Komunikasi politik memang menjadi bahasan yang tak pernah lekang dari pembicaraan masyarakat. Namun, apa sebenarnya definisi dari komunikasi politik menurut para ahli? Menurut Dorodjatun Kuntjoro-Jakti, komunikasi politik adalah upaya untuk mempengaruhi opini publik dengan tujuan memenangkan dukungan politik.

Sedangkan menurut Denis McQuail, komunikasi politik adalah segala bentuk komunikasi yang berhubungan dengan kegiatan politik dan mencakup semua aspek mengenai peran media dalam politik.

Sedangkan menurut para ahli lainnya seperti Harold D Lasswell, komunikasi politik adalah proses pengaruh saling antar elemen-elemen sistem politik.

Dari berbagai definisi yang ada, dapat disimpulkan bahwa komunikasi politik merupakan wadah penting dalam dunia politik yang bertujuan untuk mempengaruhi opini publik dan memenangkan dukungan politik.

Pengertian Komunikasi Politik menurut Para Ahli

Komunikasi politik merupakan salah satu aspek yang sangat penting dalam dunia politik. Hal ini karena melalui komunikasi politik, pesan-pesan politik dapat disampaikan secara efektif kepada masyarakat dan pemilih. Banyak ahli politik dan komunikasi politik yang telah mengemukakan pengertian mengenai komunikasi politik. Berikut ini adalah 10 pengertian komunikasi politik menurut para ahli.

Baca juga:  Asuransi Kesehatan: Konsep dan Definisi Menurut Para Ahli

1. Harold Lasswell

Menurut Harold Lasswell, komunikasi politik adalah proses penyampaian pesan politik dari pemimpin politik kepada masyarakat untuk mempengaruhi dan mempengaruhi pemikiran dan tindakan mereka.

2. David Easton

Dalam pandangan David Easton, komunikasi politik adalah pertukaran pesan antara pemimpin politik dan publik, yang mencakup proses pemberian informasi dan pembuatan keputusan politik.

3. Denis McQuail

Denis McQuail mendefinisikan komunikasi politik sebagai proses pengiriman, penerimaan, dan interpretasi pesan politik antara pemimpin politik, partai politik, dan masyarakat umum.

4. Doris Graber

Dalam pandangan Doris Graber, komunikasi politik adalah proses interaksi antara para pemimpin politik dan masyarakat, yang melibatkan sejumlah besar pesan politik yang disampaikan melalui media massa dan komunikasi langsung.

5. Brian McNair

Brian McNair menjelaskan bahwa komunikasi politik melibatkan penyampaian, pertukaran, dan pemahaman pesan politik antara pemimpin politik, partai politik, dan masyarakat melalui berbagai saluran komunikasi.

6. Kathleen Hall Jamieson

Kathleen Hall Jamieson mengartikan komunikasi politik sebagai proses penyampaian pesan politik yang bertujuan untuk mempengaruhi, mempengaruhi, dan membentuk sikap dan perilaku politik masyarakat.

7. Dan Nimmo dan Keith Sanders

Menurut Dan Nimmo dan Keith Sanders, komunikasi politik adalah proses penyampaian pesan politik yang melibatkan strategi komunikasi untuk mempengaruhi persepsi dan sikap publik terhadap politik dan pemimpin politik.

8. Murray Edelman

Dalam pandangan Murray Edelman, komunikasi politik adalah penggunaan lambang-lambang politik untuk mempengaruhi persepsi masyarakat terhadap realitas politik.

9. Michael W. MacKuen

Michael W. MacKuen berpendapat bahwa komunikasi politik adalah proses pertukaran informasi politik antara pemimpin politik dan masyarakat yang bertujuan untuk membentuk dan mempengaruhi sikap dan perilaku politik masyarakat.

10. Elmer L. Struening

Dalam pandangan Elmer L. Struening, komunikasi politik adalah proses komunikasi yang terjadi antara pemimpin politik dan masyarakat, termasuk proses penyampaian pesan politik, penerimaan pesan politik, dan pengaruh pesan politik terhadap tindakan politik masyarakat.

Baca juga:  Proses Menurut Para Ahli: Mengupas Definisi Secara Santai

Kelebihan Definisi Komunikasi Politik

Berikut ini adalah 4 kelebihan dari definisi komunikasi politik menurut para ahli:

1. Menggambarkan Pentingnya Pesan Politik

Definisi-definisi komunikasi politik ini menggambarkan betapa pentingnya pesan politik dalam dunia politik. Pesan politik memiliki tujuan untuk mempengaruhi sikap dan perilaku politik masyarakat, sehingga pemimpin politik harus mampu menyampaikan pesan-pesan politik mereka dengan efektif.

2. Memahami Interaksi antara Pemimpin Politik dan Masyarakat

Dengan mendefinisikan komunikasi politik sebagai proses interaksi antara pemimpin politik dan masyarakat, kita dapat memahami bagaimana pemimpin politik berkomunikasi dengan masyarakat dan bagaimana pesan-pesan politik dipahami dan digunakan oleh masyarakat.

3. Menekankan Peran Media Massa

Beberapa definisi komunikasi politik menekankan peran media massa dalam menyampaikan pesan politik kepada masyarakat. Hal ini memperlihatkan betapa media massa memiliki peran yang penting dalam membentuk persepsi dan sikap politik masyarakat.

4. Memperhatikan Konteks Politik

Definisi-definisi komunikasi politik ini juga memperhatikan konteks politik dalam proses komunikasi politik. Pesan-pesan politik dikirimkan dan diterima dalam konteks politik tertentu yang dapat mempengaruhi penerimaan dan interpretasi pesan politik tersebut.

Kekurangan Definisi Komunikasi Politik

Berikut ini adalah 4 kekurangan dari definisi komunikasi politik menurut para ahli:

1. Tidak Menjelaskan Kompleksitas Komunikasi Politik

Definisi-definisi komunikasi politik ini tidak sepenuhnya menjelaskan kompleksitas komunikasi politik. Komunikasi politik melibatkan berbagai elemen seperti pesan, saluran komunikasi, penerimaan pesan, dan interpretasi pesan yang dapat mempengaruhi sikap dan perilaku politik masyarakat.

2. Latar Belakang Ahli yang Berbeda

Ahli politik dan komunikasi politik memiliki latar belakang yang berbeda-beda, sehingga definisi-definisi yang mereka buat juga memiliki perbedaan. Hal ini dapat menyebabkan variasi pengertian komunikasi politik yang membuatnya sulit untuk didefinisikan secara sempurna.

3. Fokus Terlalu pada Pemimpin Politik

Banyak definisi komunikasi politik yang terlalu fokus pada peran pemimpin politik dalam komunikasi politik. Padahal, komunikasi politik melibatkan interaksi dua arah antara pemimpin politik dan masyarakat, sehingga seharusnya fokus bukan hanya pada pemimpin politik.

Baca juga:  Pengertian Psikologi Belajar dan Implikasinya dalam Pendidikan Modern

4. Tidak Memperhitungkan Konteks Budaya

Beberapa definisi komunikasi politik tidak memperhitungkan konteks budaya masyarakat dalam proses komunikasi politik. Konteks budaya dapat mempengaruhi pemahaman dan interpretasi pesan politik oleh masyarakat.

FAQ tentang Definisi Komunikasi Politik

1. Mengapa komunikasi politik penting dalam dunia politik?

Komunikasi politik penting dalam dunia politik karena melalui komunikasi politik, pesan-pesan politik dapat disampaikan dengan efektif kepada masyarakat dan pemilih. Hal ini dapat mempengaruhi sikap dan perilaku politik masyarakat.

2. Apa peran media massa dalam komunikasi politik?

Media massa memainkan peran penting dalam komunikasi politik karena melalui media massa, pesan-pesan politik dapat disampaikan kepada masyarakat dengan cepat dan luas. Media massa juga dapat membentuk persepsi dan sikap politik masyarakat.

3. Apa yang membedakan komunikasi politik dengan komunikasi lainnya?

Yang membedakan komunikasi politik dengan komunikasi lainnya adalah adanya pesan politik yang disampaikan oleh pemimpin politik kepada masyarakat dengan tujuan mempengaruhi sikap dan perilaku politik masyarakat.

4. Bagaimana konteks politik mempengaruhi komunikasi politik?

Konteks politik dapat mempengaruhi komunikasi politik dengan cara mempengaruhi penerimaan dan interpretasi pesan politik oleh masyarakat. Konteks politik juga dapat mempengaruhi saluran komunikasi yang digunakan oleh pemimpin politik.

Kesimpulan

Komunikasi politik merupakan proses penyampaian pesan politik dari pemimpin politik kepada masyarakat dengan tujuan mempengaruhi sikap dan perilaku politik masyarakat. Pengertian komunikasi politik menurut para ahli memiliki kelebihan dalam menggambarkan pentingnya pesan politik, memahami interaksi antara pemimpin politik dan masyarakat, menekankan peran media massa, dan memperhatikan konteks politik. Namun, definisi-definisi ini juga memiliki kekurangan dalam menjelaskan kompleksitas komunikasi politik, variasi pengertian, fokus terlalu pada pemimpin politik, dan kurangnya perhatian terhadap konteks budaya. Komunikasi politik sangat penting dalam dunia politik karena melalui komunikasi politik, pesan-pesan politik dapat disampaikan dengan efektif kepada masyarakat dan pemilih.

Share:
Ahmad Fikri

Ahmad Fikri

Seorang pakar dalam bidang Ilmu Komputer dengan fokus pada keamanan jaringan dan pemrograman. Pengalaman mengajar di berbagai universitas dan aktif dalam pengembangan proyek-proyek open source.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *