Para ahli sepakat bahwa pengambilan keputusan adalah suatu proses yang tak bisa dihindari dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini merupakan bagian penting dalam setiap aspek kehidupan, mulai dari memilih menu makan malam hingga keputusan besar dalam karir. Menurut para ahli psikologi, pengambilan keputusan melibatkan proses kognitif kompleks yang dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti nilai-nilai personal, pengetahuan, pengalaman, dan emosi. Dalam situasi yang kompleks, seringkali kita harus melakukan evaluasi terhadap berbagai pilihan yang tersedia sebelum akhirnya membuat keputusan yang tepat. Sebagai manusia, kita seringkali terjebak dalam paradoks analisis berlebihan atau keputusan impulsif. Namun, dengan kesadaran diri yang baik serta kemampuan untuk mengendalikan emosi, proses pengambilan keputusan dapat dilakukan dengan lebih efektif. Dengan demikian, penting bagi kita untuk terus belajar dan mengasah kemampuan pengambilan keputusan agar dapat meraih hasil yang optimal dalam kehidupan kita.

Pengertian Pengambilan Keputusan Menurut Para Ahli

Pengambilan keputusan adalah suatu proses yang dilakukan oleh individu atau kelompok dalam memilih alternatif tindakan yang dianggap paling optimal dari beberapa alternatif yang ada.

Baca juga:  Definisi Cinta Menurut Psikologi: Mengungkap Misteri Perasaan yang Membuat Hati Berdebar

Para ahli telah memberikan pengertian dan definisi mengenai pengambilan keputusan dengan berbagai sudut pandang dan pendekatan. Berikut adalah sepuluh pengertian pengambilan keputusan menurut para ahli.

1. Robert H. Farquhar

Menurut Robert H. Farquhar, pengambilan keputusan adalah proses mental yang termasuk mengetahui, memilih, dan mengevaluasi satu atau beberapa alternatif yang tersedia.

2. Richard M. Steers dan Lyman W. Porter

Menurut Richard M. Steers dan Lyman W. Porter, pengambilan keputusan adalah serangkaian kegiatan yang terdiri dari memeriksa situasi yang ada, menentukan tujuan, mengidentifikasi alternatif, mengevaluasi alternatif, memilih alternatif, dan menerapkan alternatif yang terpilih.

3. Peter Drucker

Peter Drucker menyatakan bahwa pengambilan keputusan adalah proses memilih suatu tindakan yang dianggap paling memungkinkan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

4. Herbert A. Simon

Menurut Herbert A. Simon, pengambilan keputusan adalah proses merumuskan dan memilih tindakan yang dianggap paling dapat mempengaruhi pengaruh lingkungan.

5. James Stoner dan R. Edward Freeman

James Stoner dan R. Edward Freeman mendefinisikan pengambilan keputusan sebagai suatu proses dalam pemecahan masalah yang melibatkan proses memilih tindakan terbaik dari beberapa alternatif yang ada.

6. Chelliah Sriskandarajah

Menurut Chelliah Sriskandarajah, pengambilan keputusan adalah proses memilih tindakan dari beberapa alternatif yang mungkin untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

7. William G. Scott dan Gerald L. Davis

William G. Scott dan Gerald L. Davis menyatakan bahwa pengambilan keputusan adalah proses berpikir yang melibatkan evaluasi alternatif dan pembuatan keputusan berdasarkan evaluasi ini.

8. George Terry

Mengutip George Terry, pengambilan keputusan adalah proses memilih di antara beberapa alternatif yang tersedia dengan melakukan pertimbangan mengenai konsekuensi dari masing-masing alternatif tersebut.

Baca juga:  Menelusuri Konsep Brand Loyalty Menurut Para Ahli

9. Harold Koontz dan Cyril O’Donnell

Harold Koontz dan Cyril O’Donnell mendefinisikan pengambilan keputusan sebagai serangkaian tindakan yang harus dilakukan oleh individu atau kelompok dalam memilih alternatif yang dianggap paling memadai dari segi efektivitas, efisiensi, dan penerimaan terhadap tujuan yang telah ditetapkan.

10. Edwar L. Bernays

Menurut Edwar L. Bernays, pengambilan keputusan adalah proses atau pengaruh yang meyakinkan setiap individu atau kelompok dalam memilih suatu tindakan atau keputusan yang diinginkan atau diharapkan.

Kelebihan Pengambilan Keputusan Menurut Para Ahli

1. Meningkatkan efisiensi

Pengambilan keputusan membantu meningkatkan efisiensi dalam organisasi karena keputusan yang tepat waktu dan tepat dapat menghindari pemborosan sumber daya dan memastikan penggunaan yang efektif.

2. Mendorong Pembelajaran

Pengambilan keputusan yang terstruktur dan terencana dapat mendorong proses pembelajaran di dalam organisasi. Dalam setiap keputusan, terdapat peluang untuk menganalisis hasil, merencanakan perbaikan, dan mengoptimalkan kinerja di masa depan.

3. Meningkatkan Kreativitas

Pengambilan keputusan yang melibatkan berbagai tingkatan dan pihak yang berbeda dapat menghasilkan solusi yang lebih kreatif dan inovatif. Diskusi dan pertukaran ide dapat merangsang pikiran kreatif dan memunculkan berbagai alternatif yang tidak terpikirkan sebelumnya.

4. Mengoptimalkan Keputusan Bisnis

Pengambilan keputusan yang berdasarkan data dan analisis yang akurat serta penggunaan metode dan alat bantu yang efektif dapat mengoptimalkan keputusan bisnis. Dalam dunia bisnis yang kompetitif, keputusan yang tepat dapat memberikan keunggulan kompetitif.

Kekurangan Pengambilan Keputusan Menurut Para Ahli

1. Waktu yang dibutuhkan

Pengambilan keputusan yang melibatkan berbagai tahapan dan proses dapat memakan waktu yang cukup lama, terutama jika masalah yang dihadapi kompleks atau berdampak luas. Hal ini dapat menghambat respons dan tindakan cepat yang mungkin diperlukan dalam beberapa situasi.

2. Resiko Kesalahan

Pada saat pengambilan keputusan, terdapat risiko bahwa keputusan yang diambil ternyata tidak tepat atau efektif. Kesalahan dalam pengambilan keputusan dapat berdampak negatif pada organisasi dan mengakibatkan kerugian finansial atau reputasi.

Baca juga:  Definisi Teknik Industri Menurut Institute of Industrial Engineering

3. Konflik dan Ketidaksetujuan

Pengambilan keputusan yang melibatkan banyak pihak atau kelompok dalam organisasi dapat menyebabkan terjadinya konflik dan ketidaksetujuan. Perbedaan pendapat dan kepentingan dapat menghambat proses pengambilan keputusan dan memperlambat implementasi tindakan yang diambil.

4. Tidak Adanya Informasi yang Lengkap

Dalam beberapa situasi, pengambilan keputusan dapat sulit karena tidak adanya informasi yang lengkap. Keputusan harus diambil dalam kondisi ketidakpastian dan risiko yang tinggi, sehingga dapat menyebabkan pengambilan keputusan yang kurang optimal atau berpotensi merugikan.

FAQ tentang Definisi Pengambilan Keputusan Menurut Para Ahli

1. Apa yang dimaksud dengan pengambilan keputusan?

Pengambilan keputusan adalah suatu proses yang dilakukan oleh individu atau kelompok dalam memilih alternatif tindakan yang dianggap paling optimal dari beberapa alternatif yang ada.

2. Mengapa pengambilan keputusan penting dalam organisasi?

Pengambilan keputusan penting dalam organisasi karena keputusan yang tepat dapat membantu mengoptimalkan kinerja, meningkatkan efisiensi, dan mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

3. Apa kelebihan pengambilan keputusan?

Kelebihan pengambilan keputusan antara lain meningkatkan efisiensi, mendorong pembelajaran, meningkatkan kreativitas, dan mengoptimalkan keputusan bisnis.

4. Apa kekurangan pengambilan keputusan?

Kekurangan pengambilan keputusan antara lain waktu yang dibutuhkan, risiko kesalahan, konflik, dan tidak adanya informasi yang lengkap.

Dalam kesimpulan, pengambilan keputusan merupakan proses penting yang dilakukan dalam organisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Terdapat berbagai definisi dan pengertian pengambilan keputusan menurut para ahli, namun intinya adalah memilih tindakan yang dianggap paling optimal dari beberapa alternatif yang ada. Pengambilan keputusan memiliki kelebihan dan kekurangan, namun dengan pemahaman yang baik dan penggunaan metode yang tepat, keputusan yang diambil dapat memberikan manfaat dan keuntungan bagi organisasi.

Share:
Ahmad Fikri

Ahmad Fikri

Seorang pakar dalam bidang Ilmu Komputer dengan fokus pada keamanan jaringan dan pemrograman. Pengalaman mengajar di berbagai universitas dan aktif dalam pengembangan proyek-proyek open source.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *