Surat, siapa yang tak mengenalnya? Media komunikasi tertua yang masih tetap relevan hingga saat ini. Menurut para ahli, surat dapat didefinisikan sebagai tulisan yang dikirimkan dari satu pihak ke pihak lainnya dengan maksud untuk menyampaikan pesan, informasi, atau juga sebuah pernyataan. Dalam dunia modern ini, surat seringkali diidentikkan dengan email, namun sejarah mencatat bahwa surat pertama kali diciptakan sebagai sarana komunikasi tertulis jauh sebelum teknologi internet dikenal luas.

Menurut Prof. A yang merupakan pakar dalam bidang komunikasi, surat memiliki peran yang sangat penting dalam menghubungkan manusia satu dengan lainnya. Dengan surat, seseorang bisa mengungkapkan pikiran, perasaan, dan ide-ide mereka tanpa harus bertatap muka. Sehingga, surat dapat menjadi wadah yang aman bagi orang-orang untuk berekspresi.

Sementara itu, menurut Dr. B yang merupakan ahli sejarah, surat juga memiliki nilai historis yang sangat tinggi. Berbagai peristiwa penting dalam sejarah manusia telah tercatat dalam bentuk surat. Surat-surat tersebut menjadi saksi bisu dari perjalanan panjang peradaban manusia.

Jadi, dapat dikatakan bahwa surat bukan hanya sekadar kumpulan kata-kata, tetapi juga merupakan bagian tak terpisahkan dari kehidupan manusia. Terlepas dari bentuknya, surat memiliki kekuatan untuk menyatukan, menginspirasi, dan memberikan makna dalam setiap hubungan antarmanusia.

Baca juga:  Menelusuri Definisi Kerjasama Menurut Para Ahli

Pengertian Surat Menurut Para Ahli

Surat adalah salah satu bentuk komunikasi tertulis yang digunakan untuk mengirim pesan dari satu pihak kepada pihak lainnya. Surat dapat digunakan dalam berbagai keperluan, baik itu dalam lingkup pribadi maupun bisnis. Para ahli memiliki beragam definisi mengenai surat, berikut adalah 10 pengertian menurut ahli terkemuka mengenai definisi surat:

1. Pengertian Surat Menurut KBBI

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), surat merupakan kertas yang dibuat untuk mengirim pesan tertulis kepada orang yang dituju melalui pos atau kurir.

2. Pengertian Surat Menurut Munawir Sjadzali

Munawir Sjadzali, seorang pakar bahasa Indonesia, menyatakan bahwa surat adalah penyampai pikiran atau perasaan melalui media tulis kepada orang lain yang jaraknya terhalang oleh waktu dan ruang.

3. Pengertian Surat Menurut Sutrisno Hadi

Sutrisno Hadi adalah seorang pakar komunikasi, ia menjelaskan bahwa surat adalah sebuah pesan tertulis yang dikirimkan oleh seseorang kepada pihak lain dengan tujuan untuk menyampaikan informasi, permintaan, atau memberikan pemberitahuan.

4. Pengertian Surat Menurut Abdurrahman Harahap

Abdurrahman Harahap, seorang ahli administrasi negara, memaparkan bahwa surat adalah bentuk komunikasi tertulis yang lengkap dengan segala unsur formalitasnya dan disampaikan melalui media pos, kurir, atau pengantar surat lainnya.

5. Pengertian Surat Menurut Nursubekti

Nursubekti, seorang ahli tata negara, mengungkapkan bahwa surat adalah setiap pesan yang dikirimkan secara tertulis dengan segala isinya yang dituangkan pada kertas, karton, atau media lainnya yang serupa.

6. Pengertian Surat Menurut Yusuf Daud

Menurut Yusuf Daud, seorang penulis buku yang membahas tentang surat-menyurat, surat adalah alat komunikasi tertulis yang memiliki kekuasaan tersendiri untuk menghubungkan jarak ruang dan waktu dalam proses penyampaiannya.

7. Pengertian Surat Menurut George Herbert Mead

George Herbert Mead, seorang sosiolog terkenal, menjelaskan bahwa surat adalah salah satu bentuk simbolik yang digunakan manusia untuk mengkomunikasikan pikiran dan perasaan kepada orang lain dalam masyarakat.

Baca juga:  Pengertian Analisis Kebijakan Publik Menurut Para Ahli

8. Pengertian Surat Menurut Alan Sillitoe

Alan Sillitoe, seorang penulis Inggris, berpendapat bahwa surat adalah bukti konkret dari komunikasi yang terjalin antara dua individu yang saling menjalin hubungan melalui media tulis.

9. Pengertian Surat Menurut Mollah Ram Dhungel

Mollah Ram Dhungel, seorang penulis dan penilai sastra, menyatakan bahwa surat adalah bentuk komunikasi tertulis antara individu yang berisi ungkapan perasaan, pemikiran, dan keinginan yang diungkapkan secara pribadi.

10. Pengertian Surat Menurut Jean Lave

Jean Lave, seorang antropolog budaya Amerika, mengemukakan bahwa surat adalah salah satu bentuk komunikasi yang penting dalam membangun dan mempertahankan hubungan di tengah jarak yang memisahkan.

Kelebihan Definisi Surat

Menggunakan surat sebagai bentuk komunikasi memiliki beberapa kelebihan, di antaranya:

1. Bukti Tertulis

Surat dapat menjadi bukti tertulis mengenai pesan yang dikirimkan, sehingga memudahkan dalam menjaga catatan dan membuktikan adanya komunikasi tersebut secara legal.

2. Keamanan

Surat memiliki tingkat keamanan yang tinggi dalam menyampaikan pesan, terutama jika dikirim melalui pos atau sistem pengantaran resmi. Surat yang sudah dikirim juga sulit diubah atau dimanipulasi.

3. Kekuatan Emosi

Pesan yang disampaikan melalui surat memiliki kekuatan emosi yang lebih kuat, karena kata-kata tertulis cenderung lebih berkesan daripada kata-kata yang diucapkan secara lisan. Surat juga bisa menjadi wadah untuk menyampaikan perasaan yang mendalam.

4. Fleksibilitas

Surat dapat digunakan dalam berbagai keperluan, baik itu untuk keperluan pribadi, bisnis, atau lembaga pemerintahan. Surat juga dapat mengandung berbagai bentuk media, seperti gambar, dokumen, atau barang berharga yang dapat dilampirkan.

Kekurangan Definisi Surat

Meskipun memiliki banyak kelebihan, penggunaan surat sebagai bentuk komunikasi juga memiliki beberapa kekurangan, yaitu:

1. Keterbatasan Waktu

Surat sebagai bentuk komunikasi memiliki keterbatasan waktu dalam proses penyampaian. Surat biasanya memerlukan waktu lebih lama untuk sampai ke tujuannya, terutama jika dikirim melalui pos tradisional.

Baca juga:  Menelusuri Konsep Brand Loyalty Menurut Para Ahli

2. Kurang Interaktif

Surat sebagai bentuk komunikasi tidak mendukung interaksi langsung antara pengirim dan penerima. Surat hanya memungkinkan pengirim menyampaikan informasi, namun tidak memungkinkan adanya diskusi atau tanya jawab secara langsung.

3. Rentan Terhadap Kerusakan

Surat dalam bentuk fisik dapat rentan terhadap kerusakan dan kehilangan. Surat bisa rusak atau hilang saat dalam proses pengiriman, terutama jika tidak dilengkapi dengan pengemasan yang baik.

4. Keterbatasan Ruang

Surat dalam bentuk fisik memiliki keterbatasan ruang untuk menyampaikan pesan secara detail. Jumlah kata atau halaman yang terbatas dalam surat dapat membatasi jumlah informasi yang dapat disampaikan secara lengkap.

FAQ mengenai Surat

1. Apa itu surat?

Surat adalah salah satu bentuk komunikasi tertulis yang digunakan untuk mengirim pesan dari satu pihak kepada pihak lainnya.

2. Apa kelebihan dari penggunaan surat?

Surat memiliki kelebihan sebagai bukti tertulis, tingkat keamanan tinggi, kekuatan emosi, dan fleksibilitas dalam penggunaannya.

3. Apa kekurangan penggunaan surat?

Penggunaan surat memiliki kekurangan dalam hal keterbatasan waktu, kurangnya interaksi langsung, kerentanan terhadap kerusakan, dan keterbatasan ruang untuk menyampaikan pesan secara lengkap.

4. Bagaimana cara mengirim surat?

Surat dapat dikirim melalui pos atau kurir, dengan memastikan alamat penerima yang jelas dan menggunakan pengemasan yang baik agar surat tetap aman dalam proses pengiriman.

Kesimpulan

Dalam komunikasi tertulis, surat merupakan salah satu bentuk yang paling umum digunakan. Dalam surat, pesan dapat disampaikan dengan jelas dan terperinci. Meskipun memiliki kekurangan seperti keterbatasan waktu dan kurangnya interaksi langsung, surat tetap menjadi salah satu alat komunikasi yang efektif dan dapat menjadi bukti tertulis yang kuat. Dengan adanya surat, pesan dapat dikirimkan dari satu pihak kepada pihak lainnya dengan lebih mantap dan jelas.

Share:
Ryan Lesmono

Ryan Lesmono

Pengajar dan peneliti di bidang Ilmu Lingkungan dengan gelar Ph.D. dalam Ilmu Lingkungan. Memiliki minat khusus dalam keberlanjutan dan perubahan iklim serta aktif terlibat dalam proyek-proyek penelitian di lapangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *