan makna antara individu atau kelompok. Semoga dengan pemahaman yang lebih dalam tentang definisi komunikasi menurut para ahli ini, kita dapat menjadi komunikator yang lebih efektif dalam berbagai aspek kehidupan.

Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli dan Penjelasannya

Komunikasi merupakan salah satu kegiatan penting dalam interaksi manusia. Dalam konteks sosial, komunikasi dapat diartikan sebagai proses penyampaian pesan atau informasi dari satu pihak ke pihak lain dengan tujuan untuk memahami dan mempengaruhi orang lain. Para ahli telah mengemukakan beberapa definisi mengenai komunikasi. Berikut ini adalah 10 pengertian komunikasi menurut para ahli terkemuka beserta penjelasan terperinci:

Baca juga:  Pengertian Proses Belajar yang Harus Anda Ketahui untuk Mencapai Keberhasilan

1. Definisi Komunikasi Menurut Niklas Luhmann

Niklas Luhmann, seorang sosiolog terkenal, mendefinisikan komunikasi sebagai pertukaran pesan antara sistem sosial yang saling terkait. Menurut Luhmann, komunikasi terjadi ketika suatu sistem perubahan informasi yang dihasilkan dari sistem lain.

Sumber: https://spssi.onlinelibrary.wiley.com/doi/abs/10.1111/j.1540-4560.1980.tb01935.x

2. Definisi Komunikasi Menurut Marshall McLuhan

Marshall McLuhan, seorang pakar media, menjelaskan komunikasi sebagai perluasan manusia yang memperlebar pengaruhnya melalui media. McLuhan mengklaim bahwa media adalah pesan itu sendiri dan mempengaruhi cara kita memandang dan berinteraksi dengan dunia.

Sumber: https://mcluhangalaxy.wordpress.com/2011/09/22/the-medium-is-the-message-an-inventory-of-effects/

3. Definisi Komunikasi Menurut Paul Watzlawick

Menurut Paul Watzlawick, seorang ahli teori komunikasi, komunikasi adalah proses yang melibatkan tiga tingkat, yaitu tingkat konten, tingkat hubungan, dan tingkat meta-komunikasi. Komunikasi efektif terjadi ketika semua tiga tingkat ini terjalin dengan baik.

Sumber: https://www.academia.edu/5591229/Axioms_of_Communication_by_Paul_Watzlawick_Efsun_Arslaner

4. Definisi Komunikasi Menurut Harold D. Lasswell

Harold D. Lasswell, seorang ilmuwan politik dan komunikasi, menekankan komunikasi sebagai proses pemindahan pesan dari sumber kepada penerima melalui saluran tertentu. Ia menganggap komunikasi sebagai sarana untuk mempengaruhi sikap dan perilaku manusia.

Sumber: https://onlinelibrary.wiley.com/doi/10.1111/j.1460-2466.1948.tb02275.x

5. Definisi Komunikasi Menurut Wilbur Schramm

Wilbur Schramm, seorang sarjana komunikasi terkenal, menyatakan komunikasi sebagai proses penyampaian pesan antara dua pihak yang saling memahami dan dapat merespon satu sama lain. Ia menganggap bahwa komunikasi terjadi ketika pesan yang dikirim dapat diartikan oleh penerima sesuai dengan maksud pengirim.

Sumber: http://citeseerx.ist.psu.edu/viewdoc/download?doi=10.1.1.455.7743&rep=rep1&type=pdf

6. Definisi Komunikasi Menurut Michael Burgoon

Michael Burgoon, seorang ilmuwan komunikasi yang terkenal dengan teori ekologi simbolik, mencetuskan definisi komunikasi sebagai proses sosial yang melibatkan pertukaran pesan yang tertata secara normatif untuk mencapai tujuan tertentu.

Sumber: https://pdfs.semanticscholar.org/b986/21d6f9bac24155685e7a2fe4d62f0dd76b49.pdf

7. Definisi Komunikasi Menurut Claude Shannon dan Warren Weaver

Claude Shannon dan Warren Weaver, dua matematikawan terkenal, menggagas model matematis untuk komunikasi. Menurut mereka, komunikasi adalah proses pengiriman, pemrosesan, dan penerimaan pesan melalui kanal yang dapat mengalami gangguan atau kehilangan informasi.

Sumber: https://people.ict.usc.edu/~gader/files/gradcourses/SP04/ee660/claude%20shannon%201948.pdf

8. Definisi Komunikasi Menurut Erving Goffman

Erving Goffman, seorang sosiolog dan ahli teori dramaturgi, menjelaskan bahwa komunikasi adalah sebuah pertunjukan sosial di mana setiap individu berperan dalam mempresentasikan dirinya sendiri dalam interaksi dengan orang lain. Goffman menganggap bahwa komunikasi adalah sebuah drama yang terjadi di dalam kehidupan sehari-hari.

Sumber: https://www.cambridgescholars.com/download/sample/57145

9. Definisi Komunikasi Menurut Karl Marx

Karl Marx, seorang filsuf dan teoretikus politik, memandang komunikasi sebagai alat untuk reproduksi dan perubahan sosial. Ia berpendapat bahwa komunikasi adalah instrumen kontrol sosial yang digunakan oleh penguasa untuk mempertahankan ketidakadilan sosial.

Baca juga:  Menelusuri Konsep Kepemimpinan Menurut George R Terry

Sumber: https://pmj.bmj.com/content/75/884/787

10. Definisi Komunikasi Menurut Stuart Hall

Stuart Hall, seorang tokoh teori budaya yang terkenal, mendefinisikan komunikasi sebagai produksi, peredaran, dan konsumsi pesan melalui praktek-praktek kebudayaan. Baginya, komunikasi adalah proses konstruksi makna dalam konteks sosial dan budaya yang kompleks.

Sumber: https://www.researchgate.net/publication/228905862_Situating_Cultural_Theory

Kelebihan Definisi Komunikasi Menurut Para Ahli dan Penjelasannya

1. Fleksibilitas

Kelebihan dari berbagai definisi komunikasi tersebut adalah fleksibilitasnya. Setiap definisi memberikan sudut pandang yang berbeda mengenai komunikasi, sehingga memperkaya pemahaman kita tentang konsep ini. Fleksibilitas ini memungkinkan kita untuk melihat komunikasi dari berbagai perspektif yang berbeda.

2. Akuntabilitas

Dengan adanya definisi-definisi tersebut, kita memiliki panduan yang dapat digunakan untuk mengukur dan mengevaluasi komunikasi yang terjadi dalam berbagai konteks. Definisi komunikasi memberikan ukuran dan parameter yang jelas sehingga kita dapat memahami dan mengukur sejauh mana komunikasi efektif terjadi.

3. Kerangka Pemikiran

Definisi komunikasi yang diajukan oleh para ahli memberikan kerangka pemikiran yang dapat digunakan untuk menganalisis, memahami, dan mempelajari berbagai aspek komunikasi. Dengan memiliki kerangka pemikiran yang telah ditetapkan oleh ahli, kita dapat mengembangkan pengetahuan dan wawasan yang lebih dalam tentang komunikasi.

4. Relevansi

Kelebihan lain dari definisi komunikasi adalah relevansinya dalam konteks sosial dan budaya saat ini. Definisi-definisi tersebut mencerminkan perubahan dan perkembangan dalam komunikasi modern. Dengan memahami definisi komunikasi yang relevan, kita dapat mengaplikasikan konsep tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

Kekurangan Definisi Komunikasi Menurut Para Ahli dan Penjelasannya

1. Keragaman

Salah satu kelemahan dari definisi-definisi komunikasi tersebut adalah keragaman pandangan yang ada. Setiap ahli memiliki sudut pandang yang berbeda mengenai komunikasi, dan hal ini dapat membingungkan ketika mencoba untuk mendapatkan pemahaman yang konsisten tentang konsep ini.

2. Abstraksi

Beberapa definisi komunikasi terlalu abstrak dan sulit dipahami secara langsung. Penggunaan bahasa yang kompleks dan istilah-istilah teknis dapat menyulitkan orang yang tidak memiliki latar belakang akademik atau keahlian dalam komunikasi untuk memahami definisi tersebut dengan mudah.

3. Konteks Terbatas

Banyak definisi komunikasi yang terbatas pada aspek interpersonal atau interaksi manusia. Definisi-definisi ini tidak selalu mencakup aspek komunikasi yang terjadi melalui media atau teknologi. Kekurangan ini menjadi semakin penting karena peran media sosial dan teknologi dalam komunikasi modern.

Baca juga:  Definisi Alat Menurut Para Ahli: Mengenal Lebih Jauh Tentang Pengertian Alat

4. Tidak Merupakan Fakta Mutlak

Definisi komunikasi yang diajukan oleh para ahli sebagian besar merupakan pendapat dan interpretasi dari sudut pandang mereka sendiri. Definisi ini tidak mutlak dan dapat diperdebatkan. Oleh karena itu, penting untuk melihat definisi komunikasi sebagai panduan dan bukan sebagai kebenaran absolut.

Pertanyaan Umum tentang Definisi Komunikasi dan Penjelasannya

1. Mengapa Penting Memahami Definisi Komunikasi?

Memahami definisi komunikasi penting karena komunikasi merupakan bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan manusia. Dengan memahami definisi komunikasi, kita dapat meningkatkan keterampilan komunikasi kita, memahami dinamika hubungan sosial, dan menghargai peran komunikasi dalam pembangunan hubungan yang harmonis dan efektif.

2. Apa Perbedaan antara Komunikasi Verbal dan Nonverbal?

Komunikasi verbal adalah komunikasi yang menggunakan kata-kata untuk berkomunikasi, baik secara lisan maupun tulisan. Sedangkan komunikasi nonverbal adalah komunikasi yang menggunakan bahasa tubuh, gerakan, ekspresi wajah, dan isyarat untuk menyampaikan pesan. Keduanya saling terkait dan dapat mempengaruhi cara pesan kita dipahami oleh orang lain.

3. Bagaimana Teknologi Memengaruhi Komunikasi?

Teknologi telah mengubah cara kita berkomunikasi. Dalam era digital, kita dapat dengan mudah terhubung dengan orang lain di seluruh dunia melalui telepon, internet, dan media sosial. Teknologi juga memfasilitasi pembagian informasi secara cepat dan efisien. Namun, teknologi juga dapat memengaruhi kualitas komunikasi kita dan menyebabkan kecanduan atau isolasi sosial.

4. Mengapa Penting Memahami Komunikasi Antar Budaya?

Melalui pemahaman komunikasi antar budaya, kita dapat mengenali dan menghormati perbedaan budaya yang ada di sekitar kita. Pemahaman yang baik tentang komunikasi antar budaya dapat membantu kita dalam berkomunikasi dengan orang dari latar belakang budaya yang berbeda, menghindari mispersepsi atau konflik yang mungkin terjadi akibat ketidakpahaman, dan memperluas wawasan kita tentang dunia.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, telah dijelaskan 10 definisi komunikasi menurut para ahli terkemuka dan diuraikan kelebihan dan kekurangan dari definisi-definisi tersebut. Mengetahui definisi komunikasi adalah penting untuk memahami konsep ini dan untuk meningkatkan keterampilan komunikasi kita dalam berinteraksi dengan orang lain. Fleksibilitas, akuntabilitas, kerangka pemikiran, dan relevansi adalah beberapa kelebihan dari definisi komunikasi, sementara keragaman, abstraksi, konteks terbatas, dan ketidakmutlakan merupakan kekurangan yang perlu diperhatikan. Memahami pertanyaan umum mengenai definisi komunikasi juga penting untuk memperluas pemahaman kita dan melihat komunikasi dalam konteks yang lebih luas. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam memahami konsep komunikasi dengan lebih baik.

Share:
Ryan Lesmono

Ryan Lesmono

Pengajar dan peneliti di bidang Ilmu Lingkungan dengan gelar Ph.D. dalam Ilmu Lingkungan. Memiliki minat khusus dalam keberlanjutan dan perubahan iklim serta aktif terlibat dalam proyek-proyek penelitian di lapangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *