Operation research, dalam bahasa Indonesia sering disebut dengan riset operasi, merupakan ilmu yang sangat penting dalam dunia bisnis dan manajemen. Para ahli mendefinisikan operation research sebagai gabungan antara matematika, statistik, dan teknik optimasi untuk memecahkan masalah kompleks dalam pengambilan keputusan. Menurut Peter Bell, operation research adalah “suatu pendekatan ilmiah untuk mengambil keputusan yang paling baik dalam kondisi yang tidak pasti.” Sementara itu, Douglas A. Davis menjelaskan bahwa operation research membantu dalam memahami struktur, meningkatkan efisiensi, dan merencanakan kebijakan yang optimal dalam organisasi. Dengan kata lain, operation research adalah seni untuk menyelami masalah dengan metode santai, menggunakan data dan analisis untuk memperoleh solusi yang terbaik.

Pengertian Definisi Operation Research Menurut Para Ahli

Operation Research adalah suatu metode yang digunakan untuk menyelesaikan masalah yang kompleks dalam berbagai bidang, termasuk manajemen, rekayasa, dan sistem. Metode ini melibatkan pengumpulan data, analisis, dan pengambilan keputusan yang berdasarkan pada pemodelan matematis dan statistik. Dalam ilmu operasi ini, terdapat beberapa definisi menurut para ahli yang dapat memberikan pemahaman yang lebih terperinci mengenai konsep ini.

1. Definisi Menurut Hillier dan Lieberman

Hillier dan Lieberman menyatakan bahwa Operation Research adalah studi ilmiah mengenai bagaimana membuat keputusan terbaik dalam situasi yang tidak pasti. Pendekatan ini memanfaatkan metode ilmiah dalam mengembangkan model matematis untuk mewakili situasi yang kompleks dan menghasilkan solusi yang optimal. Operation Research membantu memecahkan masalah yang melibatkan pengalokasian sumber daya terbatas dengan tujuan mencapai efisiensi dan kinerja tertinggi.

Baca juga:  Definisi Riset Pemasaran Menurut Para Ahli

2. Definisi Menurut Taha

Taha mendefinisikan Operation Research sebagai metode ilmiah yang membantu dalam membuat keputusan terbaik dalam kondisi yang kompleks, dengan memanfaatkan model matematis dan teknik kuantitatif. Pendekatan ini melibatkan identifikasi masalah, formulasi model matematis yang memenuhi tujuan dan batasan, serta menggunakan teknik operasi untuk menghasilkan solusi yang optimal. Operation Research digunakan dalam berbagai bidang, seperti manajemen bisnis, ilmu komputer, keuangan, dan logistik.

3. Definisi Menurut Winston

Menurut Winston, Operation Research adalah pendekatan analitis yang digunakan untuk memecahkan masalah-masalah yang kompleks. Metode ini melibatkan identifikasi masalah, pengembangan model matematis, serta penggunaan teknik operasi yang tepat untuk menghasilkan solusi yang optimal. Operation Research menyediakan kerangka kerja yang sistematis dalam menganalisis masalah dan mengambil keputusan yang efektif, baik dalam sektor bisnis maupun sektor publik.

4. Definisi Menurut Hamdy A. Taha

Menurut Hamdy A. Taha, Operation Research adalah suatu pendekatan yang sistematis untuk merancang, mengoperasikan, dan mengendalikan suatu sistem dalam mencapai tujuan tertentu. Metode dalam Operation Research mencakup analisis kuantitatif, pengembangan model matematis, dan penggunaan teknik operasi. Pendekatan ini memungkinkan pengambilan keputusan yang lebih baik dan mengoptimalkan penggunaan sumber daya yang ada.

10 Pengertian Menurut Ahli Definisi Operation Research

1. John E. Dunn

Menurut John E. Dunn, Operation Research adalah penerapan metode ilmiah dan prinsip pengambilan keputusan yang sistematis untuk memecahkan masalah yang kompleks.

2. A. Ravindran, D. T. Phillips, dan J. J. Solberg

Menurut Ravindran, Phillips, dan Solberg, Operation Research adalah pendekatan sistematis yang mengintegrasikan teknik matematis dan statistik dalam pengambilan keputusan untuk memecahkan masalah dan meningkatkan efisiensi dalam berbagai situasi.

3. Frederick S. Hillier dan Gerald J. Lieberman

Hillier dan Lieberman menyatakan bahwa Operation Research adalah pendekatan ilmiah untuk memecahkan masalah yang kompleks dengan mengembangkan model yang matematis dan menghasilkan solusi yang optimal.

4. F. S. Klein dan G. J. Zimmerman

Menurut Klein dan Zimmerman, Operation Research adalah sebuah sistem yang terdiri dari sekelompok manusia, peralatan, prosedur, dan sumber daya lainnya yang berfungsi secara terintegrasi untuk mencapai tujuan yang spesifik dengan menggunakan metode ilmiah.

Baca juga:  Plato dan Pandangan Uniknya tentang Cinta

5. Richard Heierding

Menurut Richard Heierding, Operation Research adalah sebuah metode ilmiah yang berfokus pada pemodelan matematis dan optimisasi dalam mengambil keputusan yang berkaitan dengan perencanaan dan pengendalian sumber daya.

6. S.H. Wilson

Menurut S.H. Wilson, Operation Research adalah suatu metode ilmiah yang menerapkan pendekatan kuantitatif dalam mengambil keputusan yang berkaitan dengan efisiensi dan efektivitas operasional dari suatu organisasi.

7. Theodore V. Baldowski

Theodore V. Baldowski mendefinisikan Operation Research sebagai suatu kegiatan yang meliputi rekayasa sistem, perancangan eksperimen, metode matematis, dan keputusan yang didasarkan pada pemodelan matematis.

8. Frank H. Cole

Menurut Frank H. Cole, Operation Research adalah penggunaan metode ilmiah yang sistematis dalam melakukan penelitian dan pengembangan untuk memecahkan masalah yang kompleks dalam berbagai bidang.

9. Ronald L. Rardin

Ronald L. Rardin mendefinisikan Operation Research sebagai disiplin dalam mengembangkan model matematis untuk menganalisis berbagai sistem dan pengambilan keputusan yang ingin mengoptimalkan kinerja sistem tersebut.

10. Ashok Ranchhod

Ashok Ranchhod menyatakan bahwa Operation Research adalah suatu bidang yang berkaitan dengan menggunakan metode ilmiah dan pendekatan analitis dalam mendesain dan mengoptimalkan sistem yang kompleks.

Kelebihan Definisi Operation Research Menurut Para Ahli

1. Sistematis

Operation Research memiliki pendekatan yang sistematis dalam merancang, mengoperasikan, dan mengendalikan suatu sistem. Pendekatan ini memungkinkan untuk mengidentifikasi masalah dengan lebih baik dan menghasilkan solusi yang optimal.

2. Menggunakan Metode Ilmiah

Operation Research mengadopsi metode ilmiah dalam menganalisis masalah dan mengambil keputusan. Pendekatan ini melibatkan pengumpulan data, analisis, dan penggunaan model matematis untuk membantu dalam pengambilan keputusan yang lebih baik.

3. Meningkatkan Efisiensi

Operation Research dapat membantu meningkatkan efisiensi dalam berbagai bidang, termasuk manajemen bisnis, rekayasa, dan sistem. Pendekatan ini memungkinkan penggunaan sumber daya yang ada secara optimal dan mengurangi pemborosan.

4. Menghasilkan Solusi Optimal

Dengan menggunakan teknik operasi dan model matematis, Operation Research dapat menghasilkan solusi yang optimal untuk masalah yang kompleks. Pendekatan ini memungkinkan pengambilan keputusan yang lebih baik dan dapat mengoptimalkan kinerja suatu sistem.

Kekurangan Definisi Operation Research Menurut Para Ahli

1. Kompleksitas

Operation Research melibatkan analisis matematis dan statistik yang kompleks. Penggunaan model dan teknik operasi dapat sulit dipahami bagi beberapa orang yang tidak terbiasa dengan konsep tersebut.

2. Terbatasnya Data

Pada beberapa kasus, terkadang sulit untuk mengumpulkan data yang cukup untuk melakukan analisis Operation Research. Jika data yang diperlukan tidak lengkap atau tidak akurat, hasil yang diperoleh mungkin tidak valid.

Baca juga:  Seperti Apa Definisi Drama Menurut Para Ahli?

3. Interpretasi yang Berbeda

Interpretasi terhadap hasil analisis dan model yang dihasilkan dalam Operation Research bisa berbeda antara individu yang berbeda. Hal ini dapat menyebabkan perbedaan pendapat saat mengambil keputusan.

4. Ketergantungan pada Model

Operation Research sangat bergantung pada model matematis yang digunakan. Jika model tersebut tidak memadai atau tidak mewakili situasi yang sebenarnya, maka hasil yang diperoleh mungkin tidak akurat atau tidak sesuai dengan kondisi yang sebenarnya.

FAQ Definisi Operation Research Menurut Para Ahli

1. Apa itu Operation Research?

Operation Research merupakan sebuah metode yang digunakan untuk menyelesaikan masalah yang kompleks dengan memanfaatkan pendekatan ilmiah, pengumpulan data, analisis, dan pengambilan keputusan berdasarkan pada pemodelan matematis dan statistik.

2. Bagaimana Operation Research membantu dalam pengambilan keputusan?

Operation Research membantu dalam pengambilan keputusan dengan menyediakan metode dan teknik untuk menganalisis masalah, mengembangkan model matematis yang memenuhi tujuan dan batasan, serta menghasilkan solusi yang optimal.

3. Apa kelebihan menggunakan Operation Research dalam pengambilan keputusan?

Beberapa kelebihan menggunakan Operation Research dalam pengambilan keputusan antara lain sistematis, menggunakan metode ilmiah, meningkatkan efisiensi, dan menghasilkan solusi optimal.

4. Apa kelemahan menggunakan Operation Research dalam pengambilan keputusan?

Beberapa kelemahan menggunakan Operation Research dalam pengambilan keputusan antara lain kompleksitas, terbatasnya data, interpretasi yang berbeda, dan ketergantungan pada model matematis.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, telah dijelaskan tentang pengertian definisi Operation Research menurut para ahli. Operation Research adalah suatu metode yang digunakan untuk menyelesaikan masalah yang kompleks dengan menggunakan pendekatan ilmiah, pengumpulan data, analisis, dan pengambilan keputusan yang berdasarkan pada pemodelan matematis dan statistik.

Pengertian tersebut juga didukung oleh definisi dari 10 ahli terkemuka, seperti Hillier dan Lieberman, Taha, Winston, dan lainnya. Terdapat kelebihan dalam menggunakan Operation Research, yaitu sistematis, menggunakan metode ilmiah, meningkatkan efisiensi, dan menghasilkan solusi optimal. Namun, terdapat pula beberapa kekurangan, seperti kompleksitas, terbatasnya data, interpretasi yang berbeda, dan ketergantungan pada model matematis.

Bagi mereka yang masih memiliki pertanyaan mengenai definisi Operation Research, terdapat 4 FAQ yang menjawab pertanyaan umum yang sering muncul. Dengan pemahaman yang lebih baik mengenai Operation Research, diharapkan pembaca dapat membuat keputusan yang lebih baik dalam mengatasi masalah yang kompleks dalam berbagai bidang.

Share:
Ahmad Fikri

Ahmad Fikri

Seorang pakar dalam bidang Ilmu Komputer dengan fokus pada keamanan jaringan dan pemrograman. Pengalaman mengajar di berbagai universitas dan aktif dalam pengembangan proyek-proyek open source.

Leave a Reply