Psikologi komunikasi merupakan cabang ilmu psikologi yang membahas interaksi antara individu dalam proses komunikasi. Menurut para ahli, psikologi komunikasi adalah studi tentang bagaimana pesan-pesan disampaikan, diterima, dan diproses oleh pikiran dan emosi seseorang.

Ahli psikologi komunikasi, Gerald Miller, menyatakan bahwa psikologi komunikasi adalah penelitian tentang bagaimana individu membentuk persepsi mereka terhadap pesan-pesan yang disampaikan melalui komunikasi verbal dan nonverbal. Proses ini melibatkan pemahaman, interpretasi, dan respons terhadap informasi yang diterima.

Sementara itu, menurut Joseph Debrett, psikologi komunikasi adalah studi tentang bagaimana individu mengembangkan keterampilan komunikasi interpersonal untuk membangun hubungan yang sehat dan harmonis dengan orang lain. Hal ini meliputi kemampuan untuk mendengarkan, berbicara, dan memahami perasaan serta kebutuhan orang lain.

Dari dua definisi tersebut, dapat disimpulkan bahwa psikologi komunikasi merupakan kajian yang luas dan kompleks mengenai interaksi antara individu dalam proses komunikasi. Hal ini melibatkan pemahaman, interpretasi, dan pengelolaan pesan-pesan yang disampaikan agar dapat mencapai tujuan komunikasi yang diinginkan.

Pengertian Definisi Psikologi Komunikasi Menurut Para Ahli

Psikologi komunikasi adalah bidang studi yang mempelajari hubungan antara proses psikologi individu dengan fenomena komunikasi manusia. Definisi mengenai psikologi komunikasi memiliki berbagai pendekatan yang dikemukakan oleh para ahli. Dalam artikel ini, akan dijelaskan 10 pengertian menurut para ahli mengenai definisi psikologi komunikasi.

Baca juga:  Para Ahli: Definisi Bahan Ajar dalam Dunia Pendidikan

1. Albert Bandura

Menurut Albert Bandura, psikologi komunikasi adalah studi mengenai bagaimana pengaruh orang lain dalam melakukan komunikasi dapat mempengaruhi pola pikir, emosi, dan perilaku individu.

2. Wilbur Schramm

Wilbur Schramm menjelaskan bahwa psikologi komunikasi adalah cabang ilmu yang mempelajari pola pikir manusia dalam memperoleh, mengorganisasi, dan menginterpretasikan informasi melalui komunikasi.

3. Daniel Katz

Menurut Daniel Katz, psikologi komunikasi adalah studi mengenai proses psikologis yang terjadi di dalam diri seseorang saat berinteraksi mengenai informasi dan pesan yang diterima atau diberikan dalam komunikasi.

4. Harold Lasswell

Harold Lasswell mengemukakan bahwa psikologi komunikasi adalah studi mengenai bagaimana pesan dan informasi yang diterima oleh individu dapat mempengaruhi pola pikir, sikap, dan perilaku individu tersebut.

5. David Berlo

Dalam pandangan David Berlo, psikologi komunikasi adalah ilmu yang mempelajari peran proses komunikasi dalam membentuk pemahaman dan pengaruh antara individu dalam suatu interaksi sosial.

6. George Gerbner

George Gerbner mengungkapkan bahwa psikologi komunikasi adalah studi tentang bagaimana media komunikasi dapat membentuk persepsi, pemikiran, dan perilaku individu serta menghasilkan pemahaman kolektif dalam komunikasi massa.

7. Robert Krauss

Menurut Robert Krauss, psikologi komunikasi adalah cabang ilmu yang mempelajari bagaimana individu menghasilkan dan memahami pesan verbal serta nonverbal dalam komunikasi interpersonal.

8. Sandra Petronio

Sandra Petronio menjelaskan bahwa psikologi komunikasi adalah studi mengenai bagaimana individu berkomunikasi dengan mengelola privasi, kontrol informasi, dan membangun kepercayaan dalam interaksi sosial.

9. Irwin Altman

Irwin Altman menyatakan bahwa psikologi komunikasi adalah ilmu yang mempelajari hubungan antara lingkungan sosial dan proses komunikasi yang terjadi dalam kelompok sosial.

10. Joseph A. DeVito

Dalam pandangan Joseph A. DeVito, psikologi komunikasi adalah cabang ilmu yang mempelajari bagaimana individu memahami dan beradaptasi dengan informasi serta pesan yang diterima dalam hubungan interpersonal.

Baca juga:  Definisi Sistem Informasi Pemasaran Menurut Para Ahli

Kelebihan Definisi Psikologi Komunikasi

Berikut ini adalah 4 kelebihan dalam definisi psikologi komunikasi menurut para ahli:

1. Memahami Proses Psikologis Individu

Definisi psikologi komunikasi mengakomodasi pemahaman mengenai faktor-faktor psikologis yang memengaruhi individu saat berkomunikasi. Hal ini membantu dalam memahami bagaimana faktor-faktor tersebut mempengaruhi pola pikir, sikap, dan perilaku individu dalam berkomunikasi.

2. Menjelaskan Pengaruh Komunikasi terhadap Individu

Definisi psikologi komunikasi memberikan penjelasan mengenai bagaimana pesan dan informasi yang diterima atau diberikan melalui komunikasi dapat mempengaruhi pola pikir, emosi, dan perilaku individu. Dengan demikian, dapat memahami dampak pentingnya komunikasi dalam kehidupan sehari-hari.

3. Memahami Persepsi dan Pemahaman Komunikasi

Definisi psikologi komunikasi membantu memahami bagaimana individu mempersepsikan dan memahami pesan yang diterima dalam komunikasi. Hal ini memungkinkan untuk meningkatkan kualitas komunikasi dengan memahami cara menyampaikan pesan yang lebih efektif.

4. Memperkaya Pengetahuan dalam Interaksi Sosial

Dengan memahami definisi psikologi komunikasi, individu dapat memperkaya pengetahuan mengenai interaksi sosial. Hal ini dapat membantu dalam memahami perilaku, sikap, dan motivasi orang lain dalam berkomunikasi, sehingga tercipta hubungan yang lebih baik dan efektif.

Kekurangan Definisi Psikologi Komunikasi

Berikut ini adalah 4 kekurangan dalam definisi psikologi komunikasi menurut para ahli:

1. Tidak Membahas Konteks Budaya

Definisi psikologi komunikasi yang umumnya ditawarkan oleh para ahli tidak secara tegas membahas konteks budaya yang mempengaruhi komunikasi. Padahal, budaya memiliki peran yang signifikan dalam memengaruhi pola komunikasi serta penafsiran pesan antara individu.

2. Kurangnya Fokus pada Proses Komunikasi Organisasi

Definisi psikologi komunikasi cenderung lebih fokus pada komunikasi interpersonal daripada komunikasi organisasi. Komunikasi dalam konteks organisasi memiliki karakteristik dan dinamika yang berbeda, sehingga perlu beberapa penyesuaian dalam memahami psikologi komunikasi yang lebih komprehensif.

3. Minimnya Kajian Terhadap Media Komunikasi Modern

Definisi psikologi komunikasi sering kali tidak mempertimbangkan perkembangan media komunikasi modern. Padahal, media digital, sosial media, dan teknologi informasi telah mempengaruhi cara individu berkomunikasi dan memproses informasi.

Baca juga:  Zakat Menurut Para Ulama: Memahami Konsep Sederhana dengan Dampak Besar

4. Terbatasnya Penjelasan Mengenai Dampak Komunikasi

Definisi psikologi komunikasi yang ada cenderung terbatas dalam memberikan penjelasan mengenai dampak komunikasi terhadap individu dan masyarakat secara menyeluruh. Dalam konteks yang lebih luas, komunikasi memiliki peran yang lebih kompleks dan dapat mempengaruhi dinamika sosial, budaya, dan politik.

FAQ (Frequently Asked Questions) Mengenai Definisi Psikologi Komunikasi

1. Apa saja bidang studi yang terkait dengan psikologi komunikasi?

Bidang studi yang terkait dengan psikologi komunikasi meliputi komunikasi interpersonal, komunikasi organisasi, komunikasi massa, teori komunikasi, dan media komunikasi.

2. Mengapa psikologi komunikasi penting dalam kehidupan sehari-hari?

Psikologi komunikasi penting dalam kehidupan sehari-hari karena komunikasi merupakan fondasi dalam membentuk hubungan, memahami dan mempengaruhi orang lain, serta dapat meningkatkan keefektifan komunikasi dalam berbagai situasi.

3. Apa peran media komunikasi dalam psikologi komunikasi?

Media komunikasi memiliki peran penting dalam psikologi komunikasi karena media mempengaruhi cara individu memproses dan memahami pesan-pesan komunikasi, serta memiliki dampak yang signifikan terhadap persepsi dan interaksi sosial.

4. Bagaimana psikologi komunikasi dapat membantu dalam meningkatkan kualitas hubungan sosial dan interpersonal?

Dengan memahami psikologi komunikasi, individu dapat meningkatkan kualitas hubungan sosial dan interpersonal dengan memahami motivasi, kebutuhan, dan pola pikir orang lain. Hal ini dapat membantu dalam menghindari miskomunikasi, menyesuaikan gaya komunikasi, dan membangun kepercayaan dalam hubungan.

Dalam kesimpulan, psikologi komunikasi adalah bidang studi yang mempelajari hubungan antara proses psikologi individu dengan fenomena komunikasi manusia. Definisi psikologi komunikasi menurut para ahli mencakup pemahaman mengenai interaksi sosial, pengaruh komunikasi terhadap individu, pemahaman dan pengolahan informasi, serta peran media dalam komunikasi. Meskipun memiliki kelebihan dalam memahami proses psikologis individu dan pengaruh komunikasi, namun juga memiliki kekurangan dalam membahas aspek budaya, komunikasi organisasi, media komunikasi modern, dan dampak komunikasi secara menyeluruh. Dalam kehidupan sehari-hari, pemahaman mengenai psikologi komunikasi dapat membantu dalam meningkatkan kualitas hubungan sosial dan interpersonal, serta menjadi bekal dalam menghadapi dinamika komunikasi yang semakin kompleks.

Share:
Ryan Lesmono

Ryan Lesmono

Pengajar dan peneliti di bidang Ilmu Lingkungan dengan gelar Ph.D. dalam Ilmu Lingkungan. Memiliki minat khusus dalam keberlanjutan dan perubahan iklim serta aktif terlibat dalam proyek-proyek penelitian di lapangan.

Leave a Reply