Philip Kotler, seorang ahli pemasaran ternama di dunia bisnis, dikenal dengan kontribusinya yang besar dalam memahami konsep pemasaran. Menurut Kotler, pemasaran merupakan serangkaian aktivitas yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen melalui penyediaan produk atau jasa yang berkualitas. Dengan pendekatan customer-centric, pemasaran menurut Kotler tidak hanya sebatas menjual produk, namun juga menciptakan nilai tambah bagi pelanggan. Konsep ini menjadi dasar yang penting dalam strategi pemasaran perusahaan untuk meningkatkan loyalitas konsumen dan mencapai kesuksesan bisnis.

Pengertian Pemasaran menurut Philip Porter

Pemasaran adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan atau organisasi untuk menjual produk atau jasa kepada konsumen. Menurut Philip Porter, pemasaran adalah proses perencanaan dan pelaksanaan konsepsi, penetapan harga, promosi, dan distribusi gagasan, barang, dan jasa yang memuaskan pertukaran dan memuaskan tujuan perorangan dan organisasi.

10 Pengertian Menurut Ahli Terkemuka tentang Pemasaran menurut Philip Porter

Pengertian 1

Menurut Philip Kotler, pemasaran adalah proses sosial yang memfasilitasi individu dan kelompok untuk mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan melalui penciptaan, penawaran, dan pertukaran produk atau nilai dengan orang lain.

Baca juga:  Definisi Bencana Menurut Para Ahli

Pengertian 2

Menurut Theodore Levitt, pemasaran adalah pengembangan penawaran yang menguntungkan, penciptaan kebutuhan atas keinginan, dan pemuasan keinginan melalui penawaran.

Pengertian 3

Menurut Peter Drucker, pemasaran adalah suatu bisnis yang diraih dari pemahaman pelanggan dan melaksanakan semua proses yang berfokus pada pelanggan, mulai dari penentuan nilai, penciptaan penawaran, komunikasi, dan pengiriman nilai yang diminta oleh pelanggan.

Pengertian 4

Menurut Philip Kotler, Gary Armstrong, dan Veronica Wong, pemasaran adalah proses perencanaan dan pelaksanaan konsepsi, penetapan harga, promosi, dan distribusi gagasan, barang, dan jasa yang memuaskan pertukaran dan memuaskan tujuan perorangan dan organisasi.

Pengertian 5

Menurut Stanton, Etzel, dan Walker, pemasaran adalah sistem keseluruhan dari kegiatan bisnis yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan, dan mendistribusikan produk kepada konsumen dan pemasaran organisasi, dan untuk menghasilkan keuntungan.

Pengertian 6

Menurut Kotler dan Amstrong, pemasaran adalah aktivitas manusia yang dilakukan secara individual dan kolektif untuk memudahkan dan menyelesaikan pertukaran.

Pengertian 7

Menurut William J. Stanton, pemasaran adalah suatu sistem total dari kegiatan bisnis yang dirancang untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan, dan mendistribusikan barang-barang yang dapat ditukar nilai, untuk membina hubungan pertukaran yang memuaskan kebutuhan individu dan organisasi.

Pengertian 8

Menurut Dave Nelson, pemasaran adalah suatu sistem keseluruhan yang dirancang untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan, dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat ditukar sehingga dapat menciptakan pertukaran yang diinginkan dengan pasar sasaran, dengan harapan dapat mencapai tujuan organisasi.

Pengertian 9

Menurut Adcock, Halborg, Ross, and Teasdale, pemasaran adalah suatu konsep bisnis yang menandai pengelolaan hubungan perusahaan dengan stakeholder yang berhubungan dengan pertukaran dan menciptakan nilai.

Pengertian 10

Menurut William D. Perreault Jr., Joseph P. Cannon, and E. Jerome McCarthy, pemasaran adalah proses sosial dan manajerial yang individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka inginkan dan butuhkan melalui menciptakan, memenuhi, dan menukarkan penawaran yang bernilai dengan orang lain.

Baca juga:  Pengertian Media Pembelajaran Interaktif: Terobosan Pendidikan Abad Ini

4 Kelebihan Definisi Pemasaran menurut Philip Porter

Kelebihan 1

Definisi pemasaran menurut Philip Porter memberikan pemahaman yang lengkap tentang proses pemasaran secara keseluruhan, mulai dari perencanaan, penetapan harga, promosi, dan distribusi.

Kelebihan 2

Definisi ini juga menekankan pentingnya memuaskan pertukaran dan memenuhi tujuan baik pada tingkat perorangan maupun organisasi dalam konteks pemasaran.

Kelebihan 3

Definisi pemasaran menurut Philip Porter juga mencakup aspek pemasaran jasa dan gagasan, sehingga memberikan gambaran yang lebih luas tentang jenis produk dan nilai yang dapat dipasarkan.

Kelebihan 4

Penjelasan terperinci dalam definisi ini membantu para praktisi pemasaran dan pelaku bisnis dalam merencanakan strategi pemasaran yang efektif dan efisien.

4 Kekurangan Definisi Pemasaran menurut Philip Porter

Kekurangan 1

Definisi ini lebih berorientasi pada aspek bisnis dan keuntungan, sehingga cenderung mengabaikan faktor sosial dan lingkungan dalam pemasaran.

Kekurangan 2

Tidak mempertimbangkan peran teknologi dan inovasi dalam proses pemasaran, yang dapat menjadi faktor penting dalam mencapai keberhasilan pemasaran.

Kekurangan 3

Tidak memberikan penekanan yang cukup pada pentingnya riset pasar dan analisis konsumen dalam pengambilan keputusan pemasaran yang akurat.

Kekurangan 4

Definisi ini tidak memasukkan elemen persaingan yang kuat dalam pemasaran, yang merupakan aspek penting dalam strategi pemasaran yang berhasil.

4 Pertanyaan Umum tentang Definisi Pemasaran menurut Philip Porter

Pertanyaan 1: Apa yang dimaksud dengan konsepsi dalam pemasaran menurut Philip Porter?

Konsepsi dalam pemasaran menurut Philip Porter adalah proses perencanaan dan pelaksanaan strategi pemasaran yang meliputi penentuan nilai, penciptaan penawaran, komunikasi, dan pengiriman nilai yang diminta oleh pelanggan.

Pertanyaan 2: Apa yang dimaksud dengan gagasan dalam pemasaran menurut Philip Porter?

Gagasan dalam pemasaran menurut Philip Porter mencakup produk yang tidak berwujud seperti ide, layanan, dan pengetahuan yang dapat dipasarkan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan.

Baca juga:  Definisi Televisi Menurut Para Ahli

Pertanyaan 3: Apa yang dimaksud dengan promosi dalam pemasaran menurut Philip Porter?

Promosi dalam pemasaran menurut Philip Porter adalah kegiatan yang dilakukan untuk mengkomunikasikan nilai produk atau jasa kepada target pasar melalui berbagai metode seperti iklan, penjualan langsung, publisitas, dan promosi penjualan.

Pertanyaan 4: Apa yang dimaksud dengan distribusi dalam pemasaran menurut Philip Porter?

Distribusi dalam pemasaran menurut Philip Porter adalah proses mengantarkan produk atau jasa kepada pelanggan yang melibatkan perencanaan, pengadaan, pengangkutan, dan penyimpanan produk.

Kesimpulannya, pemasaran menurut Philip Porter adalah proses perencanaan dan pelaksanaan konsepsi, penetapan harga, promosi, dan distribusi gagasan, barang, dan jasa yang memuaskan pertukaran dan memuaskan tujuan perorangan dan organisasi. Definisi ini memberikan pemahaman yang lengkap tentang pemasaran dan berbagai aspek yang terkait. Meskipun demikian, terdapat beberapa kekurangan dalam definisi ini, seperti ketidaktertarikan pada faktor sosial dan lingkungan, serta kurangnya penekanan pada riset pasar dan persaingan. Namun, dengan memahami definisi ini, para praktisi pemasaran dapat merencanakan strategi yang lebih efektif untuk mencapai tujuan mereka.

Share:
Ahmad Fikri

Ahmad Fikri

Seorang pakar dalam bidang Ilmu Komputer dengan fokus pada keamanan jaringan dan pemrograman. Pengalaman mengajar di berbagai universitas dan aktif dalam pengembangan proyek-proyek open source.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *