Pariwisata merupakan aktivitas yang menggiurkan bagi banyak orang. Menurut pakar pariwisata, pariwisata adalah semua kegiatan yang dilakukan seseorang ketika dia bepergian ke suatu tempat yang berbeda dari lingkungan sehari-harinya dan tinggal di sana untuk jangka waktu tertentu.

Pengertian Definisi Pariwisata

Pariwisata merupakan salah satu sektor penting dalam industri perjalanan dan kenyamanan pada suatu daerah yang memiliki potensi daya tarik wisata. Menurut definisi, pariwisata merupakan segala kegiatan yang dilakukan oleh individu atau kelompok dalam perjalanan dan menginap di suatu tempat yang berada di luar lingkungan mereka yang biasanya pada maksud minat rekreasi, bisnis, dan pekerjaan. Pariwisata juga mencakup kegiatan yang meliputi transportasi, akomodasi, makanan dan minuman, kebudayaan, hiburan, dan kegiatan lainnya yang terkait dengan tujuan wisata.

Pengertian Pariwisata Menurut Ahli

1. E.M. Hornby

E.M. Hornby, seorang ahli pariwisata terkemuka, mendefinisikan pariwisata sebagai perjalanan manusia untuk tujuan rekreasi, bisnis, atau pekerjaan yang meliputi tinggal di tempat yang berbeda.

2. Richard Sharpley

Menurut Richard Sharpley, pariwisata adalah fenomena sosial yang melibatkan perjalanan yang relatif jauh serta membawa dampak ekonomi, sosial, dan lingkungan pada tujuan wisata.

3. A.L. Olivier

A.L. Olivier mendefinisikan pariwisata sebagai perjalanan yang diorganisasikan yang melibatkan tinggal di tempat yang bukan tempat tinggal tetap, dengan tujuan rekreasi, bisnis, atau pekerjaan.

Baca juga:  Anak Menurut Psikologi: Kepribadian yang Perlu Dipahami

4. Jafar Jafari

Menurut Jafar Jafari, pariwisata adalah setiap perjalanan yang dilakukan oleh individu dengan alasan selain berada di lokasi tersebut. Tujuan dari perjalanan tersebut dapat mencakup rekreasi, rekreasi dan hiburan, bisnis, pendidikan, kesehatan, dan agama.

5. John Tribe

John Tribe mendefinisikan pariwisata sebagai perjalanan sementara dan tidak permanen oleh individu atau kelompok ke suatu tujuan di luar lingkungan mereka yang biasa, untuk relaksasi dan tidur pada tujuan tersebut.

6. George T.Josiah

Menurut George T.Josiah, pariwisata adalah perjalanan jauh yang melibatkan perpindahan fisik antara wilayah keberangkatan dan wilayah tujuan, dengan tujuan utama untuk rekreasi dan pendidikan.

7. Robert McIntosh

Robert McIntosh mendefinisikan pariwisata sebagai perjalanan sementara atau pendiaman yang disertai dengan pengeluaran untuk tujuan rekreasi, perjalanan bisnis, dan kunjungan berulang dalam jangka waktu tertentu.

8. Valene Smith

Valene Smith mengatakan bahwa pariwisata adalah setiap perjalanan yang melibatkan tinggal di tempat selain tempat tinggal biasa minimal selama satu malam, dengan tujuan rekreasi, bisnis, atau pekerjaan.

9. David J.Telfer

Menurut David J.Telfer, pariwisata adalah perjalanan yang termasuk tinggal yang melibatkan kunjungan ke tempat-tempat yang berbeda dari perjalanan sehari-hari dan tempat tinggal rutin untuk tujuan yang berhubungan dengan rekreasi, bisnis, pendidikan, kesehatan, atau agama.

10. Peter Robinson

Peter Robinson mendefinisikan pariwisata sebagai perjalanan jauh atau pendek yang melibatkan perpindahan fisik dan tujuan perjalanan adalah untuk kepuasan atau pengalaman rekreasi.

Kelebihan Definisi Pariwisata

1. Mengarahkan pengembangan pariwisata: Definisi pariwisata yang terperinci dan lengkap membantu dalam mengarahkan pengembangan dan pengelolaan sektor pariwisata. Dengan memahami konsep dan ruang lingkup pariwisata, dapat diambil langkah-langkah yang efektif untuk meningkatkan potensi wisata suatu daerah.

Baca juga:  Apa Itu Biografi? Para Ahli Memberikan Definisinya

2. Memudahkan pengambilan keputusan: Definisi yang jelas tentang pariwisata membantu para pengambil keputusan dalam memahami karakteristik utama dan aspek pentingnya. Hal ini membantu dalam mengembangkan strategi, kebijakan, dan program yang efektif untuk pengembangan pariwisata yang berkelanjutan.

3. Memperkaya pemahaman tentang peran pariwisata: Definisi pariwisata yang komprehensif membantu dalam memperkaya pemahaman kita tentang peran penting yang dimainkan oleh sektor pariwisata dalam perekonomian, pelestarian lingkungan, dan pelestarian budaya. Ini memberikan gambaran yang lebih luas tentang manfaat yang dapat diperoleh dari pariwisata.

4. Mengukur dampak pariwisata: Definisi yang jelas tentang pariwisata memungkinkan pengukuran yang efektif tentang dampak pariwisata pada berbagai aspek, termasuk ekonomi, sosial, dan lingkungan. Hal ini memungkinkan evaluasi yang akurat tentang keberhasilan atau kegagalan proyek pariwisata serta perlunya tindakan perbaikan.

Kekurangan Definisi Pariwisata

1. Tidak memperhitungkan aspek budaya: Beberapa definisi pariwisata kurang memperhitungkan aspek budaya dan hanya berfokus pada aspek ekonomi dan lingkungan. Hal ini dapat menyebabkan ketidaktercapaian tujuan dalam pelestarian budaya setempat.

2. Tidak memperhitungkan aspek sosial: Beberapa definisi juga kurang memperhitungkan aspek sosial dalam pariwisata. Ini dapat mengabaikan dampak sosial yang signifikan yang dapat ditimbulkan oleh aktivitas pariwisata, seperti konflik antara wisatawan dan komunitas lokal.

3. Kurangnya kemampuan untuk mengantisipasi perubahan: Beberapa definisi yang digunakan saat ini belum mempertimbangkan perubahan yang terjadi dalam sektor pariwisata. Dengan perkembangan baru dalam teknologi dan tren perjalanan, definisi perlu diperbarui untuk mencerminkan realitas saat ini dan masa depan.

4. Kurangnya keseragaman dan konsistensi: Banyak definisi yang berbeda-beda yang digunakan oleh para ahli pariwisata, yang menghasilkan kurangnya keseragaman dan konsistensi dalam pemahaman tentang pariwisata. Hal ini dapat menyebabkan kesulitan dalam komunikasi dan kerjasama antara berbagai pemangku kepentingan dalam industri pariwisata.

Baca juga:  Definisi Terjemahan Menurut Para Ahli

FAQ tentang Definisi Pariwisata

1. Apa yang dimaksud dengan pariwisata?

Pariwisata merupakan segala kegiatan yang dilakukan oleh individu atau kelompok dalam perjalanan dan menginap di suatu tempat yang berada di luar lingkungan mereka yang biasanya pada maksud minat rekreasi, bisnis, dan pekerjaan.

2. Apa saja jenis pariwisata yang ada?

Jenis-jenis pariwisata yang ada antara lain pariwisata budaya, pariwisata alam, pariwisata sejarah, pariwisata religi, dan pariwisata petualangan.

3. Apa manfaat pariwisata bagi ekonomi suatu daerah?

Pariwisata dapat memberikan manfaat ekonomi yang signifikan, seperti peningkatan jumlah kunjungan wisatawan, pertumbuhan lapangan kerja di sektor pariwisata, dan peningkatan pendapatan bagi perusahaan dan pemerintah daerah.

4. Apa saja kendala dalam pengembangan pariwisata?

Kendala dalam pengembangan pariwisata antara lain kurangnya infrastruktur yang memadai, masalah keamanan dan ketertiban, kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya pelestarian lingkungan dan budaya, serta perubahan iklim yang dapat mempengaruhi daya tarik wisata suatu daerah.

Kesimpulan

Pariwisata merupakan sektor penting dalam industri perjalanan dan kenyamanan di suatu daerah. Definisi pariwisata yang terperinci dan lengkap membantu untuk mengarahkan pengembangan pariwisata, memudahkan pengambilan keputusan, memperkaya pemahaman tentang peran pariwisata, dan mengukur dampak pariwisata. Namun, definisi pariwisata juga memiliki kekurangan seperti kurang memperhitungkan aspek budaya dan sosial, kurangnya kemampuan untuk mengantisipasi perubahan, dan kurangnya keseragaman dan konsistensi. Dalam pengembangan pariwisata, juga terdapat kendala seperti kurangnya infrastruktur yang memadai dan masalah keamanan dan ketertiban. Dengan meningkatnya kesadaran akan potensi dan manfaat pariwisata, penting bagi semua pihak terkait untuk bekerja sama dalam mengembangkan pariwisata yang berkelanjutan.

Share:
Ahmad Fikri

Ahmad Fikri

Seorang pakar dalam bidang Ilmu Komputer dengan fokus pada keamanan jaringan dan pemrograman. Pengalaman mengajar di berbagai universitas dan aktif dalam pengembangan proyek-proyek open source.

Leave a Reply